Jenis Alat Musik Modern : Tiup, Gitar, dan Piano Beserta Gambar + Penjelasan

Jenis Alat Musik Modern : Tiup, Gitar, dan Piano Beserta Gambar + Penjelasan

Dalam industri musik saat ini, permainan suara bukan hanya satu-satunya faktor yang mempengaruhi keindahan sebuah karya seni musik. Akan tetapi alat musik yang menjadi pengiring juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya.

Jenis alat musik yang digunakan pun beragam, baik alat musik tradisional maupun modern. Namun dalam industri musik modern atau kontemporer, alat musik modern jauh lebih banyak digunakan.

Ragam alat musik yang dimaksud pun beragam, baik alat musik petik, tiup, pukul dan lain sebagainya. Nah berikut ini adalah beberapa macam alat musik modern yang kerap digunakan dalam dunia industri musik modern.

Alat Musik Modern Gitar

Dari jaman dahulu, perkembangan dunia musik khususnya alat musik sangatlah pesat. Dalam setiap masa selalu ada versi alat musik terbaru yang hadir dengan inovasi uniknya. Bukan hanya dari segi suara yang dihasilkan namun juga tampilan yang membuatnya tampak lebih keren.

Dari sekian banyak alat musik modern yang kerap Anda jumpai, mungkin gitar adalah salah satu yang paling populer. Gitar sendiri terdiri dari beberapa macam, dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Gitar Elektrik/Listrik

Gitar Elektrik Atau Gitar Listrik
Gitar Elektrik Atau Gitar Listrik via dealsdirect.co.nz

Ketika Anda menyaksikan konser atau pertunjukan musik besar-besaran, jenis gitar yang banyak digunakan adalah gitar elektrik atau listrik. Gitar jenis ini harus selalu terhubung dengan arus listrik untuk bisa menghasilkan nada atau suara yang diinginkan. Untuk membuat suaranya terdengar lebih keras dan jelas, gitar elektrik disambungkan dengan loudspeaker.

Nada yang dihasilkan dari gitar elektrik sendiri berasal dari petikan senar yang mengenai kumparan pick up atau bagian badan gitar.

Gitar Akustik

Gitar Akustik
Gitar Akustik via gandharvaloka.ie

Berbanding terbalik dengan gitar elektrik yang biasanya digunakan pada pertunjukan besar ataupun pada pertunjukan rock, gitar akustik justru lebih banyak digunakan pada pertunjukan sederhana. Suara yang dihasilkan dari jenis gitar akustik ini berasal dari senar serta beresonansi dengan kayu badan gitar.

Ya gitar akustik ini terbuat dari bahan kayu yang berkualitas, sebab kualitas kayu akan mempengaruhi nada yang dihasilkan dari gitar tersebut. Untuk memainkan gitar akustik tidak dibutuhkan peralatan elektronik, alias bisa langsung dimainkan.

Alat Musik Modern Tiup

Walaupun tak semua jenis musik menggunakan alat musik modern tiup, namun eksistensi alat musik jenis ini begitu marak pada beberapa genre musik. Alat musik tiup modern pun terdiri dari beberapa ragam, berikut adalah beberapa diantaranya.

Saxophone

Alat Musik Modern Yamaha Standard Eb Alto Saxophone
Alat Musik Modern Yamaha Standard Eb Alto Saxophone via pemusicstore.com

Saxophone merupakan alat musik yang dibuat oleh Adolphe Shak dan dari sinilah alat musik ini mulai dikenalkan. Bentuk alat musik modern ini adalah lengkung dengan banyak tombol pada bagian bawah yang merupakan tombol nada.

Alat musik ini biasanya digunakan pada pertunjukan musik Jazz ataupun untuk acara seremonial pengiring grup musik besar. Dalam industri musik modern sendiri banyak merk Saxophone yang dijual di pasaran, beberapa yang paling terkenal antara lain ada Yamaha, Subaru, LA sax dan juga Lincoln. Sedangkan mereka yang memainkan saxophone disebut dengan sexfonis.

Terompet

Alat Musik Modern Terompet
Alat Musik Modern Terompet via long-mcquade.com

Meskipun sama-sama dimainkan dengan cara ditiup, namun bentuk dari terompet lebih simple dibandingkan saxophone. Dimana alat musik yang terbuat dari logam ini memiliki beberapa pitch dan ada 3 buah tombol. Untuk bisa menghasilkan nada yang cantik, pemain harus bisa memainkan tombol tersebut.

Pengaturan nafas saat meniup terompet pun perlu dilatih sebaik mungkin sehingga tinggi rendah nada bisa dihasilkan dengan tepat.

Harmonika

Alat Musik Modern Harmonika
Alat Musik Modern Harmonika via sweetwater.com

Selanjutnya ada harmonika, alat musik modern tiup yang kerap dimainkan bersama alat musik lain. Jika dibandingkan dengan alat musik tiup modern lain, harmonika memiliki ukuran yang lebih kecil dengan bentuk persegi panjang.

