10 Alat Musik Jawa yang Populer Hingga ke Mancanegara

10 Alat Musik Jawa yang Populer Hingga ke Mancanegara

Provinsi yang berada di bagian tengah pulau Jawa ini menyimpan ribuan budaya dan kesenian yang kini sudah melanglang buana hingga ke kancah internasional. Bahkan, tidak sedikit masyarakat luar yang belajar berbagai macam kebudayaan dan kesenian Jawa Tengah. Salah satunya adalah alat musik.

Ya, Anda tentunya pernah melihat alat musik Jawa baik itu di layar televisi ataupun di internet. kepopuleran alat musik Jawa tersebut memang tidak bisa dipungkiri lagi. Kehadiran dari berbagai macam alat musik tradisional tersebut juga sudah ada sejak ribuan tahun lamanya.

Meski berbagai alat musik tradisional Jawa sudah memiliki usia lanjut, akan tetapi banyak orang yang masih melestarikannya hingga sekarang dengan tujuan agar generasi muda tidak melupakan peninggalan nenek moyangnya. Berikut adalah beberapa alat musik Jawa yang patut untuk dilestarikan.

Gender

Memainkan Alat Musik Gender
Memainkan Alat Musik Gender via youtube.com

Gender adalah alat musik asal Jawa Tengah yang terbuat dari logam (metaolofon). Alat musik yang dibunyikan dengan cara dipukul tersebut merupakan bagian dari alat musik Jawa dan Bali. Bunyi indah yang dimiliki oleh Gender dihasilkan oleh 10 sampai 14 bilah logam (kuningan).

Logam-logam tersebut memiliki berbagai macam nada yang berbeda satu sama lain. Di Jawa, alat musik tradisional tersebut ada 3 jenis. Beberapa diantaranya adalah pelog pathet nem dan lima, pelog pathet barang dan juga lima.

Suling

Suling Sunda
Suling Sunda via digitalcollections.lib.washington.edu

Mungkin sebagian dari Anda mengenal bahwa suling adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Namun nyatanya, Anda juga bisa menemukan alat musik tradisional tersebut di Jawa Tengah. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup tersebut terbuat dari bambu. Diberikan juga beberapa lubang sebagai tempat keluarnya udara dan suara.

Jika suling zaman dahulu dibuat dengan menggunakan bambu, saat ini suling modern dibuat dengan menggunakan logam ataupun tembaga. Nah, untuk bisa menghasilkan nada yang berbeda-beda, Anda harus menutup beberapa lubang yang ada pada suling tersebut.

Gambang

Memainkan Alat Musik Gambang
Memainkan Alat Musik Gambang via youtube.com

Gambang merupakan alat musik Jawa lainnya yang hingga saat ini masih lestari. Gambang ini sendiri terdiri atas 18 bilah bambu. Untuk bisa menghasilkan suara yang indah, alat musik tradisional tersebut dimainkan dengan cara dipukul.

Nah, berdasarkan beberapa penemuan yang telah dilakukan, Gambang dipakai dalam beberapa kesenian Gambang Kromong. Banyaknya orang yang masih memainkan alat musik tersebut membuatnya semakin lebih dikenal oleh masyarakat.

Kempul

Alat Musik Kempul
Alat Musik Kempul via alibaba.com

Berikutnya ada Kempul. Ternyata, Kempul menjadi alat musik yang masuk dalam instrument keras. Kempul ini sendiri masuk ke dalam kelompok alat musik seperti saron peking, kempyang, kethuk, saron, demung, kenong, boning penerus, gong, dan boning barung.

Sementara itu, lawan dari alat musik dengan instrument yang keras adalah alat musik dengan instrument lembut. Beberapa alat musik yang masuk ke dalam instrument lembut ialah kendhang, seruling, gambang, rebab, gendher penerus, slenther, siter, dan gender barung.

Siter

Alat Musik Siter
Alat Musik Siter dari Jawa Tengah via tjokrosuharto.com

Siter adalah alat musik khas Jawa Tengah yang memiliki panjang 13 cm. Alat musik tersebut terdiri atas 11 hingga 13 pasang senar, yang apabila direntangkan kedua sisi pada alat musik tersebut memiliki kotak resonator.

Untuk bisa menghasilkan suara musik yang indah, salah satu senar dari alat musik tersebut disetel dengan menggunakan nada slendro. Sedangkan pada sisi lainnya dipasang dengan menggunakan nada pelog.

