Bunga Mawar Kuning Dari Sabun Batang

20 Kerajinan dari Sabun Batang Beserta Gambarnya

Semakin tingginya tingkat perekonomian, maka langkah persaingan di era bisnis semakin tinggi. Hal ini nampak dari munculnya berbagai ide yang dijalankan oleh sebagian kalangan.

Mereka berlomba untuk memunculkan sebuah usaha unik, salah satunya seperti kerajinan sabun batang.

Apa itu Kerajinan?

Suatu karya seni dengan proses pembuatan yang menggunakan keterampilan dari tangan manusia disebut sebagai kerajinan. Biasanya, hasil akhir tersebut dapat berupa sebuah wujud keindahan, cantik, serta memiliki nilai jual tinggi.

Bahkan, salah satu refrensi literatur menyebutkan bahwa kerajinan merupakan suatu hal yang dihasilkan dari olahan tangan manusia atau dibuat berdasarkan keterampilan maupun kreativitas seseorang.

Kegiatan tersebut juga sering kali memanfaatkan berbagai barang bekas atau barang tidak terpakai.

Produk kreativitas tersebut berupa bentuk karya tangan. Seiring berjalannya waktu, akhir dari keterampilan ini semakin diminati oleh berbagai kalangan sebagai upaya untuk meningkatkan taraf perekonomian di Indonesia.Salah satunya seperti kerajinan dari sabun batang.

20 Contoh Kerajinan Tangan dari Sabun Batang

Bagi Anda yang hendak menuai bisnis dengan membuat karya bernilai jual hingga ratusan bahkan jutaan rupiah, tidak perlu bingung.

Manfaatkan peluang usaha dengan menggunakan sisa sabun batangan dan sulap menjadi berbagai karya unik. Berikut ini beberapa contoh kerajinan tangannya:

Bunga Mawar dari Sabun

Bunga Mawar Dari Pahatan Sabun Mandi
Bunga Mawar Dari Pahatan Sabun Mandi via etsy.com

Untuk membuat  kreasi berbentuk bunga mawar ini, Anda hanya perlu menyiapkan bahan utama, yakni sabun batangan yang merk dan warnanya bisa anda pilih sendiri entah itu sabun giv, lifebuoy, dll.

Kemudian, potong-potong bagian tepi, serta gunakan teknik ukir atau pahat. Sebagai wadahnya, manfaatkan botol bekas dan warnai menggunakan cat.

Ornamen Hiasan Lemari Kaca

Ornamen Berbentuk Burung Hantu Dari Sabun Mandi
Ornamen Berbentuk Burung Hantu Dari Sabun Mandi via aliexpress.com

Anda memiliki lemari kaca, namun terlihat tidak menarik serta sisa sabun mandi batangan terbuang begitu saja? Daripada membuangnya, anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi ornamen hiasan di lemari kaca anda.

Anda hanya perlu memarutnya menjadi serbuk tipis-tipis, kemudian haluskan serta campur menggunakan tepung maizena, beri pewarna dan bentuk sesuai karakter yang diingankan. Cara lainnya, anda bisa menggunakan cetakan atau mold yang banyak dijual di marketplace.

Diamkan beberapa saat, maka ornamen pun siap di pajang.

Kelopak Bunga

Bunga Mawar Kuning Dari Sabun Batang
Bunga Mawar Kuning Dari Sabun Batang via bambooartshop.com

Untuk membuat bentuk tanaman berupa bunga dari sabun adalah dengan memilahnya. Caranya, haluskan serta bentuk menjadi lembaran, jangan terlalu tebal atau tipis.

Lalu bentuk menyerupai kelopak, buatlah bentuk dengan berbagai ukuran, lalu rangkai hingga membentuk mawar.

Hewan Kura-Kura

Kura Kura Dari Sabun Batangan
Kura Kura Dari Sabun Batangan via youtube.com

Ingin mengawali bisnis dari sabun batang, namun tidak terlalu mahir dalam teknik memahat?

