Kisah 25 Nabi Dan Rasul

Cerita Kisah 25 Nabi dan Rasul Lengkap

Kisah 25 Rasul dan Nabi sudah tersebar luas di kalangan umat Islam, bahkan di buku pelajaran Islam sekolah dasar, kisah ini sudah sering dituliskan.

Rosul dan Nabi adalah manusia-manusia terpilih yang diberi tugas istimewa untuk memberi petunjuk dan membina manusia tentang ke-esaan Allah SWT dan agar manusia melaksanakan ajaran-Nya.

Berikut adalah kisah-kisah istimewa mereka.

Kisah Nabi Adam

Mukjizat Nabi Adam adalah sebagai manusia dan khalifah pertama di bumi. Adam diciptakan dari segenggam tanah liat yang dikumpulkan dari berbagai tempat di Bumi dan dihidupkan kembali setelah 40 tahun.

Untuk menemani Adam, Allah menciptakan Hawa, wanita pertama yang diciptakan dari sepotong tulang rusuk kiri terpendek milik Adam. Dan keduanya hidup dengan damai dan bahagia di surga.

Kisah Nabi Adam
Kisah Nabi Adam

Namun suatu hari, manusia pertama ini lupa akan aturan yang diberikan dan tergoda dengan bujuk rayu Shaitaan, sehingga Adam dan Hawa diusir dari surga dan mendarat di bumi pada hari Jumat, tanpa membawa apapun bahkan kain penutup badan.

Sejak saat itu Adam dan Hawa tinggal di bumi, memiliki keturunan, dan terus berkembang hingga sekarang.

Kisah Nabi Idris

Dalam Al-Qur’an, Idris AS disebutkan sebagai Nabi tertua. Setelah kematian Nabi Adam, orang-orang mulai melupakan kata-kata dan ajaran Allah. Kemudian Allah mengirim Idris, salah satu generasi ke-6 Nabi Adam.

Lahir dan dibesarkan di Babel, misi Idris adalah membimbing orang-orang kembali ke jalurnya. Namun sangat sedikit yang mendengarkan.

Kisah Nabi Idris
Kisah Nabi Idris

Allah memberikan beberapa mukjizat kepada Nabi Idris dalam bentuk kejujuran, kecerdasan, keterampilan, dan kemampuan dalam menciptakan hal-hal yang dapat memfasilitasi kegiatan manusia, seperti astrologi, mengenali tulisan, berhitung, menjahit, dan lain sebagainya.

Kisah Nabi Nuh dalam Kisah 25 Rasul dan Nabi

Seiring berlalunya waktu, orang-orang di bumi mempraktikkan penyembahan berhala. Lalu Allah memilih Nuh untuk membimbing umatnya kembali ke jalan yang benar, tapi sangat sedikit yang mendengarkan.

Bahkan orang-orang menyuruh Nabi Nuh untuk mundur dari misinya. Namun Nabi Nuh menolak. Dan hal ini berlanjut selama lebih dari 900 tahun dalam hidupnya.

Sampai suatu hari, ia merasa sangat lelah dan sedih, kemudian berdoa kepada Allah agar orang-orang kafir dihancurkan. Allah menerima doanya dan memerintahkan Nabi Nuh membuat sebuah kapal besar dari kayu dan jauh dari laut. Setelah kapal selesai dibuat, tiba-tiba hujan lebat banjir besar datang.

Kisah Nabi Nuh
Kisah Nabi Nuh

Nabi Nuh bersama dengan orang-orang beriman dan binatang masuk ke kapal. Sedangkan orang-orang yang tidak beriman, termasuk istri Nabi Nuh dan salah seorang putranya tersapu gelombang dan meninggal bersama dengan seluruh kaum kafir.

Kisah Nabi Hud

Salah satu kisah 25 Rasul dan Nabi lainnya adalah kisah Nabi Hud. Dahulu kala, ada sebuah suku bernama ‘Ad yang hidup di bukit berangin diantara Yaman dan Oman.

