Lampu Tidur Dari Kardus

Kumpulan Kerajinan Tangan Unik Yang Multifungsi Untuk Rumahan

Kreatifitas yang semakin berkembang menghasilkan berbagai seniman yang menghasilkan karya yang semakin banyak pula. Variasi hasil karya seniman ini diluangkan dalam berbagai hal, termasuk dalam kerajinan tangan. Kerajinan tangan unik yang diciptakan oleh para seniman ini kemudian dapat menjadi barang yang memiliki nilai hias maupun nilai guna di lingkungan tempat tinggal Anda.

Seiring berkembangnya teknologi, kini masyarakat mulai mengenal informasi melalui internet. Kini kerajinan tangan tidak hanya dapat diciptakan oleh para seniman saja. Namun semua orang dapat menciptakan karya melalui kerajinan tangan.

3 Kerajinan Tangan Unik dan Cara Membuatnya

Merasa dekorasi dan desain yang terdapat di lingkungan Anda membosankan? Atau Anda menginginkan hal baru untuk dipajang? Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan barang olahan dari kerajinan tangan. Hasil kerajinan tangan unik ini dapat menjadi salah satu aspek yang dapat memberikan suasana baru di lingkungan tempat tinggal anda.

Kerajinan tangan ini dapat diolah menjadi berbagai macam barang yang dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu, kerajinan tangan ini memiliki desain yang dapat dikreasikan sesuai dengan selera dan tema warna yang Anda suka. Adapun beberapa macam hasil kreasi kerajinan tangan yang unik ini dapat Anda buat sendiri.

Simak berbagai jenis dan cara pembuatannya di bawah ini.

Lampu Tidur dari Kardus

Lampu Tidur Dari Kardus
Lampu Tidur Dari Kardus

Tidak asing dengan lampu hias, biasanya lampu ini digunakan sebagai lampu tidur Anda bukan? Namun bagaimana jika lampu tidur ini terbuat dari bahan dasar kardus. Sangat unik bukan? Anda juga dapat mewarnai dan membuat desain bentuk sesuai dengan karakter Anda.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan ini ada dua yaitu kardus dan kayu kecil yang digunakan sebagai alat penopang. Pastikan kardus yang dipilih memiliki tekstur paling keras dan memiliki empat lapisan sehingga dapat berdiri secara tegak. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah lampu, kabel, pensil, penggaris, gunting, lem, dan perekat kuat untuk kayu dan kardus.

Cara pembuatan lampu tidur dari kardus ini membutuhkan bahan dan alat yang dpat ditemukan dimana saja. Namun dalam pembuatannya membutuhkan tingkat kesabaran yang khusus. Cara pembuatan lampu tidur ini adalah sebagai berikut :

  1. Buatlah pola menggunakan pensil pada kertas terlebih dahulu, pastikan Anda sudah memiliki desain yang dipilih untuk pembuatan lampu tidur ini. Pada contoh kali ini saya akan membuat lampu tidur dengan desain seperti apartemen yang tinggi.
  2. Tempel kertas tersebut pada kardus kemudian gunting sesuai dengan pola yang dapat dibentuk kotak dengan cara merekatkan masing-masing bagiannya.
  3. Buatlah kotak secukupnya sesuai dengan tinggi lampu yang ingin Anda buat.
  4. Kemudian susun sambil lem masing-masing kotak kardus tersebut secara berjarak sehingga cahaya lampu keluar dan desain yang bagus. Namun pada bagian bawah kosongkan untuk sebuah lampu beserta perangkatnya.
  5. Setelah jadi sebuah desain, pasang lampu beserta kabelnya di bagian tengah dan pastikan aman untuk disentuh.
  6. Kemudian tempel kayu sebagai penopang dari desain lampu yang telah jadi.
  7. Lampu tidur yang terbuat dari kardus Anda sudah siap dipakai.

Hiasan dari Botol

Hiasan Untuk Dekorasi Rumah Dari Botol
Hiasan Untuk Dekorasi Rumah Dari Botol

Botol sebagai salah satu barang bekas yang dapat menjadi salah satu bahan dasar kerajinan tangan unik pilihan. Keberadaan botol dimanapun memang selalu menjadi permasalahan karena jika dibuang pun akan menyebabkan masalah lain.