Karakter kura-kura dapat dibuat hanya dengan melakukan pemotongan di bagian sisi atas, bawah, dan samping kanan-kiri.

Buat bentuk cangkang, kepala serta kaki sebaik mungkin. Lalu, haluskan bagian permukaannya. Langkah terakhir, beri ukiran pahat untuk mempercantik hasil akhirnya.

Hewan Kupu-Kupu

Kupu Kupu Dari Sabun Batang
Kupu Kupu Dari Sabun Batang via etsy.com

Bosan dengan karakter kura-kura, Anda juga dapat melakukan pemotongan sisa sabun mandi batangan yang memliki ukuran tidak terlalu kecil.

Pangkas bagian sisi-sisinya hingga membentuk wujud kupu-kupu. Lalu, perindah permukaan sayap menggunakan ukiran secantik mungkin.

Hiasan Meja Tamu

Teddy Bear Dari Sabun Dan Cetakannya
Teddy Bear Dari Sabun Dan Cetakannya via amazon.co.uk

Apabila Anda merasa teknik ukir terlalu rumit. Maka melt and pour dapat dilakukan. Cukup lelehkan sabun mandi batangan, tambahkan pewarna tekstil dan sediakan berbagai bentuk cetakan.

Lalu, tuangkan hasil cairan ke dalam wadah tersebut, tunggu mendingin dan mengeras. Keluarkan.

Aksesori Berbentuk Mobil Mainan

Mobil Volkswagen Dari Sabun Batang
Mobil Volkswagen Dari Sabun Batang via etsy.com

Bagi yang berkeinginan membuat kerajinan sabun batang dengan bentuk mobil, maka sediakan amplas sebagai alat pendukung, serta pengukir.

Karena, untuk menghasilkan karakter ini, Anda harus melakukan penghalusan permukaan dalam proses akhir.

Mainan Karakter Kartun

Sabun Berbentuk Karakter Anime One Piece
Sabun Berbentuk Karakter Anime One Piece via etsy.com

Memiliki anak kecil di rumah tidak harus membelikannya bermacam mainan mahal. Manfaatkan sisa sabun batangan.

Caranya, buat gambar karakter yang diinginkan, lakukan melt and pour, campur dengan maizena hingga membentuk plastisin dan bentuk karakter sesuai contoh pola.

Namun, ini berbahaya untuk usia di bawah 5 tahun. karena ada resiko sabun bahannya bisa termakan.

Kue Donat dari Sabun Mandi

Kue Donat Dari Sabun Mandi
Kue Donat Dari Sabun Mandi via soapopotamus etsy

Selain karakter tanaman, benda dan hewan. Sabun batangan tidak terpakai juga bisa disulap menjadi aksesori atau bahkan souvernir berbentuk aneka jenis kue.

Dengan melakukan pencampuran berbagai warna menggoda, akan terlihat seperti sungguhan. Tentu saja, pasti akan laku jika dijual. Dan juga tentu saja, jangan dimakan.

Oreo Aneka Rasa

Oreo Dari Sabun Batangan
Oreo Dari Sabun Batangan via etsy.com

Salah satu jenis kue yang dapat dibuat dari sabun mandi adalah oreo. Tidak terlau sulit untuk menciptakannya. Anda hanya harus membentuknya menjadi dua lapis bulatan dan melakukan teknik ukir dibagian permukan.

Jangan lupa melihat contoh bentuk aslinya agar oreo dari sabun yang anda bisa lebih akurat bentuknya.

Cup Cake

Cupcake Raspberry Dari Sabun
Cupcake Raspberry Dari Sabun via loveleesoaps.com

Bukan hanya oreo yang dapat dihasilkan dalam pembuatan kerajinan dari sabun batang. Melain juga aneka cup cake dengan berbagai warna menarik.

