Peluang Kerajinan Tangan untuk Usaha dan Bisnis Pemula

Peluang Kerajinan Tangan untuk Usaha dan Bisnis Pemula

Kreatifitas seni memang tidak pernah berakhir seiring berjalannya waktu. Terlebih dalam pembuatan kerajinan tangan yang kini sudah diproduksi dalam berbagai macam fungsi yang tentunya sangat menarik untuk digunakan.

Berbagai inovasi yang diciptakan oleh seniman maupun masyarakat yang kreatif ini menjadikan berbagai jenis kerajinan yang dapat digunakan sebagaimana fungsi maupun sisi estetikanya. Sehingga dalam satu jenis barang Anda akan memperoleh hiasan sekaligus dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

Apa itu Kerajinan Tangan?

Meskipun sering mendengar, belum tentu Anda memahami tentang pengertiannya bukan? Sebagian besar dari Anda pasti sudah pernah melihat berbagai bentuk kerajinan. Pengertian kerajinan tangan adalah segala macam kerajinan yang dihasilkan oleh buatan tangan manusia.

Hasil olahan kerajinan dari tangan manusia ini terbuat dari berbagai jenis bahan baik dari bahan bekas maupun jenis bahan yang sudah jadi. Adapun hasil dari pembuatan kerajinan ini akan dikomersialkan kepada khalayak luas.

Kerajinan memiliki tiga fungsi yang melekat pada sebuah barang kerajinan. Pertama fungsi pakai, yaitu barang dalam bentuk kerajinan ini digunakan sebagai fungsi asli dari barang tersebut sehingga dapat digunakan sebagai barang utama namun terbuat dari kerajinan oleh tangan manusia.

Kedua yaitu kerajinan yang memiliki fungsi hias, yaitu kerajinan yang dibuat hanya memiliki fungsi hiasan saja. Sedangkan pada fungsi yang ketiga yaitu kerajinan sebagai fungsi hias dan fungsi pakai yang digabungkan sehingga dalam satu benda memiliki dua kegunaan yaitu sebagai hiasan dan juga sebagai barang yang memiliki fungsi guna tersebut.

Pembagian Kerajinan Tangan Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatannya

Pada dasarnya kerajinan berdasarkan bahan dasar dibedakan menjadi dua, yaitu bahan dasar lunak dan bahan dasar padat. Kerajinan dari bahan keras merupakan bahan yang memiliki tekstur keras yang dapat dibedakan menjadi dua yaitu keras alami dan keras buatan. Keras alami dapat diperoleh dari lingkungan sekitar seperti kayu dan bambu. Ika keras buatan merupakan bahan yang telah diolah seperti logam.

Sedangkan kerajinan berdasarkan bahan lunak merupakan kerajinan dengan bahan yang memiliki tekstur lunak. Bahan dasar lunak ini pula dibedakan menjadi dua yaitu bahan lunak alami dan lunak buatan. Bahan lunak alami ini diperoleh dari bahan alam seperti tanah liat. Sedangkan bahan lunak buatan merupakan contoh kerajinan yang telah diolah menjadi lunak seperti fiberglass.

  1.     Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Kain flanel yang dapat dibilang sebagai kain ajaib ini memang dapat digunakan untuk berbagai jenis bentuk kerajinan olahan tangan yang dapat dibentuk untuk berbagai macam fungsi. Adapun fungsi yang dapat diciptakan adalah seperti gantungan kunci, kotak tisu, baju vas, dan lain sebagainya.

Sifatnya yang mudah dibentuk dan memiliki varian warna menjadikan kain flanel sebagai salah satu bahan dasar pembuatan kerajinan. Tentu saja, hasil yang diciptakan tergantung dari kemahiran tangan yang Anda buat.

Dalam pembuatan kerajinan menggunakan kain flanel ini, Anda akan dituntut untuk membuat pola terlebih dahulu. Kemudian gunting kain flanel menggunakan pola yang telah dibuat. Kemudian masing-masing pola tersebut disatukan membentuk barang yang Anda inginkan. Tentunya bahan dasar ini membutuhkan alat perekat, gunting, dan lain sebagainya.

