10 Kerajinan Tangan Dari Kayu yang Dapat Anda Buat Dirumah

10 Kerajinan Tangan Dari Kayu yang Dapat Anda Buat Dirumah

Kayu merupakan salah satu jenis yang dapat dijadikan bahan dasar pembuatan kerajinan tangan. Meskipun kayu memiliki tekstur yang keras, ternyata dapat dibuat menjadi kerajinan tangan lho. Kerajinan tangan dari kayu ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan dasar kerajinan tangan yang lainnya.

Kerajinan tangan memang menjadi salah satu primadona pada dunia kesenian. Bagaimana tidak, meskipun terbuat dari kayu namun hasil kerajinan yang dihasilkan mampu menarik pada konsumen karena keunikan dan menghargai proses pembuatannya. 10 kerajinan tangan yang terbuat dari kayu akan dijabarkan di bawah ini.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kayu

Kayu sebagai salah satu bahan dasar kerajinan tangan ini memiliki ciri, berat, dan ketebalan yang berbeda-beda. Sehingga dalam pembuatan kerajinan tangan ini Anda juga harus melakukan pemilihan agar lebih mudah membentuk kayu pada saat pembuatan kerajinan tangan.

Jenis kayu yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan adalah kayu jati, kayu sonokeling, kayu akasia, kayu trembesi, dan kayu mahoni. Pastikan pada jenis-jenis kayu ini memiliki ciri-ciri yaitu kering, tahan terhadap rayap, kayu yang sudah di oven, dan pilih kayu yang ramah terhadap lingkungan.

  1.   Asbak dari Kayu

Kerajinan tangan yang satu ini pastinya dibutuhkan bagi perokok aktif yang berada di lingkungan sekitar Anda. Asbak berbahan dasar kayu ini memiliki jangka waktu kegunaan yang sangat panjang karena dapat dirawat dalam jangka waktu yang lama.

Kerajinan tangan berupa asbak ini dapat dibuat sendiri menggunakan bahan yaitu pernis, bambu bekas dan kayu bekas. Sedangkan alatnya adalah lem kayu, gergaji, pisau, dan gunting. Pastikan Anda mempersiapkan bahan dan alat tersebut sebelum melakukan pembuatan kerajinan. Cara pembuatan asbak dari kayu adalah sebagai berikut :

  • Buatlah kerangka dengan membelah papan dengan lebar 2,5 cm dan panjang 12 cm. kemudian potong ujung papannya dengan bentuk miring dan buat 8 buah potongan sehingga membentuk 2 kotak. Kemudian tempel masing-masing bagian menggunakan lem kayu. Ini akan menjadi bagian kerangka asbak.
  • Kemudian potong bambu secara tipis dengan panjang sekitar 7 cm.
  • Tempelkan potongan bambu di sekeliling kerangka dalam kayu menggunakan lem kayu pada bagian atas dan bagian bawah.
  • Setelah semua bagian asbak telah terpasang, lumuri bagian asbak dengan lem kemudian amplas hingga halus.
  • Lumuri pernis pada semua bagian asbak agar tampak lebih mengkilap.
  • Potong bagian lis bambu yang telah dipotong lalu tempelkan pada sekeliling asbak sebagai tempat rokok.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, asbak dari kayu ini telah siap untuk digunakan. Selain menjadi asbak, bentuknya yang unik juga dapat menjadi hiasan meja di ruang tamu Anda. Beberapa contoh asbak dari kayu bisa anda simak dibawah ini :

Asbak Dari Bambu
Asbak Dari Bambu

Asbak diatas dibuat menggunakan bahan dasar bambu, bisa anda lihat bagian lengkungan disekitarnya dan juga bagian penyangga yang dibuat dari bambu yang dibelah setengah dan ditempelkan pada batang bambu yang sudah dipotong pendek.

Asbak Kayu Bermotif Unik Via Bukalapak
Asbak Kayu Bermotif Unik Via Bukalapak.com

Untuk asbak yang satu ini, cukup lazim ditemui di toko-toko dan sudah banyak digunakan masyarakat.