Bangsa ini terkenal karena keahliannya dalam pembangunan gedung-gedung dan menara tinggi. Mereka memiliki kekuasaan dan kekayaan diantara bangsa-bangsa lainnya, dan mereka menjadi sombong karenanya.

Kisah Nabi Hud
Kisah Nabi Hud

Bangsa ‘Ad bersedia menyembah apapun, termasuk dewa-dewa dan berhala, tapi menolak untuk mempercayai dan menyembah Allah.

Allah ingin membimbing dan mendisiplinkan orang-orang ini dengan mengirim seorang lelaki mulia yang menangani tugasnya dengan penuh keteguhan hati, bernama Hud. Hud adalah orang pertama yang berbicara bahasa Arab dan merupakan Nabi Arab pertama.

Namun tak banyak yang mendengar dakwah Nabi Hud. Dan akhirnya Allah menurunkan azab dalam bentuk badai panas yang berkepanjangan yang membuat sumur dan sumber air kering, dan banyak tanaman yang mati karenanya.

Namun Nabi Hud mendapat mukjizat dalam bentuk hujan yang menyelamatkannya.

Kisah Nabi Shaleh

Sekitar 200 tahun setelah Nabi Hub, dikirimlah Shaleh ke kaum Tsamud yang merupakan keturunan kaum ‘Ad. Mereka tinggal di daerah yang dikenal sebagai Al-Hijr yang berada di antara Hijaz dan Tabuk.

Al-Hijr adalah nama kuno yang saat ini dikenal sebagai “Madain Saleh” di Arab Saudi dan merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Shaleh adalah seorang Nabi Arab yang mencoba memanggil umatnya untuk menyembah Satu Tuhan. Dia meminta orang kaya untuk berhenti menindas orang miskin, dan untuk mengakhiri semua kejahatan dan kecurangan.

Namun orang-orang tidak mempercayainya dan menantang Nabi Shaleh membuat unta betina dari batu untuk membuktikan kenabiannya.

Kisah Nabi Saleh
Kisah Nabi Saleh via blogspot.com

Nabi Shaleh berdoa dan keajaiban terjadi atas izin Allah. Allah menganugerahinya mukjizat berupa unta betina yang hamil 10 bulan yang keluar dari batu besar yang terbelah.

Sejumlah orang percaya, namun sebagian besar dari mereka tetap keras kepala. Kemudian Allah menghancurkan seluruh suku ini dengan petir dan gempa bumi dasyat.

Kisah Nabi Ibrahim

Ibrahim atau Abraham adalah orang yang dihormati sebagai guru dan ayah serta kakek bagi nabi-nabi lain. Dan Muhammad adalah salah satu keturunannya. Kisah Nabi Ibrahim adalah salah satu dari kisah 25 Rasul dan Nabi yang paling banyak diketahui.

Nabi Ibrahim dilahirkan dalam keluarga penyembah berhala, tetapi sejak kecil ia diberkahi dengan pemahaman spiritual yang kuat akan ajaran Allah.

Aazar, ayah dari Nabi Ibrahim, adalah pemahat berhala yang terkenal di antara orang-orang Babel. Sejak usia muda, Abraham mengakui bahwa mainan kayu dan batu yang dipahat ayahnya tidak layak disembah. Hingga suatu malam, Ibrahim menyelinap masuk ke tempat dimana semua berhala disimpan.

Kisah Nabi Ibrahim
Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail

Lalu dengan kapak ia memotong kepala dari semua patung kecuali yang terbesar. Orang-orang penyembah berhala sangat murka dan membakar Nabi Ibrahim hidup-hidup. Tapi Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Ibrahim berupa api yang tidak bisa membakar kulitnya.

Kisah Nabi Ismail

Nabi Ismail adalah sosok yang dikenal dalam agama Yahudi, Kristen, dan Islam sebagai putra Ibrahim dan Siti Hajar.

Mukjizat Nabi Ismail berasal dari selamatnya ia ketika ayahnya (Nabi Ibrahim AS) akan mengorbankannya sebagai pengorbanan atas perintah Allah SWT. Dan ketika hendak disembelih, Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba.