Kain flanel sebagai bahan dasar kerajinan ini dapat dibentuk sesuai keinginan dan hasil kreatifitas Anda. Pembentukan pola dapat menjadi dasar awal Anda untuk berkreasi membuat kerajinan dengan bahan dasar ini.

Beberapa contoh kerajinan tangan dari kain flanel misalnya saja :

Baju Pesta Dari Kain Flanel Via Www.burdastyle.com
Baju Pesta Dari Kain Flanel via www.burdastyle.com
Boneka Kucing Dari Kain Flanel
Boneka Kucing Dari Kain Flanel
Bunga Dari Kain Flanel Via Amazon.com
Bunga Dari Kain Flanel via amazon.com
Kantong Penyimpanan Kacamata Dari Kain Flanel Via Www.rileyblakedesigns.com
Kantong Penyimpanan Kacamata Dari Kain Flanel via www.rileyblakedesigns.com
Kerajinan Pengikat Kabel Dari Flanel Via Leafytreetopspot.blogspot.com
Kerajinan Pengikat Kabel Dari Flanel via leafytreetopspot.blogspot.com
Lampu Penerangan Dari Kain Flanel Via Greenweddingshoes.com
Lampu Penerangan Dari Kain Flanel via greenweddingshoes.com
Rompi Lucu Dari Kain Flanel Via Www.craftstylish.com
Rompi Lucu Dari Kain Flanel via www.craftstylish.com
Sandal Rumah Dari Kain Flanel Via Prudentbaby.com
Sandal Rumah Dari Kain Flanel via prudentbaby.com
Tablet Case Dari Kain Flanel
Tablet Case dan Dompet Dari Kain Flanel
Varian Sarung Bantal Hangat Dari Kain Flanel Via Craftsalamode.com
Varian Sarung Bantal Hangat Dari Kain Flanel via craftsalamode.com

Lebih lanjut silahkan baca : Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel

  1.     Kerajinan Tangan dari Kardus

Siapa sangka bahwa kardus yang biasa Anda temukan berserakan dan tidak terpakai ini dapat menjadi hasil olahan kerajinan yang cantik pula. Bekas ataupun tidak, kardus dapat menjadi salah satu bahan pembuatan kerajinan.

Kardus memiliki tekstur keras yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Tentunya Anda harus memiliki kreatifitas sendiri untuk membentuk kardus menjadi salah satu kerajinan menarik.

Pada perkembangan kerajinan sekarang ini, kardus bahkan dapat menjadi bahan dasar pembuatan property seperti kursi, meja, dan lemari yang dibentuk secara unik sehingga dapat menjadi fungsi pakai namun ramah terhadap lingkungan.

Dengan harga bahan dasar serta alat yang terjangkau, Anda dapat membuat hasil karya yang dapat dijual lebih tinggi sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang besar. Selain itu, berbagai keunikan dari hasil kerajinan ini tentunya dapat meningkatkan pamor Anda sebagai pengusaha kerajinan.

Beberapa contoh kerajinan tangan dari kardus misalnya saja :

Alat Musik Biola Dari Kardus
Alat Musik Biola Dari Kardus
Armor Iron Man Dari Kardus
Armor Iron Man Dari Kardus
Bunga Bonsai Dari Kardus
Bunga Bonsai Dari Kardus
Kura-Kura Mainan Dari Kardus
Kura-Kura Mainan Dari Kardus
Lampu Belajar Dari Kardus
Lampu Belajar Dari Kardus
Mikroskop Dari Kardus
Mikroskop Dari Kardus
Mobil Balap Klasik Dari Kardus
Mobil Balap Klasik Dari Kardus
Motor Vespa Modifikasi Dari Kardus
Motor Vespa Modifikasi Dari Kardus

Lebih lanjut silahkan baca : 50+ Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas

  1.     Kerajinan Tangan dari Botol

Botol sebagai salah satu barang yang banyak menjadi limbah jika tidak terpakai. Salah satu cara untuk merawat lingkungan serta mengurangi pencemaran pembuangan botol secara besar-besaran ini adalah dengan menggunakan kerajinan.

Botol dapat menjadi salah satu bahan dasar pembuatan kerajinan yang ekonomis namun dapat memberikan nilai yang tinggi. Adapun hasil yang dapat diperoleh jika menjadikan botol sebagai salah satu bahan dasar kerajinan ini adalah hiasan meja, vas bunga dan tanaman lainnya, tempat alat tulis, dompet imut, dan lain sebagainya.

