Alat Musik Kethuk Dan Kempyang

12 Nama Alat Musik Gamelan, Cara Memainkan, dan Keterangannya

Dalam beberapa tahun terakhir, eksistensi musik gamelan di kancah internasional begitu melambung. Terbukti dengan masuknya pendidikan gamelan dalam kurikulum di beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Tentunya hal ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus sentilan bagi masyarakat Indonesia. Sebagaimana warga asing begitu menghargai dan mencintai budaya Indonesia, masyarakat Indonesia pun seharusnya lebih dari itu.

Sebagai bentuk rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia, khususnya alat musik gamelan, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempelajari apa saja macam-macam instrumen gamelan dan bagaimana cara memainkannya. Berikut ini adalah beberapa nama  alat musik gamelan yang perlu Anda ketahui.

Gendang atau Kendang

Kendang Ketipung Dan Kendang Ageng
Kendang Ketipung Dan Kendang Ageng via nmmusd.org

Instrumen pertama yang perlu Anda ketahui dalam pertunjukan musik gamelan adalah kendang atau yang lebih dikenal dengan nama gendang. Alat musik ini memiliki fungsi untuk mengatur irama serta tempo dari gendhigan (lagu yang dimainkan).

Bunyi gendang biasanya aka mengatur tempo pokok, irama yang cepat ataupun lambat dengan tangkap. Cara memainkan instrumen ini ialah dengan cara menabuh atau memukulnya menggunakan tangan di bagian kulitnya.

Biasa Nya permukaan kulit pada gendang terbuat dari kulit hewan seperti kambing, sapi, kerbau atau rusa. Dari beberapa kulit hewan tersebut, menurut pengrajin gendang, kulit kerbau merupakan yang terbaik karena teksturnya yang kaku sehingga menjadi lebih awet.

Suling

Alat Musik Seruling
Alat Musik Suling via blogspot.com

Berikutnya ada suling, sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Umumnya alat musik ini terbuat dari bambu atau kayu yang diberi lubang sebagai penentu laras atau nada.

Salah satu ujung seruling akan diberi lubang sebagai tempat meniup, dan bagian ini disebut jambangan. Fungsi jambangan sendiri ialah untuk mengalirkan udara, dengan begitu dapat dihasilkan getaran udara yang menjadi bunyi.

Dalam musik gamelan, alat musik ini berfungsi sebagai pangrengga lagu. Dimana suara yang dihasilkan alat musik gamelan satu ini begitu lembut dan cocok dipadukan dengan instrumen lain.

Gong

Alat Musik Gong
Alat Musik Gong

Salah satu instrumen paling menonjol karena ukurannya yang paling besar dibanding instrumen lain, gong! Ya gong adalah alat musik paling besar pada rangkaian instrumen gamelan.

Alat musik ini biasanya difungsikan sebagai tanda pengawal dan pengakhir sebuah lagu atau gending pada pertunjukan musik gamelan. Gong yang dipukul menggunakan kayu dengan pentul di ujungnya akan memberi rasa keseimbangan setelah lagu dimaika.

Bahan pembuatan gong sendiri adalah logam kuningan dan dibuat dengan ukuran yang variatif. Biasanya alat musik ini diletakkan dengan cara digantung pada sebuah panahan kayu.

Gambang

Memainkan Alat Musik Gambang
Memainkan Alat Musik Gambang

Gambang merupakan alat musik gamelan yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan alat khusus berama tabuh. Suara yang dihasilkan dari gambang pun begitu unik dan khas.

Pada dasarnya, gambar terbuat dari kayu ada pada bagian penghasil nadanya dibuat dari bambu atau kayu yang sudah dibentuk menjadi bilah-bilah. Jumlah bilah kayu pada gambang ada 18 buah yang ditata pada sebuah rak resonator ada berbentuk menyerupai kayu. Penyusunan bilah ini dimulai dari paling kecil hingga terbesar sehingga nada yang dihasilkan pun bervariasi.

Siter

Alat Musik Siter
Alat Musik Siter dari Jawa Tengah via tjokrosuharto.com

Berikutnya ada siter, alat musik yang berfungsi sebagai pengendali cengkok pada pertunjukan gamelan. Alat musik tradisional ini bisa mengeluarkan suara khas dari 11 dawainya. Umumnya kecepatan permainan siter diatur sama dengan kecepatan permainan musik gambar, dan keduanya kerap kali dimainkan dengan tempo yang cepat.

Permainan alat musik satu ini memberikan pengaruh yang besar pada pertunjukan gamelan, karena apabila ada kesalahan ada akan langsung berpengaruh pada permainan instrumen lain. Dengan begitu, ketika permainan siter salah maka ritme permainan gamelan akan berubah menjadi tak beraturan dan terdengar kurang harmonis.

