Alat Musik Jatung Adau

9 Alat Musik Tradisional Kalimantan Lengkap

Kalimantan merupakan salah satu kepulauan yang berada di utara Pulau Jawa. Pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati tersebut ternyata memiliki ribuan budaya dan kesenian yang berasal dari berbagai macam suku di dalamnya. Bahkan, pula yang juga dilewati oleh garis khatulistiwa ini masih melestarikan sebagian besar budaya dan kesenian yang dimilikinya.

Alat musik menjadi salah satu kesenian yang hingga saat ini masih tetap dimainkan dan dilestarikan. Anda bisa menemukan berbagai macam alat musik Kalimantan yang sangat ikonik. Tentu saja, beberapa provinsi yang ada di Kalimantan memiliki jenis alat musik yang berbeda satu dengan lainnya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai macam alat musik yang berasal dari tiap-tiap provinsi yang ada di Kalimantan.

Alat Musik Kalimantan Tengah

Daerah dengan Ibu Kota Provinsi Palang Karaya tersebut memiliki beberapa alat musik yang berasal dari berbagai macam suku yang ada di dalamnya. Nah, satu hal yang harus Anda ketahui bahwa, Suku Dayak bukan satu-satunya suku yang mendominasi wilayah tersebut.

Ada pula beberapa suku lainnya seperti Suku Jawa dan Banjar yang ada di daerah ini. Kedatangan mereka tentu saja karena adanya program transmigrasi yang pernah dicanangkan oleh pemerintah beberapa puluh tahun silam.

Hal inilah yang menjadikan Kalimantan Tengah memiliki beberapa budaya dan kesenian termasuk alat musik daerah yang dimilikinya.

Katambung

Alat Musik Katambung
Alat Musik Katambung via blogspot.com

Katambung adalah alat musik dari Kalimantan Tengah yang memiliki bentuk hampir mirip dengan Tifa. Alat musik perkusi tersebut berbentuk seperti gendang akan tetapi lebih ramping dengan panjang sekitar 75 cm.

Alat musik Kalimantan yang berasal dari Suku Dayak tersebut sudah ada sejak dahulu kala. Katambung digunakan untuk beberapa upacara adat besar seperti upacara Gawi Belom dan upacara Gawi Matey.

Ternyata, penggunaan Katambung berbeda di setiap acara. Untuk acara Gawi Matey, Katambung akan dimainkan pada saat upacara kematian dengan suasananya yang sangat hening.

Sedangkan, pada Upacara Gawi Belom alat musik tradisional satu ini digunakan untuk menyambut para tamu yang datang.

Japen

Alat Musik Japen
Alat Musik Japen via blogspot.com

Selanjutnya ada Japen. Bagi masyarakat Kalimantan Tengah sendiri, alat musik tersebut sangat populer. Japen yang berbentuk seperti gitar dan mempunyai dawai tersebut dimainkan dengan cara dipetik agar bisa menghasilkan suara yang indah.

Japen juga dilengkapi dengan ukiran yang indah, sehingga membuat alat musik tersebut tampak sangat khas. Meski bentuknya hampir mirip seperti gitar, namun alat musik tersebut menghasilkan nada yang unik. Nada-nada yang dihasilkan dari alat musik Japen hampir mirip dengan Kecapi.

Garantung

Alat Musik Garantung
Alat Musik Garantung via blogspot.com

Berikutnya ada Garantung yang menjadi alat musik asli Suku Dayak. Alat musik idiophone tersebut dibuat dari beberapa campuran logam seperti kuningan dan perunggu. Mungkin, jika Anda melihatnya secara sekilas, Garantung memiliki bentuk yang hampir mirip dengan salah satu alat musik yang ada pada Gamelan jawa.

Akan tetapi, suara yang dihasilkan oleh Garantung ini berbeda dan lebih khas. Untuk bisa menghasilkan suara dari alat musik  tersebut, Garantung dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul yang salah satu ujungnya dililit dengan menggunakan kain.

Alat Musik Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan juga menjadi salah satu provinsi yang memiliki kekayaan budaya serta kesenian di dalamnya. Alat musik, menjadi salah satu alat yang sering dimainkan oleh masyarakat sekitar. Baik pada saat upacara adat ataupun untuk mengisi waktu luang.

Berikut adalah beberapa alat musik Kalimantan Selatan yang wajib Anda ketahui.

