10 Inspirasi Kerajinan Tangan yang Bermanfaat

10 Inspirasi Kerajinan Tangan yang Bermanfaat

Pada perkembangan zaman sekarang ini, limbah sampah maupun limbah barang yang sudah tidak terpakai semakin tinggi volumenya. Hal ini dapat mengakibatkan kerusahakan pada lingkungan jika limbah tidak dikelola dengan baik. Anda dapat membuat kerajinan tangan yang bermanfaat sebagai solusi dari permasalahan ini.

Dalam mengatasi hal ini, Anda dapat memanfaatkan limbah ataupun barang yang sudah tidak digunakan di rumah sebagai barang olahan yang memiliki nilai seni dan nilai kegunaan yang dapat diperjual belikan. Dari sini Anda dapat memperoleh keuntungan besar dari barang atau limbah yang awalnya tidak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

10 Kerajinan Tangan yang Bermanfaat

Kerjinan tangan memiliki berbagai macam dan bentuk yang dapat dibuat sesuai kreasi yang dimiliki oleh pembuatnya. Anda sebagai orang awam terhadap seni juga dapat menciptakan kerajinan tangan yang bermanfaat.

Dibukanya sistem informasi yang luas melalui telepon dan internet, Anda dapat memperoleh berbagai contoh bahan dasar dan cara pembuatan kerajinan tangan menggunakan bahan yang tidak terpakai dirumah. Kerajinan tangan tersebut dapat dibagi menjadi 10 poin-poin di bawah ini.

Vas Bunga dari Botol Bekas

Anda pasti memiliki setumpuk botol bekas di dalam rumah bukan? Selain dapat disimpan untuk diloakkan, Anda dapat membuat kerajinan tangan yang tentunya sangat bermanfaat bagi ide dekorasi unik di rumah. Botol bekas ini dapat disulap menjadi kerajinan tangan dalam bentuk vas bunga.

Vas bunga memang merupakan salah satu hiasan sekaligus rumah bagi bunga hidup maupun bunga plastik. Vas bunga ini dapat dibentuk sesuai selera tentunya dengan teknik dan cara pembuatan yang bisa disesuaikan pula. Anda juga bisa mewarnai vas yang terbuat dari botol tersebut sesuai dengan tema warna ruangan dimana vas bunga dari botol itu akan dipajang.

Beberapa contoh botol plastik maupun kaca yang sudah menjadi vas cantik bisa anda lihat pada gambar dibawah ini :

Vas Bunga Dari Botol Coca Cola
Vas Bunga Dari Botol Coca Cola via pinterest

Contoh diatas menggunakan botol kaca coca cola yang sering anda temui di toko. Dikombinasikan dengan tali dengan warna sesuai pilihan sang pembuat.

Vas Bunga Dari Botol Plastik
Vas Bunga Dari Botol Plastik via youtube.com

Untuk yang satu ini, panduannya bisa anda lihat pada video berikut :

Vas Bunga Dari Botol Dan Tali
Vas Bunga Dari Botol Dan Tali via wikihow

Berikutnya adalah contoh lain yang menggunakan kombinasi tali berwarna-warni. Untuk lebih detailnya bsia anda simak pada halaman wikihow berikut ini : https://www.wikihow.com/Make-a-Rope-Bottle-Vase

Vas Bunga Dari Botol Sprite
Vas Bunga Dari Botol Sprite via youtube.com

Untuk pembuatan dari botol sprite bekas sampai menjadi vas cantik berwarna ungu, panduan cara membuatnya bisa anda simak di video berikut :

Lampu Hias dari Kardus Bekas

Pada zaman modern saat ini lampu hias memang merupakan salah satu benda yang wajib ada untuk menerangi ruangan Anda. lampu hias ini juga dapat terbuat dari berbagai macam bahan dasar, termasuk kardus bekas.
Anda pasti memiliki kardus bekas yang tidak digunakan dirumah bukan? Salah satu cara untuk memanfaatkannya adalah menjadikannya kerajinan. Sebenarnya kerajinan dari bahan dasar kardus ini sangat banyak, namun kali ini saya akan merekomendasikan kerajinan tangan dalam bentuk lampu hias.