Kemudian ia pergi ke Mekah bersama orang tuanya, namun ia ditinggalkan di sana bersama ibunya. Ibrahim mengunjungi Ismail beberapa kali di Mekah, dan pada saat-saat itu, Allah memerintahkan Ibrahim dan Ismail untuk membangun Ka’bah (Rumah Suci).

Ismail meninggal di Mekah dan dimakamkan di sana, dan ia dikenal sebagai bapak leluhur orang-orang Arab.

Kisah Nabi Luth

Kisah 25 Rasul dan Nabi lainnya datang dari Nabi Luth AS, beliau adalah keponakan Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim meninggalkan Mesir dan pergi ke Kota Sodom (Sadum), yaitu kota yang penuh dengan kejahatan.

Penduduknya memiliki perilaku seks menyimpang, merampok, dan membunuh, dan ini dilakukan secara terbuka dan tanpa malu-malu.

Pada puncak kejahatan dan dosa-dosa inilah Allah mengutus Nabi Luth untuk menyadarkan mereka. Namun Nabi Luth menerima perlakuan buruk dari umatnya, bahkan diancam akan diusir ke luar kota.

Nabi Luth terus menerus mendapatkan siksaan dan ia sangat menderita. Hal ini berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan reputasi buruk penduduk Sodom telah menyebar ke seluruh negeri.

Dipenuhi dengan keputusasaan, Nabi Luth berdoa kepada Allah untuk memberinya kemenangan dan menghancurkan yang korup.

Kehancuran Sodom Dan Gamurah Dalam Kisah Nabi Luth
Ilustrasi Kehancuran Sodom Dan Gamurah Dalam Kisah Nabi Luth via wikipedia

Dan karenanya Allah menurunkan hukuman bagi orang-orang laknat ini dalam bentuk gempa bumi yang hebat disertai dengan hujan batu dan angin kencang yang pada akhirnya menghancurkan populasi di kota Sodam.

Kisah Nabi Ishaq

Ishaq juga menjadi salah satu dari kisah 25 Rasul dan Nabi. Nabi Ishaq adalah putra kedua dari Nabi Ibrahim dan Sarah yang selalu menemani dakwah sang ayah.

Bahkan setelah ayahnya meninggal ia tak pernah berhenti menyebarkan pesan Allah. Ketika berumur 40 tahun, Ishaq menikahi Ribka Bint Bethuel dan memiliki anak laki-laki kembar bernama Esau / Al-Eis / Isa dan Yakub.

Seiring bertambahnya usia, Nabi Ishaq jatuh sakit dan menjadi buta. Dan beliau meninggal ketika berusia 180 tahun.

Kisah Nabi Ishaq
Kisah Nabi Ishaq via youtube.com

Kemudian putra-putranya menguburkannya di dekat makan sang kakek, yakni Ibrahim Al Khalil, di sebuah gua di Perbukitan Hebron, yang saat ini dikenal sebagai Masjid Al-Haram Al-Ibrahimi dan dianggap sebagai salah satu situs paling religius dalam Islam.

Kisah Nabi Yakub

Nabi Yakub adalah bapa bangsa Ibrani yang merupakan cucu dari Nabi Ibraham, putra Nabi Ishak dan Ribka, dan leluhur bangsa Israel.

Nabi Yakub adalah salah satu dari garis patriarki nabi yang dikirim oleh Allah untuk mengajar umat-Nya untuk menyembah satu Tuhan dan untuk menjalani kehidupan yang benar.

Nabi Yakub dikenang karena karakternya yang kuat, ketundukannya pada kehendak Allah dan imannya yang teguh dan tak tergoyahkan.

Kisah Nabi Yakub
Kisah Nabi Yakub via dongengceritarakyat.com

Dari kisah Yakub dalam Al-Quran ada pelajaran besar yang bisa dipelajari, yaitu ketika Nabi Yakub sudah mendekati ajal dalam keadaan terbaring lemah diĀ  ranjangnya.

Beliau masih sempat berpesan kepada keturunannya untuk tidak melupakan esensi ibadah, untuk menyembah Allah, dan mematuhi ajaran Islam dan nabi-nabi sebelumnya.