Asbak Kayu Ukir Berbentuk Kura Kura
Asbak Kayu Ukir Berbentuk Kura Kura via jnanacrafts.com

Asbak ukir karya dari jnanacrafts.com diatas memiliki bentuk kura-kura yang sangat cantik dan detail.

  1.   Tempat Alat Tulis dari Kayu

Apakah Anda bosan dengan tempat alat tulis yang desainnya begitu-begitu saja? Jika iya, alat tulis dari kayu ini dapat menjadi salah satu solusi Anda untuk mendesain meja belajar baru dengan kayu sebagai alat tulis.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan alat tulis dari kayu adalah pernis dan kayu berukuran kecil saja. Sedangkan alat yang digunakan adalah gergaji dan bor kecil. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Potong kayu dengan lebar dan tinggi sesuai ukuran alat tulis Anda
  • Buat lubang di atas kayu menggunakan bor, kayu ini dapat dibentuk sesuai dengan keinginan maupun secara acak sehingga membentuk tempat alat tulis.
  • Setelah tempat alat tulisnya jadi, pernis semua bagian sehingga tampak lebih cantik. Kemudian tempat alat tulis dari kayu ini siap digunakan

Beberapa contoh model tempat pensil dan alat tulis dari kayu jati bisa anda lihat pada beberapa gambar dibawah :

Kotak Pensil Dari Kayu Jati Model Slop
Kotak Pensil Dari Kayu Jati Model Slop via cvfurniturejepara.wordpress.com

Kotak pensil diatas dibuat dengan bahan kayu jati. Untuk membuka dan menutupnya, pengguna bisa menggeser penutup tempat pensil tersebut.

Tempat Pensil Dari Kayu
Tempat Pensil Dari Kayu via alibaba.com

Untuk yang satu ini dipadukan dengan engsel seperti tempat pensil pada umumnya.

Kotak Pensil Bertingkat Dari Kayu
Kotak Pensil Bertingkat Dari Kayu via aliexpress.com

Yang ini merupakan varian yang dibuat dengan ruang tambahan sehingga bisa menampung lebih banyak alat tulis, yang tentu saja juga lebih rumit dalam pembuatannya.

  1.   Lampu Hias dari Kayu

Lampu hias dari kayu ini juga bisa dibuat sendiri dirumah lho, alat yang diperlukan adalah gergaji, lem, bor, paku, cat, amplas, cutter, dan palu. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan lampu hias ini adalah kayu, triplek, lampu, dan tempat lampu. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

  • Buat kerangka lampu dengan menyiapkan 4 buah potongan triplek ukuran 30×13 cm kemudian siapkan lis kerangka lampu dengan memotong 8 buah triplek dengan ukuran 14×3 cm.
  • Kemudian buat fitting lampu dengan memotong 4 triplek ukuran 12×3 cm kemudian potong satu triplek lagi dengan ukuran 12×12 cm untuk tatakan lampu.
  • Kemudian lubangi semua triplek kerangka lampu dan rapatkan semua bagian tersebut menggunakan lem.
  • Setelah itu paku setiap bagiannya agar lebih kuat.
  • Amplas kotoran yang terdapat pada kayu hingga hilang dan tampak lebih halus.
  • Kemudian cat triplek sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan tema kamar Anda
  • Tahap terakhir adalah pasang lampu dan tempatnya sehingga bisa langsung digunakan.
Lampu Hias Dari Limbah Kayu Bekas
Lampu Hias Dari Limbah Kayu Bekas via youtube.com

Untuk membuat lampu diatas, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya sediakan sebelumnya atau menonton panduan melalui video youtube yang dibuat oleh Dyartorin Kerajinan Tangan berikut ini :

Untuk contoh lampu hias lainnya :

Lampu Hias Unik Dari Kayu
Lampu Hias Unik Dari Kayu via indalux.co.id
Lampu Hias Kaligrafi
Lampu Hias Kaligrafi via tokopedia.com
Lampu Hias Minimalis Dari Kayu
Lampu Hias Minimalis Dari Kayu via blogspot.com
Lampu Hias Sudut Kamar
Lampu Hias Sudut Kamar via shopee.co.id
Lampu Hias Ukir Berbahan Kayu Dan Bambu
Lampu Hias Ukir Berbahan Kayu Dan Bambu via idothemovie.com
  1.   Kalender dari Kayu