Ternyata dengan cara yang mudah Anda sudah bisa membuat lampu hias sendiri dari kardus. Bermodalkan membuat pola yang unik sehingga cahaya lampu dapat keluar dan perekat yang kuat Anda sudah bisa menjadikan lampu ini sebagai hiasan di berbagai ruangan.

Selain menjadi lampu hias, lampu ini juga bisa dijadikan sebagai lampu tidur. Pada saat tertidur Anda pasti tidak membutuhkan cahaya yang banyak sehingga lampu tidur dari kardus ini cocok digunakan dalam sehari-hari.

Beberapa contoh lampu dari kardus, baik itu lampu hias, lampi belajar, maupun lampu gantung bisa anda lihat pada beberapa gambar dibawah ini :

Lampu Belajar Dari Kardus
Lampu Belajar Dari Kardus via youtube.com
Lampu Gantung Dari Kardus
Lampu Gantung Dari Kardus via livinfandcompany.com
Lampu Gantung Hias Dari Kardus
Lampu Gantung Hias Dari Kardus via boredpanda.com
Lampu Tidur Dari Kardus
Lampu Tidur Dari Kardus via shopify.com

Tempat Tissue dari Kertas Bekas

Tissue sebagai salah satu benda yang multifungsi kini menjadi kebutuhan dalam setiap rumah tangga, kantor, maupun lingkungan yang lainnya. Jumlah tissue yang dimiliki harus lebih banyak melihat kebutuhan penggunaan tissue yang intensif.

Agar menarik, Anda juga dapat membuat kerajinan tangan dari kertas bekas dengan menghasilkan kotak tissue lho. Selain efisien, harga yang murah, dan desain yang dapat dibentuk sesuai keinginan ini dapat menjadi solusi unik bagi kertas tidak digunakan di rumah Anda.

Beberapa contoh kotak tissue yang dibuat dari kertas tidak terpakai misalnyas aja sbb :

Kotak Tissue Origami
Kotak Tissue Origami via youtube.com

Tissue box diatas dibuat dengan menggunakan kertas lipat atau yang disebut dengan kertas origami. Untuk panduannya bisa anda simak pada video berikut :

Tempat Peralatan Dapur dari Kaleng Bekas

Perabotan dapur memang terbilang mahal, sehingga Anda dapat membuat kreasi tempat peralatan dapur menggunakan kerajinan tangan dengan bahan yang tersedia. Kaleng bekas merupakan salah satu barang yang sudah tidak terpakai dan dapat dimanfaatkan.

Peralatan dapur yang banyak tentunya membutuhkan tempat yang lebih banyak. Oleh karena itu kaleng dapat dibentuk dan dihias menjadi tempat perabotan rumah yang dapat ditempel di dinding. Selain mengurangi wilayah, tempat peralatan dapur dari kaleng bekas ini dapat digunakan sebagai penghias dapur dengan desain dan warna yang unik.

Kaleng Yang Sudah Dicat Dan Dijadikan Holder
Kaleng Yang Sudah Dicat Dan Dijadikan Holder via pinterest.com

Tempat Peralatan Alat Tulis dari Botol Bekas

Selain dijadikan vas bunga, botol bekas juga dapat digunakan sebagai tempat peralatan alat tulis. Setiap bagian dari botol dapat Anda manfaatkan untuk membuat bentuk dari alat tulis. Dengan menggunakan botol Anda dapat mengukur panjang dan lebar dari alat tulis yang digunakan.

Kelebihan jika membuat kerajinan tangan yang bermanfaat ini Anda dapat membentuk dan mewarnai sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Tidak perlu membuat dengan mewah, Anda juga dapat membuat kerajinan tangan dengan model sederhana.

Kotak Pensil Dari Botol Plastik Bekas
Kotak Pensil Dari Botol Plastik Bekas via youtube.com

Untuk panduan cara membuatnya bisa anda lihat pada video berikut :

Jam Dinding dari Kardus Bekas

Kardus bekas juga dapat disulap menjadi jam dinding lho. Kardus yang sudah digunting dan dibentuk sedemikian rupa bisa difungsikan sebagai jam dinding. Sehingga Anda akan memiliki sensasi unik menggunakan kerajinan tangan dari jam yang dibuat sendiri dari bahan dasar kertas.