Kisah Nabi Yusuf

Kisah 25 Rasul dan Nabi yang paling tekenal adalah kisah Nabi Yusuf. Nabi Yusuf adalah putra Nabi Yakub. Yusuf adalah hamba Allah yang paling tampan.

Bahkan di dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa ketampanannya adalah setengah dari semua keindahan di alam semesta. Ia memiliki tinggi sempurna, tubuh proporsional, dan paling indah dari semua manusia.

Kisah Yusuf dimulai dengan kabar gembira kenabiannya, yang kemudian berkembang menjadi serangkaian cobaan dan kesengsaraan yang tragis.

Kisah Nabi Yusuf
Kisah Nabi Yusuf via kuliahislam.com

Kisah Nabi Yusuf menceritakan tentang kesulitan, kegembiraan, dan kesedihan. Ia dibenci, diteror, ditipu, dan diancam, namun ia menaklukkannya dengan kesabaran, keberanian, kejujuran, dan mengandalkan Allah. Dan akhirnya berakhir dengan keberhasilan dan kemuliaan di mana Yusuf menjadi penguasa di Mesir.

Kisah Nabi Ayyub

Ayyub adalah seorang lelaki kaya yang tinggal di negeri Uz dengan keluarga besarnya dan kawanan domba yang banyak. Namun ia selalu berbuat baik dan tak pernah sombong.

Dia mencintai Tuhan, sangat sabar, dan pemaaf. Dan hal ini membuat setan sangat cemburu. Setan selalu berusaha menggoda Ayyub namun selalu gagal.

Setan mengeluh kepada Allah dengan mengatakan bahwa Ayyub setia hanya karena Allah telah memberinya kekayaan dan harta benda.

Allah mengijinkan setan dan para pembantunya untuk menghancurkan harta milik Ayyub, tetapi Ayyub tetap setia pada Allah.

Setan semakin marah dan meminta kepada Allah untuk meruntuhkan rumah Ayyub dan menewaskan semua anak-anaknya. Tapi Ayyub tetap sabar.

Kisah Nabi Ayyub
Kisah Nabi Ayyub via islami.co

Kemarahan setan yang diam namun membara semakin besar. Dia kembali meminta kepada Allah untuk membuat Ayyub sakit. Lalu Ayub diserang penyakit kulit parah selama bertahun-tahun.

Tapi Ayub tetap sabar dan berpasrah diri, dan akhirnya Allah memulihkan kesehatan Ayub. Kisah Ayub adalah pengingat bagi semua orang untuk tetap sabar dan beribadah, bahkan dalam kondisi paling buruk sekalipun.

Kisah Nabi Syu’aib

Kisah 25 Rasul dan Nabi selanjutnya adalah kisah Nabi Syu’aib. Allah mengirim Nabi Shu’aib dengan dipersenjatai banyak keajaiban ke sebuah negara bernama Ma’an.

Ma’an adalah sebuah negara yang berisi orang-orang Madyan yang tamak yang tidak percaya bahwa Allah ada. Bangsa Madyan terus melakukan kejahatan dan penipuan dalam kehidupan sehari-hari.

Nabi Shuaib berusaha membimbing orang-orang kembali ke jalannya. Namun, dia terus diejek dan dianggap bodoh. Bahkan, bangsa Madyan berpikir bahwa Nabi Shuaib melakukan hal itu karena dia ingin menjadi kaya.

Kisah Nabi Syuaib
Kisah Nabi Syuaib via wattpad.com

Hingga suatu hari Allah menghukum bangsa ini dengan menurunkan badai panas besar yang mengguncang tanah dan membunuh semua orang kecuali Nabi Shuaib dan pengikutnya.

Kisah Nabi Musa

Salah satu kisah 25 rasul dan nabi yang paling banyak diingat adalah kisah Nabi Musa. Musa adalah seorang nabi, utusan, pemberi hukum, dan pemimpin dalam Islam.

Dia memimpin orang Israel keluar dari perbudakan di Mesir, berkomunikasi dengan Tuhan, dan kitab suci yang diwahyukan kepada-Nya adalah Taurat.