Dirumah Anda pasti memiliki bekas kayu yang tidak digunakan. Jangan bersedih, kayu bekas itu juga bisa bermanfaat kok. Dengan 4 kotak kayu berukuran 1,4 inch beserta cat, kardus, gunting, lem, dan spidol Anda dapat membuat kalender unik. Cara membuat kalender unik dari kayu ini adalah sebagai berikut :

  • Cat 4 kotak yang telah disediakan berdasarkan jenis, misal warna yang berbeda untuk tanggal, hari, dan bulan.
  • Kemudian ambil kardus lalu potong dengan ukuran 6×2,4 inch untuk alas, ukuran 6×1 inch untuk bagian depan, dan ukuran 6×2,6 inch untuk bagian belakang, dan 2 potong ukuran 6×1,4 inch untuk penyangga. Lem masing-masing kardus ini dengan rapi.
  • Kemudian ambil 2 buah kardus untuk menutupi bagian penyangga kotak kalender lalu tutup bagian yang berlubang. Lalu warnai kardusnya sesuai dengan keinginan. Tulislah angka pada kotak kalender.
  • Lem masing-masing kotak kayu yang telah Anda warnai berdasarkan tanggal, hari, dan bulan sehingga menjadi kalender yang siap dipajang.
Kalender Blok Dari Kayu
Kalender Blok Dari Kayu via blogspot.com
Kalender Dari Kayu
Kalender Dari Kayu via facebook.com
Kalender Gantung Dari Kayu
Kalender Gantung Dari Kayu via aliexpress.com
Kalender Kayu
Kalender Kayu via alibaba.com
  1.   Mangkuk dari Kayu

Kini mangkuk untuk alat perlengkapan makan Anda juga bisa terbuat dari kayu lho. Terlebih, mangkuk dari kayu ini juga bisa dibuat sendiri dirumah menggunakan kayu, pisau pahat dan kapak saja. Cara pembuatannya juga gampang dengan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

Belah kayu di bagian tengah, kemudian buat dua potongan kayu sebagai pegangan mangkuk. Kemudian belah potongan itu lalu ukit menjadi mangkok dengan pisau pahat. Kemudian amplas mangkok kayu agar hasil lebih halus. Anda juga dapat mengecat mangkuk ini agar tampil modern. Kemudian kerajinan tangan dari kayu ini siap untuk digunakan.

Mangkuk Kayu Pipih
Mangkuk Kayu Pipih via shopee.co.id
Mangkuk Dari Kayu Dalam Berbagai Ukuran
Mangkuk Dari Kayu Dalam Berbagai Ukuran via rakuten.co.id
Mangkuk Dari Kayu Jati
Mangkuk Dari Kayu Jati via blibli.com
  1.   Alas Benda Panas dari Kayu

Alas untuk benda panas ini memang sangat berguna untuk keperluan memasak maupun menyimpan makanan panas. Cara membuat alas benda panas dari kayu ini pun sangat mudah sehingga dapat dipraktikkan.

Siapkan 20 sumpit kayu sebanyak 20 buah, lakban, dan gunting. letakkan dua potongan lakban dengan bagian perekat menghadap ke atas kemudian posisikan berjarak sesuai dengan panjang sumpit. Kemudian bariskan 20 sumpit di atas perekat lakban dengan jarak 1 cm per sumpit. Jika sudah, pasang kembali lakban di atas sumpit tersebut, alas siap digunakan.

Tatakan Gelas Minimalis Dari Kayu
Tatakan Gelas Minimalis Dari Kayu via dekoruma.com
Alas Cangkir Unik Dari Kayu
Alas Cangkir Unik Dari Kayu via walmart.com
Alas Cangkir Kayu Simpel
Alas Cangkir Kayu Simpel via blanja.com
  1.   Perhiasan dari Kayu

Perhiasan dari kayu memang sering diciptakan karena selain memiliki bentuk yang indah, perhiasan dari kayu juga awet sehingga tidak perlu mengganti perhiasan lainnya. Ternyata membuat perhiasan dari kayu ini sangat mudah lho.