Sangat mudah untuk membuatnya. Cukup lelehkan dan masukkkan ke dalam contong plastik, kemudian tekan secara memutar hingga memucuk

Kerajinan Berbentuk Jari Tangan

Jari Jari Tangan Dari Sabun Mandi
Jari Jari Tangan Dari Sabun Mandi via thisiswhyimbroke.com

Selain berbagai karakter hewan, tumbuhan, kue, maupun tanaman. Sabun batangan yang tidak terpakai dapat diubah menjadi sebuah kerajinan berbentuk jari tangan.

Bahkan, hasilnya lebih memukau dan mirip seperti aslinya. Tentu saja, harus dilakukan dengan cara yang sesuai serta keahlian khusus.

Seserahan Pengantin dari Sabun Batang

Kerajinan dari sabun batang tidak hanya dapat dijadikan sebagai aksesori rumahan, dengan ukuran yang relatif kecil. Namun, juga bisa dimanfaatkan untuk seserahan pengantin dalam acara lamaran dan pernikahan.

Anda hanya harus membuat banyak karakter mawar dan kemudian menatanya di dalam wadah berbentuk love.

Wadah Tissue

Kerajinan sabun batang selanjutnya adalah kerajinan yang bisa menghasilkan wadah tissue dari sabun batangan.

Caranya cukup dengan melelehkan serta memasukannya ke dalam tempat berbentuk segi empat. Lalu, lubangi bagian atasnya sebagai tempat keluar masuknya tisu.

Karakter Ikan

Sabun Berbentuk Ikan Hasil Cetakan
Sabun Berbentuk Ikan Hasil Cetakan via spoon-tamago.com

Tidak hanya kura-kura. Karakter lain yang dapat dibuat adalah ikan. Namun, untuk menciptakan hewan ini, Anda perlu memiliki skill ukir dengan baik.

Karena akan banyak sisi kikiran demi menghasilkan produk berkualitas serta bernilai jual tinggi.

Bunga Hias

Mawar Putih Dari Sabun
Mawar Putih Dari Sabun via priscillacillalie.blogspot.com

Sejak tahun 2010, kerajinan tangan dari sabun mulai dikenal masyarakat luas. Tidak diperlukan banyak bahan-bahan yang rumit untuk membuatnya. Anda hanya membutuhkan sebuah sabun batangan dan beberapa alat ukir.

Kemudian, produk tersebut dapat dijual belikan dengan harga relatif tinggi. Bunga hias seperti pada gambar diatas adalah salah satu contoh hasil dari kerajinan sabun mandi.

Souvenir Pernikahan

Saat ini, acara pernikahan sering kali digelar dengan pesta yang sederhana tetapi terkesan mewah. Salah satunya adalah berupa pemberian bingkisan.

Sabun mandi juga dapat diubah menjadi souvenir unik berupa berbagai macam bentuk karakter yang memukau.

Bros Hijab

Di tengah kemajuan fashion saat ini, wanita muslimah pun tidak kalah turut mengikuti trend. Dengan berbagai mode hijab, kini begitu banyak aksesoris seperti, pin, hingga jilbab klip mulai membeludak.

Untuk menghemat biaya, Anda dapat memanfaatkan sisa sabun menjadi sebuah bros lucu.

Hasil Printing

Kesan mewah dan bernilai mahal tidak akan sukses didapat, apabila Anda tidak membuat kerajinan ini dengan tingkat ketelitian tinggi serta skill mengukir yang baik.

Selain itu, teknik pahat juga sangat dibutuhkan demi terciptanya hasil cetak menyerupai aslinya.

Pengharum Ruangan

Bukan hanya digunakan sebagai pajangan, melainkan dapat disulap menjadi pengharum. Bentuk berbagai jenis karakter dengan ukuran medium dan kemudian tambahkan sedikit pewangi sabun.

Tempatkan di sebuah wadah transparan yang berlubang, gantung di ruangan sesuai keinginan.

Beberapa jenis kreativitas di atas, dapat Anda jadikan pertimbangan sebagai peluang bisnis maupun kebutuhan diri sendiri.

Satu lagi, jangan enggan mencoba untuk membuat kerajinan dari sabun mandi tersebut dengan berbagai bentuk kreasi dan menjualnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply