12 Contoh Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional




Dalam Perkembangannya, alat musik tiup merupakan salah satu yang mengalami inovasi paling banyak. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya jenis alat musik modern. Ya meskipun hal ini tak menutup kemungkinan bahwa alat musik tradisional juga masih banyak dimainkan.

Jika dicermati, jenis alat musik tiup tradisional dan modern jumlahnya mencapai puluhan lho. Dimana hampir setiap negara di dunia memiliki alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Menariknya, meskipun sama-sama dimainkan dengan cara ditiup, namun suara yang dihasilkan dari setiap alat musik berbeda lho. Berikut ini adalah beberapa nama alat musik tiup tradisional dan modern.

Alat Musik Tiup Modern

Di bawah ini adalah beberapa nama alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik modern ini kerap kali dimainkan dalam pertunjukan musik besar maupun pertunjukan musik seriosa.

Klarinet

Klarinet
Alat Musik Klarinet via limelightmagazine.com.au

Klarinet merupakan salah satu alat musik tiup yang berasal dari dari Woodwind. Semetara penggunaan nama clarinet sendiri diambil dari bahasa Italia ‘Clarino yang artinya adalah terompet dan ditambah dengan akhiran kata yang memiliki arti ‘kecil’. Jadi bisa disimpulkan jika klarinet adalah terompet kecil.

Cara memainkan alat musik klarinet pun tak jauh berbeda dengan cara memainkan terompet namun hanya dengan satu reed saja.

Saxophone

Alat Musik Saxophone
Alat Musik Saxophone via pemusicstore.com

Masih dalam keluarga Woodwind, saxophone juga termasuk salah satu alat musik yang kerap dimainkan dalam pertunjukan musik besar atau kerap digunakan sebagai pengiring group musik besar. alat musik tiup ini juga kerap dimainkan dalam pertunjukan musik jazz, popular music dan lain sebagainya.

Alat musik yang memiliki beberapa tombol di bagian bawah sebagai pengatur nada ini dulunya merupakan instrument musik untuk band militer. Sexophone sendiri terbagi menjadi 3 jenis yakni Curve Bell Sporano Sexophone, Alto Sexophone dan Soprano Sexophone.

Obo

Alat Musik Obo Atau Oboe
Alat Musik Obo Atau Oboe via bandungpiano.com

Obo merupakan alat musik tiup yang menggunakan double reed woodwind. Penggunaan nama obo sendiri diambil dari bahasa Perancis ‘hautbois yang artinya ‘high’ bahkan hingga saat ini musisi Inggris masih kerap menggunakan kata hautboy untuk penamaan alat musik ini.

Jika dibandingkan dengan alat musik woodwind lain, obo memiliki suara yang jauh lebih melengking dan jernih. Suara yang dihasilkan obo akan terdengar jelas pada ansambel yang besar dan mudah terdengar ketika tuning.

Trombone

Alat Musik Trombone
Alat Musik Trombone via thomann.de

Penggunaan nama trombone diambil dari bahasa Italia yakni ‘tromba’ yang artinya terompet dan mendapat kata akhiran –one yang artinya besar. Dengan begitu arti dari kata trombone adalah terompet besar.

Bahan pembuatan alat musik tiup musik ini adalah logam sehingga suara yang dihasilkan cenderung besar dan nyaring. Terlebih lagi karena ukurannya yang besar sehingga suara yang dihasilkan pun begitu keras.

Harmonika

Alat Musik Harmonika
Alat Musik Harmonika via amazon.co.uk

Dari bentuknya, harmonica merupakan salah satu alat musik modern yang memiliki bentuk paling kecil. Cara memainkannya pun begitu mudah, hanya dengan menghisap kemudian meniupkan udara pada lubang-lubang harmonika sembari menggerakkannya ke kanan dan ke kiri untuk menghasilkan suara yang indah.

Seiring perkembangan zaman, alat musik harmonika memiliki jenis yang sangat beragam, bahkan lebih dari 60 jenis.

Terompet

Alat Musik Trompet
Alat Musik Trompet via long-mcquade.com

Siapa sih yang tak kenal dengan alat musik dari logam ini? alat musik yang berada di jajaran tertinggi diantara sousafon, trobon, tuba dan lain sebagainya, terompet dapat dimainkan dengan cara yang cukup mudah. Pada alat musik ii terdapat 3 tombol nada yang harus dimainkan oleh peniupnya agar bisa menghasilkan bunyi yang indah.