Semua bagian dari botol ini dapat digunakan sebagai bahan kerajinan baik badan maupun tutup botolnya. Anda dapat membuat berbagai hiasan, kalung, jam, anting, bahkan kalender dengan menggunakan tutup botolnya saja.

Hasil kreasi unik dari bahan dasar botol ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam membuat kerajinan. Berbagai jenis olahan ini dapat menjadi salah satu produk dari kreativitas Anda dalam membuat kerajinan dan memperjualbelikannya.

Taman Mini Didalam Botol
Taman Mini Didalam Botol
Tempat Pensil Dari Botol Soda Plastik
Tempat Pensil Dari Botol Soda Plastik Via Doodlecraftblog
Pot Bunga Dari Botol Plastik Daur Ulang
Pot Bunga Dari Botol Plastik Daur Ulang Via Lynnpetersson.se
Pot Bunga Cantik Dari Botol Plastik
Pot Bunga Cantik Dari Botol Plastik Via Rossbearpost.com
Pagar Rumah Dari Botol Plastik
Pagar Rumah Dari Botol Plastik Via Architectureartdesigns.com
Lampu Beruang Dari Botol Plastik Bekas
Lampu Beruang Dari Botol Plastik Bekas Via Thepinkdoormat.blogspot.com
Dock HP Dari Botol Plastik
Dock HP Dari Botol Plastik via MakeitLoveit.com
Helikopter Mini Dari Botol Plastik Bekas
Helikopter Mini Dari Botol Plastik Bekas Via Theperfectdiy.com

Lebih lanjut silahkan baca : 34+ Gambar Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

Peluang Usaha Kerajinan Tangan untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

Seperti yang Anda ketahui, kerajinan olahan tangan ini memiliki prospek bagus di kalangan masyarakat lho. Sifatnya yang memiliki keindahan serta memiliki fungsi kegunaan menjadi salah satu jenis barang yang digemari masyarakat di semua kalangan. Cara pembuatan yang mudah serta bahan dasar pembuatan yang tersedia dimanapun ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan sebagai salah satu profesi.

Penggunaan bahan pada kerajinan juga dapat dibuat melalui barang bekas yang biasa ditemukan dirumah atau dimanapun. Anda dapat menciptakan barang yang cantik dari barang bekas yang ditemukan tersebut untuk dijadikan barang hiasan maupun barang yang difungsikan sesuai keinginan.

Distribusi pemasaran serta perolehan barang yang mudah dapat memberikan peluang bisnis yang bagus bagi Anda untuk mencoba mengelola usaha ini. Tentunya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan persiapkan sebelum memulai bisnis ini.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal yang minim dapat memulai kerajinan sebagai salah satu produk utama yang bisa dicoba. Anda dapat membuat kerajinan sendiri menggunakan bahan seperti kain flanel, kardus, dan botol yang berada di sekitar rumah Anda.

Tidak perlu membutuhkan alat yang mahal pula, kerajinan ini sudah dapat dikreasikan menjadi berbagai barang dan hiasan sesuai selera dan kemampuan Anda. Mulailah untuk mensosialisasikannya kepada orang terdekat dan menerima saran tentang produk Anda.

Jika dirasa sudah bagus dan mendapatkan respon yang baik pula, lakukan penjualan dimulai dari open order atau pemesanan terlebih dahulu. Dengan penjualan cara ini Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil pemesanan tersebut.

Jika barang dan hiasan yang Anda buat semakin unik, maka orang-orang akan semakin tertarik. Selain itu, tetap kondisikan barang dan hiasan tersebut sesuai dengan perkembangan zaman sehingga kerajinan Anda akan selalu banjir pesanan.

Beberapa penjelasan tentang kerajinan tangan di atas dapat menjadi informasi awal bagi Anda yang ingin membuka usaha baru. Cara pembuatan yang mudah dan dapat dilakukan sendiri dapat menjadi salah satu nilai tambah jika Anda mengembangkan bisnis ini. Anda dapat memperoleh keuntungan yang besar dari investasi awal yang murah. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Leave a Reply