Jika memiliki kayu di rumah, bentuk kayu-kayu tersebut dengan bulat kemudian amplas hingga tampak mengkilat. Kemudian bor bagian tengahnya sehingga membentuk menyerupai manik-manik. Buat hingga manik-manik dari kayu ini mencukupi untuk membuat gelang.

Jika dirasa cukup, masukkan kayu ini ke dalam benang karet kemudian ikat pada bagian akhir. Setelah membentuk gelang, Anda dapat menggunakannya sebagai hasil kerajinan tangan buatan sendiri.

Gelang Tangan Dari Kayu
Gelang Tangan Dari Kayu via kickstarter
Mata Liontin Hati Dari Kayu
Mata Liontin Hati Dari Kayu via etsy.com
Perhiasan Anting Dari Kayu
Perhiasan Anting Dari Kayu via shelterness.com
  1.   Casing dari Kayu

Handphone saat ini merupakan benda elektronik yang menjadi wajib untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Tentunya desain hp akan membosankan jika tanpa sebuah casing. Selain sebagai pelindung, casing yang unik juga sering dijadikan pilihan.

Anda dapat memilih casing dari kayu agar memiliki ketahanan yang bagus terhadap handphone Anda. Selain itu casing dari kayu ini sangat unik sehingga akan menjadi nilai tambah bagi penampilan fashion Anda.

Casing HP Unik Dari Kayu
Casing HP Unik Dari Kayu via kickstarter
Casing HP Dari Kayu Bermotif Star Wars
Casing HP Dari Kayu Bermotif Star Wars via ebay.com

Selain komputer, benda elektronik lain yang terkadang juga dibuat varian kayu untuk casenya adalah komputer. Untuk contohnya ada pada gambar dibawah ini :

Casing Komputer Dari Kayu
Casing Komputer Dari Kayu via playbuzz.com
Casing Kayu Oleh Skoups
Casing Kayu Oleh Skoups
  1.   Vas dari Kayu

Kayu memang dapat dijadikan berbagai macam kerajinan, salah satunya sebagai vas. Vas yang terbuat dari kayu memang beragam dan hingga saat ini memiliki berbagai bentuk vas yang unik dan lucu.

Vas dari kayu ini dapat dijadikan sebagai wadah bunga dan dijadikan sebagai alat penghias ruangan. Dengan biaya perawatan yang murah, vas dari kayu ini sangat efisien untuk dipajang dirumah.

Vas Bunga Berbentuk Kotak
Vas Bunga Berbentuk Kotak via indiamart.com
Vas Kayu Buatan Keith Petersen
Vas Kayu Buatan Keith Petersen
Vas Kayu Unik Dan Natural Dari Kayu
Vas Kayu Unik Dan Natural Dari Kayu via stevegileswoodturning.co.uk
  1.   Aneka Hiasan dari Kayu

Kayu sebagai salah satu bahan dasar pembuatan kerajinan ini dapat menghasilkan berbagai aneka hiasan yang unik dan cantic untuk dekorasi rumah, kantor, dan fasilitas bangunan lainnya. Anda dapat memilih berbagai bentuk sesuai dengan karakteristik yang dimiliki.

Aneka hiasan dari kayu ini dapat berupa makhluk hidup, benda, maupun bentuk hiasan lain yang memiliki sisi keindahan yang pastinya dapat membuat dekorasi ruangan Anda semakin cantik. Anda dapat menjadikan kerajinan tangan dari kayu sebagai alat dekorasi.

Kerajinan tangan dari kayu di atas dapat menjadi salah satu alternatif desain bagi Anda agar tidak melulu menggunakan bahan dasar yang sudah banyak di pasaran. Menggunakan kerajinan tangan ini juga dapat menjadi salah satu penghargaan Anda terhadap para seniman di Indonesia.

Leave a Reply