17 Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Asal Daerah, Gambar, dan Penjelasan

17 Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Asal Daerah, Gambar, dan Penjelasan

Indonesia merupakan negara yang begitu kaya. Bukan hanya karena banyaknya sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan, namun juga karena kebudayaan dan adat istiadat di dalamnya. Salah satu bukti kekayaan nyata Indonesia adalah banyaknya alat musik tradisional yang dimiliki.

Hampir semua wilayah di Indonesia memiliki alat musik yang menjadi ciri khas dari daerahnya. Jenis alat musik khas setiap daerah pun bermacam-macam, mulai dari alat musik petik, alat musik tiup, alat musik pukul dan lain sebagainya.

Nah berikut ini adalah beberapa nama alat musik tradisional Indonesia dan asal daerahnya.

Angklung

Angklung
Angklung dari Jawa Barat via genpi.co

Salah satu alat musik asal Indonesia yang sudah dikenal di kancah internasional adalah Angklung. Alat musik yang terbuat dari bamboo ini sudah banyak dipentaskan di luar negeri, baik dalam cara resmi maupun non resmi. Kepopuleran angklung bahkan sudah diakui USENCA telah diakui sebagai warisan Indonesia.

Alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini dimainkan dengan cara digoyangkan. Untuk menghasilkan suara yang merdu, angklung biasanya dimainkan bersamaan.

Gamelan

Gamelan
Gamelan via blogspot.com

Selain angklung, gamelan juga merupakan alat musik tradisional yang sudah diakui dunia. Bahkan saat ini gamelan sudah mulai masuk dalam kurikulum di beberapa sekolah yang ada di New Zealand dan Amerika Serikat. Ya begitu banyak warga mancanegara yang tertarik dengan alat musik asal tanah Jawa ini.

Gamelan sendiri merupakan musik terdiri dari beberapa alat musik seperti gong, bonang, dan lain sebagainya. Semua alat musik tersebut dimainkan bersamaan hingga membentuk irama khas yang begitu merdu.

Sasando

Sasando
Sasando dari Nusa Tenggara Timur via law-justice.co

Selanjutnya ada alat musik asal tanah Rote, Nusa Tenggara Timur yakni Sasando. Jika dilihat sekilas, bentuk dari sasando hampir menyerupai harpa yakni memiliki ruang luas pada bagian tengahnya.

Sasaso sendiri terbuat dari daun lontar dan rotan serta terdapat beberapa benang, sehingga cara memainkan alat musik ini dengan cara dipetik layaknya gitar. Popularitas sasando pun tak kalah dengan dua alat musik sebelumnya, terbukti dengan penggunaan alat musik sasando pada konse WOW 2012 yang diselenggarakan Wonderful Indonesia.

Kolintang

Kolintang
Kolintang dari Sulawesi Selatan via gpswisataindonesia.info

Kolintang merupakan barisan gong kecil yang disusun mendatar. Alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan ini terbuat dari kayu yang kemudian dipukul dengan stik kayu yang dilapisi kain sehingga suara yang dihasilkan tidak begitu nyaring.

Biasanya alat musik kolintang akan dimainkan dengan iringan gong serta drum. Alat musik tradisional ini juga sudah banyak dimainkan di luar negeri, seperti Filipina dan Malaysia.

Kendang

Kendang
Kendang dari Sunda via grinnell.edu

Siapa sih yang tak kenal dengan alat musik asal Sunda ini? Ya kendang merupakan alat musik tradisional yang sudah banyak digunakan untuk kepentingan konvensional, khususnya pada pertunjukan seni dangdut, pertunjukan tari dan lain sebagainya.

Bahkan alat musik yang juga sudah banyak dimainkan oleh musisi Amerika Serikat ini telah digunakan untuk pertunjukan musik jazz dan kontemporer lho!

Saluang

Saluang Dari Sumatra Barat
Saluang Dari Sumatra Barat via dutaminang.com

Saluang adalah alat musik asal Sumatera Barat yang dimainkan dengan cara ditiup. Dari cara memainkan dan bentuknya, alat musik ini hampir mirip dengan suling namun lebih sederhana sebab saluang hanya mempunyai 4 lubang berurutan. Menurut cerita zaman dahulu, para pemain saluang dikatakan memiliki mantra yang dapat menghipnotis siapa saja yang menyaksikan pertunjukannya.

Tifa

Alat Musik Tifa
Alat Musik Tifa dari Maluku via dreamstime.com

Berikutnya ada Tifa yang merupakan alat musik tradisional asal Papua dan Maluku. Bentuk alat musik ini sebenarnya hampir mirip dengan kendang namun lebih panjang seperti tube. Cara memainkannya pun dengan dipukul.

Biasanya tifa dihiasi dengan ukiran-ukiran khas Papua atau Maluku. Cantiknya ukiran pada tifa menjadikan alat musik ini banyak dijadikan buah tangan oleh para wisatawan asing yang datang ke Maluku atau Papua.

