Pengertian Kebudayaan dan Awal Masa Sejarah di Indonesia

Pengertian Kebudayaan dan Awal Masa Sejarah di Indonesia

Dasar kata kebudayaan berasal dari kata budaya. Budaya sendiri berasal dari kata budi yang berarti akal atau pikiran. Jadi kata kebudayaan bisa diartikan sebagai hasil dari akal atau pikiran. Hanya mahluk hidup yang memiliki akal dan pikiran sajalah, seperti manusia yang bisa menciptakan kebudayaan.

Tujuan awal penciptaan kebudayaan adalah untuk membantu aktivitas hidup dan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Manusia pada masa ini menciptakan alat agar hidupnya sejahtera setelah kebutuhan primer atau kebutuhan pokoknya terpenuhi.

Contoh kebutuhan primer misalnyas aja sandang (pakaian),pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal).

Pembagian Kebudayaan

Kebudayaan bisa dibagi menjadi 2 yaitu kebudayaan yang sifatnya benda dan kebutuhan rohani. Kebudayaan benda atau materi memiliki sifat dapat diraba,dilihat, dan dirasa. Misalnya saja rumah dan perlengkapan rumah tangga.

Kebudayaan rohani sendiri adalah kebudayaan yang tidak bisa diraba namun bisa dilihat gejalanya dan dirasakan keberadannya. Misalnya saja keberadaan hukum, agama, seni suara, dll.

Kebudayaan dan kesenian telah ada sejak zaman pra sejarah. Zaman prasejarah sendiri adalah zaman dimana tulisan belum ditemukan, sehingga setelah tulisan ditemukan manusia telah meninggalkan masa prasejarah dan memasuki masa sejarah.

Bukti tertulis bisa datang dari bangsa itu sendiri, sebagai contohnya adalah tulisan hieroglif di mesir atau berasal dari bangsa lain yang contohnya adalah catatan Ibnu Batutah dan Marco Polo mengenai tempat-tempat yang dikunjunginya.

Akhir Masa Prasejarah dan Awal Mula Masa Sejarah di Indonesia

Yupa Kerajaan Kutai
Yupa Kerajaan Kutai Yang Menjadi Penanda Awal Masa Sejarah di Indonesia

Awal mula masa prasejarah di Indonesia masih sulit untuk dipastikan, namun untuk masa akhir prasejarah dan awal mula masa sejarah diperkirakan pada abad ke-5 masehi yang merupakan penandaan waktu berdasarkan keberadaan prasasti Yupa yang berisi informasi mengenai kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

Antara abad pertama sampai kelima, diperkirakan Indonesia sudah memasuki masa sejrah meskipun bukti konkritnya belum bisa dipastikan. Masa itu bisa disebut sebagai masa protosejarah (adalah) masa yang merupakan pendahuluan atau tahap awal dari masa sejarah.

Untuk menyelidiki masa prasejarah, petunjuk yang digunakan adalah benda-benda peninggalan pada masa itu. Karena masa prasejarah sudah terjadi lama sekali, maka benda-benda yang bisa dijadikan sebagai petunjuk adalah benda-benda yang tidak mudah rusak seperti logam besi,batu,perunggu, dll.

Sedangkan benda-benda yang mudah rusak seperti bambu sangat kecil kemungkinannya bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Leave a Reply