Terompet sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, dan yang paling umum antara lain adalah terompet C, D, E, F, G dan juga A.

Tuba

Memainkan Alat Musik Tuba
Memainkan Alat Musik Tuba via yamaha.com

Tak kalah besar dengan trombone, tuba juga merupakan alat musik tiup modern yang memiliki ukuran cukup besar. Alat musik yang sudah muncul sejak abad ke-19 ini akan menghasilkan suara yang keras dan rendah.

Nada yang dihasilkan dari tuba biasanya dipengaruhi oleh panjang serta bentuk bibir, kecepatan aliran udara yang dihasilkan serta tekanan bibir. Bentuknya sendiri didesain silinder, sehingga menghasilkan suara dengan kualitas baik. Dalam tuba Anda dapat menjumpai 3 buah tombol pengatur nada yang bisa dimainkan.

Fagot

Memainkan Alat Musik Fagot
Memainkan Alat Musik Fagot via youtube.com

Bassoon atau Fagor ialah alat musik yang terbuat dari kayu dan terbagi atas pipa panjang berbentuk U sera logam berbentuk S. alat musik tiup modern ini juga memiliki sebuah corong kerucut.

Nada yang dihasilkan dari alat musik ini begitu rendah, sehingga tak bisa dimainkan secara personal dan harus dimainkan bersama instrument lain dengan nada yang lebih tinggi.

Alat Musik Tiup Tradisional

Selain beberapa alat musik modern di atas, beberapa alat musik tradisional berikut juga perlu Anda ketahui. Meskipun dibuat dengan desain yang begitu sederhana, namun nada yang dihasilkan alat musik tiup tradisional tak kalah indahnya dengan instrument modern.

Serunai Banjar

Alat Musik Sarunai Banjar
Alat Musik Sarunai Banjar via blogspot.com

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak dari mana asal alat musik ini, ya dari Banjar Kalimantan Selatan. Bentuk serunai Banjar sendiri menyerupai terompet namun dengan aksen ukiran khas yang membuatnya tampak lebih memukau.

Di bagian mulut ada reeds ganda yang akan membantu Anda meniup langsung dari bibir. Reed pada serunai banjar sendiri biasanya terbuat dari daun kelapa kering yang dipasang ke arah tempat meniup. Biasanya serunai banjar dimainkan bersama dengan instrumen tradisional lain untuk mengiringi pertunjukan seni.

Serdam

Memainkan Alat Musik Serdam
Memainkan Alat Musik Serdam via youtube.com

Berikutnya ada serdam, alat musik tradisional yang terbuat dari bambu dengan bentuk bulat serta memiliki garis tengah 1-1,5 cm dan panjang 25 cm. sementara diameter lubangnya mencapai 4 cm dengan jarak dari ujung Serdam ke lubang pun 4 cm.

Suara halus yang dihasilkan serdam menjadikan alat musik ini sangat cocok Anda mainkan ketika merasa sepi. Selain itu, serdam juga bisa digunakan sebagai instrument untuk pertunjukan.

Saluang

Saluang Dari Sumatra Barat
Alat Musik Saluang Dari Sumatra Barat via dutaminang.com

Saluang merupakan alat musik tiup tradisional yang berasal dari Minangkabau. Alat musik yang terbuat dari bambu tipis tau bamboo tlang ini mampu menghasilkan suara yang begitu jernih dan cukup nyaring.

Untuk menghasilkan suara dari saluang, Anda harus meniupnya pada bagian atasnya kemudian mengatur penekanan 4 buah lubang untuk bisa mendapatkan nada yang diinginkan.

Suling Balawung

Alat Musik Suling Balawung
Alat Musik Suling Balawung via blogspot.com

Berikutnya ada suling balawung yang berasal dari Kalimantan. Alat musik dari bambu kecil ini memiliki 5 lubang pada bagian bawah dan 1 lubang di bagian atas. Dulunya suling Balawung hanya dimainkan oleh kaum wanita suku Dayak.

Alat musik ini kerap dimainkan ketika acara adat karena suling balawung sendiri dianggap sebagai instrument yang sakral oleh masyarakat setempat.

Selain beberapa alat musik tiup modern dan tradisional di atas, masih banyak instrument tiup lain yang perlu Anda ketahui seperti Pakekek, pereret, sarone dan lain sebagainya.

Leave a Comment