Kardus bekas ini dapat anda bentuk dan disesuaikan dengan model yang sudah anda buat. Disini Anda juga dapat menambahkan bahan lain untuk melengkapi pembuatan jam sekaligus sebagai hiasan.

Jam Dinding Romawi Dari Kardus
Jam Dinding Romawi Dari Kardus via homelectrical.com
Jam Dinding Dari Kardus Sederhana
Jam Dinding Dari Kardus Sederhana via society6.com
Jam Dinding Kardus Berbentuk Bunga
Jam Dinding Kardus Berbentuk Bunga via artesanbazar.com

Dompet dari Botol Bekas

Botol bekas juga dapat diciptakan menjadi dompet lucu yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli pada setiap harinya. Bagian ujung pada botol dapat menjadi bagian tubuh dari dompet untuk menyimpan uang dan ditutup menggunakan resleting.

Desain seperti ini sangat unik, terlebih menggunakan botol bekas yang dapat bermanfaat menjadi salah satu dompet unik. Ide ini terbilang sangat baru melihat tingkat percaya diri seseorang ketika menggunakan dompet tersebut.

Dompet Mini Dari Botol Plastik
Dompet Mini Dari Botol Plastik via pinterest
Penyimpanan Uang Dari Botol Plastik
Penyimpanan Uang Dari Botol Plastik via youtube.com

Untuk panduan pembuatannya bisa anda simak pada video berikut :

Lukisan dari Pelepah Pisang

Pelepah pisang yang dalam bahasa jawa disebut debog/gedebog dapat menjadi kerajinan tangan yang paling memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena proses perawatan pelepah pisangnya sendiri membutuhkanteknik khusus.

Dalam pembuatannya menjadi lukisan sendiri juga diperlukan cara dan metode yang khusus. Tidak sembarang orang dapat membuat kerajinan jenis ini karena membutuhkan keterampilan dalam memadu padankan pelepah pisang menjadi gambar yang diinginkan.

Lukisan Pelepah Pisang Buatan I Made Dupa
Lukisan Pelepah Pisang Buatan I Made Dupa via tribunnews
Lukisan Punakawan Dari Pelepah Pisang
Lukisan Punakawan Dari Pelepah Pisang via fimela.com
Keligrafi Pelepah Pisang
Keligrafi Pelepah Pisang via bukalapak

Perhiasan dari Kayu

Kayu memang terbilang memiliki tekstur yang keras sehingga sulit untuk dibentuk tanpa menggunakan alat. Oleh karena itu perhiasan dari kayu ini menggunakan alat khusus sehingga dapat membentuk gelang, kalung, cincin, dan lain sebagainya.

Meskipun dapat dibuat sendiri dirumah, perhiasan dari kayu ini juga dapat bermanfaat sebagai produk yang dapat diperjual belikan dengan harga yang standart sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan.

Perhiasan Kalung Dari Kayu
Perhiasan Kalung Dari Kayu via woodenamsterdam.com
Gelang Dari Kayu
Gelang Dari Kayu via poshmark.com

Bunga dari Sedotan Bekas

Keindahan dari bunga tidak akan hilang meskipun terbuat dari barang bekas sekalipun. Kerajinan tangan menggunakan sedotan bekas menjadi bunga ini dapat menjadi salah satu alternatif pasangan pada vas dari botol bekas yang sudah dijelaskan di atas.

Bunga ini dapat dibentuk menjadi bunga yang tentunya disesuaikan dengan warna sedotannya juga sehingga menghasilkan tampilan yang bagus. Pemanfaatan sedotan menjadi bunga ini dapat meningkatkan keindahan rumah Anda.

Bunga Matahari Dari Sedotan Plastik
Bunga Matahari Dari Sedotan Plastik via amzon.com
Bunga Dari Sedotan Plastik
Bunga Dari Sedotan Plastik via youtube.com
Bunga Lavender Dari Sedotan Plastik
Bunga Lavender Dari Sedotan Plastik via youtube.com

Pada dasarnya kerajinan tangan yang bermanfaat adalah kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang sudah tidak terpakai atau bekas menjadi barang yang indah dan memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan mensulap bahan dasar yang tidak terpakai itu Anda dapat meningkatkan derajat barang tersebut sehingga memiliki nilai di mata masyarakat.

Leave a Reply