Aramba

Alat Musik Aramba Dari Nias
Alat Musik Aramba Dari Nias via mepow.net

Jika tanah Jawa memiliki Gong, Sumatera Utara memiliki Aramba. Bentuk dan cara memainkan alat musik yang menghasilkan bunyi ideofon ini sangat mirip dengan gong. Begitu juga dengan bahan pembuatannya yang berasal dari logam. Biasanya aramba akan dimainkan bersama alat musik lain untuk menghasilkan paduan suara yang merdu.

Bonang

Bonang Dari Jawa Timur
Bonang Dari Jawa Timur via gending.nl

Alat musik asal Indonesia lain yang sudah mendunia adalah bonang. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukulĀ  atau termasuk alat musik yang menghasilkan bunyi ideofon ini berasal dari daerah Jawa Timur. Biasanya bonang akan dimainkan pada acara-acara besar atau acara adat seperti upacara. Dalam dunia global, bonang juga kerap digunakan dalam pertunjukan seni besar.

Panting

Alat Musik Panting
Alat Musik Panting via gunadarma.ac.id

Panting merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Suku Banjar, dimana suku yang masih bertahan hingga sekarang ini menetap di daera Kaimantan Selatan. Cara memainkan alat musik panting sendiri dengan cara dipetik pada bagian senarnya sehingga menghasilkan bunyi kordofon.

Gambus

Alat Musik Gambus
Alat Musik Gambusvia blogspot.com

Tampak seperti gitar manual? Ya mungkin seperti itulah gambaran dari alat musik gambus. Dimana alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik pada bagian senarnya dan menghasilkan jenis bunyi kardofon ini sangat kental dengan adat Melayu.

Alat musik yang berasal dari daerah Riau ini juga sangat kental dengan nuansa budaya Arab, jadi bisa dibayangkan bukan bagaimana suara yang dihasilkan gambus?

Kecapi

Alat Musik Kecapi
Alat Musik Kecapi via steemit.com

Alat musik tradisional Indonesia lainnya ada kecapi. Kecapi sendiri dimainkan dengan cara dipetik untuk mengeluarkan jenis bunyi kordofon. Alat musik yang berasal dari Sulawesi Barat ini juga kerap dimainkan bersama alat musik lain ataupun dimainkan solo dengan hasil suara yang sudah merdu.

Rebab

Alat Musik Rebab
Alat Musik Rebab via amazon.com

Rebab adalah alat musik khas dari Jawa Barat. Bentuk alat musik ini terlihat cukup unik, yakni menyerupai busur panah. Suara yang dihasilkan pun masih sangat kental dengan nuansa oriental. Termasuk dengan cara memainkannya yakni dengan cara digesek seperti memainkan biola.

Tebang

Alat Musik Tebang
Alat Musik Tebang via tokopedia

Salah satu alat musik yang selalu dimainkan pada pertunjukan musik Melayu adalah tebang. Ya alat musik asal Sumatera Selatan ini memiliki bentuk dan suara yang sangat mirip dengan rebana, sehingga nuansa Melayu dan Arabnya pun begitu terasa. Bahkan jika dilihat sekilas, mungkin tak ada perbedaan yang begitu signifikan antara rebana dan tebang.

Kompang

Alat Musik Kompang
Alat Musik Kompang via blogspot.com

Selanjutnya Lampung yang memiliki alat musik khas bernama Kompang. Alat musik ini terbuat dari kulit kambing dan juga kayu. Cara memainkannya ialah dengan cara dipukul pada bagian kulit kambingnya yang dipasang kencang. Getaran dari kulit kambing yang memantul pada kayu akan menghasilkan suara yang cukup keras dan besar.

Genggong

Genggong
Genggong via wordpress.com

Jika Anda belum pernah melihat genggong, harmonika adalah gambaran yang begitu mirip dari alat musik asal Sumatera Selatan ini. Pada zaman dahulu, genggong banyak dimainkan oleh para petani yang sedang beristirahat setelah lelah menggarap sawahnya, namun saat ini genggong juga banyak dimainkan oleh orang umum untuk acara ataupun pertunjukan seni tradisional.

Jengglong

Jengglong
Jengglong via tokoopedia.com

Jawa Barat juga memiliki alat musik tradisional lain yakni Jengglong. Bentuk jengglong sendiri mirip dengan gong, hanya saja ukurannya lebih kecil. Untuk memainkannya Anda memerlukan batang pemukul khusus untuk bisa menghasilkan suara yang sesuai.

Itulah beberapa nama alat musik asal Indonesia. Beberapa diantaranya sudah sangat terkenal di dunia global, bahkan banyak dimainkan pada pertunjukan dunia lho.

Leave a Reply