Nah, yang unik dan menarik dari alat musik siter adalah, pada saat dimainkan alat musik tersebut harus dimainkan ke dalam kotak. Suara indahnya akan muncul jika dipadukan dengan beberapa jenis alat musik lainnya.

Gong

Alat Musik Gong
Alat Musik Gong

Sebagaian besar dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang satu ini bukan? Ya, menjadi alat musik Jawa yang sangat ikonik. Gong sendiri terbuat dari leburan logam seperti tembaga atau perunggu dan memiliki permukaan yang berbentuk bundar.

Alat musik tradisional tersebut bisa dilengkapi dengan ataupun tanpa Pencu. Gong yang sudah ditempa belum bisa ditentukan nadanya. Nada dari gong tersebut baru bisa ditentukan setelah alat musik ini dibilas dan juga dibersihkan.

Slenthem

Memainkan Alat Musik Slenthem
Memainkan Alat Musik Slenthem via youtube.com

Alat musik asal Jawa Tengah berikutnya adalah Slenthem. Berbeda dengan beberapa alat musik tradisional lainnya. Slenthem digunakan untuk bisa menghasilkan suara lebih rendah seperti dengungan.

Alat musik yang masuk ke dalam instrument gamelan tersebut terdiri atas lembaran logam yang lebar dan tipis yang diuntai dengan menggunakan tali serta direntangkan di atas tabung-tabung. Tak hanya itu saja, bahkan alat musik tradisional yang satu ini juga masuk ke dalam gender penembung.

Kenong

Kenong Atau Bonang Model Tulungagungan
Kenong Atau Bonang Model Tulungagungan via youtube.com

Kenong merupakan salah satu alat musik yang masuk ke dalam Gamelan Jawa. Dalam permainan Gamelan sendiri, Kenong berfungsi sebagai pengisi akor ataupun harmoni. Agar bisa menghasilkan suara dan irama yang diinginkan, Kenong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan satu buah alat pukul.

Fungsi lain yang dimiliki oleh Kenong ialah untuk menentukan batas-batas gatra dan juga menegaskan irama yang dihasilkan. alat musik Jawa juga masuk ke dalam alat musik berpacu dan dimainkan dengan alat pemukul kayu yang dililit dengan menggunakan kain. Alat musik tersebut biasanya terdiri atas 10 buah dengan nada yang berbeda-beda.

Demung

Alat Musik Demung
Alat Musik Demung via blogspot.com

Di Jawa Tengah, Anda bisa menemukan berbagai macam alat musik tradisional yang hingga saat ini masih digunakan. Selain beberapa alat musik yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi alat musik lainnya yang bisa Anda pelajari.

Demung merupakann alat musik tradisional yang masuk ke dalam keluarga Balungan. Di dalam satu set alat musik Gamelan, ada dua jenis Demung. Yakni Demung dengan versi slendro dan Demung dengan versi Pelog.

Alat musik yang menghasilkan nada oktaf terendah pada keluarga Balungan tersebut mempunyai wilahan yang lebih tipis. Akan tetapi, wilahan yang dimiliki oleh Demung ini lebih lebar jika dibandingkan dengan wilahan Saron sehingga nada yang dihasilkan lebih rendah.

Demung dimainkan dengan cara ditabuh sesuai dengan nada, nada yang imbal, atau ditabuh secara bergantian antara Demung yang pertama dan Demung yang kedua.

Bonang

Bonang Panembung
Bonang Panembung via kamerabudaya.com

Bonang juga menjadi alat musik Jawa yang masuk ke dalam set Gamelan. Alat musik tradisional satu ini ternyata juga masuk ke dalam Degung Gamelan Sunda. Untuk bisa menghasilkan suara dari alat musik tersebut, maka cara memainkannya ialah dengan cara dipukul ataupun ditabuh pada bagian atasnya.

Bentuk dari Bonang pun cukup unik, dimana bagian atas dari alat musik tersebut berbentuk menonjol dan biasa disebut dengan pencu (pencon). Bonang dipukul dengan menggunakan dua buah alat pukul yang disebut dengan bindhi.

Demikian 10 alat musik Jawa yang hingga saat ini masih digunakan dan tetap dilestarikan. Bahkan, sekarang sudah banyak kelas yang dibuka untuk belajar berbagai macam alat musik Jawa tersebut. Peminatnya pun tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, namun banyak juga warga asing yang tertarik untuk belajar dan memainkan alat musik tradisional dari Jawa Tengah tersebut.

Leave a Reply