Cara memainkan harmonika ialah dengan menghisap kemudian meniup udara pada rongga harmonica serta menggerakkan jaringan tangan ke kiri dan kanan agar menghasilkan suara yang halus.

Harmonika sendiri berasa dari negara Tiongkok pada kaisar Nyu-kwa namun kemudian diperbaharui oleh Buchman. Hingga saat ini harmonica semakin canggih dengan banyaknya modifikasi yang dilakukan. Bahkan sekarang ada 90 tipe harmonika berbeda yang dapat menghasilkan suara berbeda.

Klarinet

Alat Musik Modern Klarinet
Alat Musik Modern Klarinet via reverb.com

Jika dilihat dari bentuknya, clarinet memiliki bentuk mirip dengan terompet namun dalam versi yang lebih kecil. Dalam bahasa Italia, nama Klarinet terbagi dalam 2 kata yakni ‘et’ dan ‘clarion’ yang artinya ‘terompet’, jadi tak heran jika bentuknya sangat mirip dengan terompet.

Cara memainkan alat musik ini ialah dengan meniup beberapa reednya. Nah mereka yang memainkan klarinet biasanya disebut dengan klarinetis.

Alat Musik Modern Piano

Alat musik yang terkenal dengan harganya yang fantastis ini juga memiliki jenis yang beragam. Basanya perbedaan yang paling signifikan pada setiap jenis piano adalah jumlah tuts pada alat musik modern tersebut. Semakin banyak jumlah tuts pada piano maka semakin besar pula ukurannya.

Jenis alat musik ini kerap digunakan untuk acara besar atau seremonial, karena suaranya yang begitu halus dan mendayu-dayu sehingga seolah mampu membuat setiap tamu yang datang merasa nyaman.

Biasanya piano yang digunakan untuk acara seremonial sendiri adalah piano besar dengan suara yang begitu indah. Nah berikut ini adalah beberapa jenis piano yang mungkin kerap Anda lihat.

Grand Piano

Alat Musik Modern Grand Piano Yamaha
Alat Musik Modern Grand Piano Yamaha via coachhousepianos.co.uk

Salah satu jenis piano yang paling sering digunakan oleh para pemusik besar ialah grand piano. Piano dengan ukuran besar ini akan menghasilkan suara yang begitu indah dan halus. Bentuk dari grand piano sendiri besar dengan nada kotak akustik yang ditidurkan dan memiliki deretan senar akustik yang ditidurkan.

Merk ekslusif untuk piano jenis ini adalah Steinway yang dibandrol dengan harga ratusan bahkan milyaran rupiah. Sedangkan di Indonesia merk piano yang paling kerap dijumpai pada Yamaha dengan harga kurang lebih 400-an juta.

Digital Piano

Alat Musik Modern Digital Piano
Alat Musik Modern Digital Piano via normans.co.uk

Sesuai namanya, alat musik modern memiliki modern tuts yang akan memudahkan pemainnya. Digital piano sendiri memiliki 88 nada dengan tuts tipe grand-hammer atau efek yang dihasilkan ketika bermain piano ini adalah sedikit berat, akni seperti mengetukkan palu pada senar-senar nada.

Upright Piano

Alat Musik Modern Upright Piano Yamaha
Alat Musik Modern Upright Piano Yamaha via alamomusic.com

Selanjutnya ada piano akustik dengan 8 tuts lengkap dengan senarnya. Piano upright ini sangat berbeda dengan grand piano, khususnya pada bagian kotak akustik yang berada di bagian luar, dengan begitu ruang yang dibutuhkan pun menjadi semakin kecil (hemat tempat).

Jadi meskipun memiliki jumlah tuts yang banyak, namun untuk masalah ukuran upright piano sangat recommended bagi Anda yang tak memiliki cukup ruang.

Keyboard

Alat Musik Modern Keyboard Piano Roland
Alat Musik Modern Keyboard Piano Roland via rakuten.com

Satu hal yang menarik dari keyboard, yakni dapat memainkan suara alat musik lain seperti drum, biola, gitar dan lain sebagainya. Untuk memainkan keyboard sendiri Anda perlu menyambungkannya terlebih dahulu pada aliran listrik. Namun meskipun dapat memainkan berbagai suara alat musik, hasil petikan tuts keyboard tetap tak sehalus piano lain.

Organ

Alat Musik Modern Organ Piano Roland
Alat Musik Modern Organ Piano Roland via keymusic.com

Hampir sama dengan organ, yakni dapat menghasilkan beberapa suara alat musik lain. Nada yang dihasilkan dari alat musik modern organ ialah dari tiupan udara yang masuk pada sejumlah pipa yang ada di dalam organ tersebut. Dari udara yang masuk inilah organ dapat mengatur nada yang dihasilkan.

Itulah beberapa jenis alat musik modern yang kerap digunakan dalam industri musik modern. Dimana masing-masing jenis alat musik mampu menghasilkan nada berbeda, sehingga untuk menghasilkan alunan yang indah akan lebih sempurna jika beberapa alat musik di atas dimainkan bersamaan.

Leave a Reply