Bonang

Alat Musik Bonang
Alat Musik Bonang via gending.nl

Bonang ialah alat musik pendukung gamelan yang memiliki peran tak kalah penting. Fungsi dari alat musik gamelan ini ialah sebagai penguat melodi dasar pada gendhingan. Bentuk bonang menyerupai pot yang terbuat dari perunggu.

Dalam permainannya, biasanya ada 14 buah bonang yang disusun di atas tatakan yang menyerupai rak. Kemudian tatanan bonang tersebut dimainkan dengan cara dipukul menggunakan 2 palu tabuh. Palu tabuh yang terbuat dari kayu ini biasanya akan dilapisi kain atau karet agar suara yang dihasilkan lebih lembut.

Kenong

Alat Musik Kenong
Kenong Atau Bonang Model Tulungagungan via youtube.com

Sama seperti bonang, alat musik ini juga terbuat dari kuingan. Sedangkan fungsi dari kenong sendiri ialah sebagai penentu batas-batas gatra serta berfungsi untuk menegaskan irama. Selain itu, kenong juga berfugsi utuk mengatur tempo dari gendhingan yang dimainkan.

Cara memainkan kenong pun masih sama dengan bonang, yakni dipukul menggunakan alat penabuh yang terbuat dari kayu dan pada salah satu ujungnya dilapisi kain ataupun karet.

Rebab

Alat Musik Rebab
Alat Musik Rebab via amazon.com

Jika dilihat dari bentuk dan cara memainkannya, rebab memang tampak begitu berbeda dengan alat musik gamelan lain. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek, seperti memainkan biola. Anda hanya perlu menggesek dawainya menggunakan alat gesek yang berbentuk mirip busur panah.

Ukuran rebab sendiri lebih kecil jika dibandingkan biola, dengan bentuk bulat pada bagian badannya da memiliki leher yang panjang. Dawai pada rebab ini akan dipasang mulai dari bagian badan hingga ujung lehernya.

Fungsi rebab pada pertunjukan gamelan ialah sebagai instrumen pembuka. Alat musik ini juga kerap dijuluki sebagai pemimpin lagu, khususnya pada tabuhan yang lirih. Biasaya rebab juga digunakan untuk mengiringi sinden ketika mendendangkan lagu dengan suara melengkingnya.

Kethuk

Alat Musik Kethuk Dan Kempyang
Alat Musik Kethuk Dan Kempyang via nmmusd.org

Untuk menjaga irama pada pertunjukan gamelan tetap harmonis, kethuk memiliki peran yang begitu penting. Benar sekali, fungsi dari alat musik kethuk adalah untuk menjaga irama agar tetap terdengar harmonis.

Cara memainkan kethuk yakni dengan memukulnya menggunakan alat pemukul atau penabuh yang terbuat dari batang kayu dan memiliki pentul karet tebal atau kain pada salah satu ujungnya.

Kempyang

Selanjutnya kempyang, instrument yang berfungsi sebagai alat musik ritmis dalam pertunjukan gamelan. Kempyang juga sering digunakan untuk membantu kendang dalam menghasilkan ritme yang diharapkan. Biasanya permainan kempyang akan dibuat saling bersahutan dengan kethuk sehingga bunyi yang dihasilka Tuk Bluk Tuk BLuk dan terbentuklah harmoi yang manis.

Kempul

Alat Musik Kempul
Alat Musik Kempul via alibaba.com

Sekilas, penampakan kempul sangat mirip dengan gong hanya saja dalam versi kecil. Oleh sebab itu tak heran jika kempul kerap disebut sebagai gong kecil. Fungsi dari alat musik gamelan kempul ilah utuk menegaskan irama melodi pada sebuah lagu.

Suara yang dihasilkan dari gong kecil ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan gong besar. Biasanya jumlah kempul ada 8-10 buah yang masing-masing akan menghasilkan nada berbeda.

Alat pemukul kempul pun sama dengan alat pemukul untuk instrument lain, yakni batang kayu yang dilapisi kain atau karet pada salah satu ujungnya.

Gender

Memainkan Alat Musik Gender
Memainkan Alat Musik Gender

Terakhir ada gender, alat musik gamelan yang terbuat dari kuningan yang dibentuk menjadi bilah-bilah. Umumnya alat musik ini terdiri dari 10-14 bilh yang ketika dimainkan akan menghasilkan nada berbeda satu sama lain.

Cara memainkannya pun masih sama dengan instrumen lain seperti kempyang, bonang, dan lainnya yakni dengan dipukul menggunakan penabung kayu yang memiliki ujung berbalut kain atau karet.

12 alat musik gamelan tersebut biasanya akan dimainkan bersamaan dan saling melengkapi sehingga dapat menghasilkan pertunjukan gamelan yang indah.

Leave a Reply