Kintung

Alat Musik Kintung
Alat Musik Kintung via wadaya.rey1024.com

Kintung adalah sebuah alat musik yang dibuat dari bambu. Bentuknya yang hampir mirip dengan alat musik khas Jawa Barat, yaitu angklung tersebut membuatnya menjadi lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Bunyi yang dihasilkan oleh alat musik Kintung satu ini ternyata dapat diatur. Hal tersebut karena ada bagian yang disebut dengan “rautan atau serutan”. Semakin ke atas, pegangan dari rautan akan semakin kecil.

Kalang Kupak

Alat Musik Kalang Kupak
Alat Musik Kalang Kupak via carabermainalatmusik.com

Kalang Kupak adalah alat musik Kalimantan berikutnya yang berasal dari Suku Bukit. Alat musik tradisional tersebut juga disebut dengan Salung oleh masyarakat Suku Dayak Maanyan. Fungsi dari alat musik yang satu ini ialah untuk menghibur para petani yang sedang bekerja dan untuk mengusir para binatang.

Sama seperti beberapa jenis alat musik tradisional lainnya. Kalang Kupak terbuat dari bambu. Akan tetapi, bambu yang dipilih bukanlah bambu sembarangan. Bambu tersebut merupakan bambu tipis yang bisa menghasilkan suara yang unik.

Kalampat

Alat Musik Kalampat
Alat Musik Kalampat via wadaya.rey1024.com

Selanjutnya ada Kalampat yang menjadi salah satu alat musik asal Kalimantan Selatan. Alat musik yang terbuat dari batang batung (jenis bambu yang lebih tebal dan memiliki diameter lebih besar). Alat musik yang satu ini hampir mirip dengan Gendang, akan tetapi hanya memiliki satu kepala saja.

Kalampat akan dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul yang terbuat dari rotan. Selain itu, alat musik yang satu ini juga hanya dimainkan pada beberapa upacara adat seperti panen padi (Bawanang) dan beberapa upacara adat lainnya.

Alat Musik Kalimantan Timur

Tak mau kalah dengan beberapa daerah yang sudah disebutkan sebelumnya. Kalimantan Timur juga memiliki beberapa jenis alat musik yang hingga saat ini masih banyak digunakan terutama dalam beberapa upacara adat. Berikut adalah beberapa alat musik Kalimantan yang berada di bagian timur.

Jatung Adau

Alat Musik Jatung Adau
Alat Musik Jatung Adau via wikipedia

Yang pertama ada Jatung Adau. Alat musik yang juga dikenal dengan nama Tuwung, Tubung dan Prahil tersebut berasal dari Suku Dayak Kenyal. Jatung Adau dimainkan dengan cara dipukul pada bagian selaput atau kulitnya.

Alat musik tersebut memiliki diameter sebesar 45 cm. Sedangkan pada bagian ekornya alat musik tersebut memiliki ukuran 22 cm hingga 25 cm. Bahkan, panjangnya sendiri bisa mencapai 250 cm. Sangat panjang bukan?

Gening

Di dalam Suku Dayak, “Gening” memiliki arti “Bunyi”. Gening terdiri atas 8 buah alat musik yang dimainkan oleh beberapa orang. Bahkan, ada pula yang memainkan alat musik satu ini hingga berjumlah 12 buah. Mulanya, Gening merupakan alat musik yang terbuat dari kayu. Akan tetapi, kini banyak pula ditemukan Gening yang terbuat dari logam.

Gemer/Gimar

Alat Musik Gimar
Alat Musik Gimar via indozone.id

Gemer atau yang juga disebut dengan Gimar merupakan salah satu alat musik Kalimantan yang dimainkan dengan cara dipukul. Sama seperti Gendang, Gemer adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan dilubangi pada bagian tengahnya. Kemudian, alat musik tersebut ditutup dengan menggunakan kulit binatang sebagai tempat untuk memukul.

Untuk memainkan alat musik yang satu ini yaitu menggunakan tangan dan memakai teknik tertentu. Gemer sering digunakan untuk mengiringi suatu upacara adat tertentu.

Itulah beberapa alat musik Kalimantan yang berasal dari berbagai macam daerah. Banyaknya alat musik yang dimiliki oleh Kalimantan membuat kekayaan Indonesia menjadi lebih beragam. Nah, tugas kita sebagai generasi bangsa ialah melestarikan berbagai macam kekayaan budaya dan kesenian yang dimiliki oleh negara ini.

Leave a Reply