Oleh karena itu pemanfaatan botol sebagai hiasan memang sangat berguna selain ramah lingkungan juga dapat mengubah lingkungan sehingga tampak lebih bagus. Hiasan dari botol ini terdiri dari bahan dan alat sebagai berikut :

  • Botol apapun yang menjadi bahan utama dari hiasan ini
  • Cat akrilik berwarna sesuai keinginan
  • Glitter berwarna gold atau silver
  • Cotton ball
  • Gelas plastik yang jumlahnya sesuai dengan jumlah warna cat akrilik yang Anda inginkan
  • Sumpit

Setelah mencukupi bahan dan alat tersebut, simak cara pembuatan kerajinan tangan yang terbuat dari botol di bawah ini :

  1. Masukkan air sesuai dengan jumlah botol yang akan Anda hias kemudian teteskan cat akrilik sesuai warna yang Anda beli
  2. Masukkan ΒΌ cotton ball ke dalam masing-masing botol yang Anda siapkan
  3. Kemudian tuang secara perlahan lalu tambahkan glitter sesuai warna yang cocok dengan warna cat kemudian ratakan dengan sumpit
  4. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai semua botol Anda diisi penuh
  5. Kreasikan ide Anda melalui botol-botol tersebut, Anda juga dapat membuat bentuk, gambar, ataupun tulisan di dalam botol agar tampak menarik

Jika langkah-langkah di atas telah dilakukan, pastikan Anda menyimpan botol-botol tersebut di tempat yang memiliki suhu standar agar kering dan dapat digunakan sebagai hiasan. Hasil kerajinan botol ini dapat diletakkan pada bagian manapun yang membutuhkan sentuhan kesegaran. Sehingga dapat mempercantik lingkungan Anda.

Masker Tidur dari Kain Flanel

Penutup Mata Dari Kain Flanel
Penutup Mata Dari Kain Flanel

Masker tidur ini bukanlah masker yang biasa digunakan para perawat untuk menutup hidung ataupun masker kecantikan yang digunakan untuk wajah. Masker tidur ini adalah masker yang digunakan untuk menutup mata pada saat tertidur.

Masker tidur ini merupakan barang yang berasal dari Korea dan masuk ke Indonesia melalui drama yang ditonton oleh sebagian besar masyarakat. Berkat kreativitas yang tinggi, kini masker tidur ini dapat dibuat dengan mudah melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Buatlah pola dengan bentuk masker tidur pada umumnya kemudian tempel pada kain flanel yang memiliki bahan dingin kemudian potong sesuai bentuk pola yang telah dibuat.
  2. Kemudian letakkan karet pada bagian ujung pola yang telah Anda potong.
  3. Untuk memberikan tidur yang berkualitas dengan sensasi dingin, tambahkan alat pendingin yang berbentuk padat ke dalam bagian pola.
  4. Jahit karet tersebut menggunakan pola pada bagian tepinya agar rapi.
  5. Kemudian jahit dengan jenis pola di bagian ujung pola yang telah Anda buat sehingga semakin membentuk tubuh masker.
  6. Masker tidur siap digunakan.

Kerajinan tangan ini sangat membantu tidur Anda agar lebih nyenyak. Model serta warna yang sesuai keinginan ini dapat menjadi salah satu kerajinan tangan yang unik bukan? Masker tidur ini juga dapat dibuat menggunakan kain bekas sehingga lebih ramah lingkungan.

Semakin banyak orang yang membuat kerajinan tangan, tentu saja semakin banyak ide dan kreasi yang muncul hingga saat ini. Anda dapat mencontoh ide dan kreasi yang sudah ada untuk diterapkan di lingkungan tempat tinggal permanen maupun non permanen.

Pada dasarnya kerajinan tangan memang tidak perlu membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya. Namun Anda harus mempersiapkan tutorial atau cara, bahan, serta alat untuk membuat kerajinan. Tentunya Anda harus menentukan barang apa yang ingin dibuat karena jenis barang akan menentukan bahan dan alat pembuatan.

Berbagai jenis kerajinan tangan beserta cara pembuatan yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi salah satu solusi hiasan maupun barang guna di lingkungan tempat tinggal Anda bukan? Anda juga dapat membuat kreasi yang lain jika telah memiliki bahan dan alat sehingga dapat menunjang kreativitas yang Anda miliki.

Pembuatan kerajinan tangan unik ini dapat membantu proses daur ulang dari barang sehingga dapat membantu melestarikan lingkungan. Selain itu, rumah Anda akan tampil cantik dan unik dari hasil kreativitas kerajinan tangan yang telah diciptakan.

Leave a Reply