Nabi Musa Membelah Laut Merah Dalam Kisah Nabi Musa
Nabi Musa Membelah Laut Merah Dalam Kisah Nabi Musa via ifilmtv.com

Kisahnya yang paling dikenal adalah mukjizat berupa tongkat yang bisa membelah lautan. Keajaiban ini terjadi ketika Musa dan orang-orang Bani Israel mencapai Laut Merah saat dikejar oleh tentara Fir’aun.

Togkatnya membelah laut dan orang-orang menyeberang dengan aman. Namun ketika Fir’aun dan tentaranya menyeberang, air tiba-tiba tertutup menenggelamkan mereka.

Kisah Nabi Harun

Ketika Allah memerintahkan Nabi Musa untuk menyampaikan pesan-Nya kepada Firaun, Musa meminta kepada Allah agar saudaranya Harun bisa menemaninya.

Dan harapan Musa dikabulkan. Setelah Allah menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari Firaun dan tentaranya, Musa meninggalkan umatnya untuk beberapa waktu dalam bimbingan Harun.

Nabi Harun Dan Nabi Musa Bersama Bangsa Israel Menyeberang Laut Merah Dalam Kisah Nabi Harun
Nabi Harun Dan Nabi Musa Bersama Bangsa Israel Menyeberang Laut Merah Dalam Kisah Nabi Harun via blogspot.com

Namun, orang-orang kafir mengambil keuntungan dari ketidakhadiran Musa. Di bawah kepemimpinan seorang munafik bernama Samiri, mereka membuat berhala dalam bentuk anak sapi dan mulai menyembahnya.

Nabi Harun wafat tidak lama setelah Nabi Musa. Ia dimakamkan di atas Gunung Hor, dekat dengan lembah Petra.

Kisah Nabi Zulkifli

Dhu’l-kifl (Yehezkiel) atau Zul-Kifl adalah seorang nabi yang tinggal di Irak. Dhu’l-kifl sendiri memiliki arti pemilik, atau memberi, tuntutan atau porsi ganda.

Zulkifli adalah nabi yang kurang dikenal dan kisahnya sedikit misteri. Selama mengajarkan Islam, ia sering mendapat siksaan, bahkan pernah dirantai dan dipenjara.

Tapi ia menanggung semua kesulitan dengan kesabaran dan terus menegur dosa jahat Bani Israel. Segera setelah Allah memilihnya sebagai Nabi-Nya, dia memerintahkan orang Israel untuk berperang suci melawan mereka yang membuat kerusakan di bumi dan menentang agama Allah. Namun orang Israel menolak karena mereka takut mati.

Kisah Nabi Zulkifli
Kisah Nabi Zulkifli via biography.com

Sebagai pembalasan atas ketidaktaatan sepenuhnya dari perintah Allah dan Nabi-Nya, Allah menurunkan malapetaka berupa wabah penyakit mengerikan yang membuat mereka meninggal dengan menyedihkan.

Tidak ada yang tetap hidup untuk menguburkan. Mayat-mayat pun itu membusuk di bawah terik matahari.

Kisah Nabi Daud

Sebagai salah satu dari kisah 25 rasul dan nabi, kisah Nabi Daud disebutkan dalam ayat-ayat dari Surat An-Nisa, Al-An’am, dan Al-Anbiya. Daud adalah keturunan dari Yehuda, salah satu dari 12 putra Ya’qub yang dikenal sebagai Israel.

Nabi Daud adalah salah satu dari banyak Nabi yang dikirim ke Suku Israel setelah Nabi Musa untuk menjaga agar ajarannya tetap hidup, berkat, dan damai sejahtera.

Daud adalah seorang utusan dan juga seorang Nabi, karena ia diberi wahyu untuk melengkapi Taurat Nabi Musa yang disebut Zabur, dan yang juga dikenal oleh orang Yahudi dan Kristen sebagai Mazmur.

Nabi Daud Melawan Raja Jalut Dalam Kisah Nabi Daud
Nabi Daud Melawan Raja Jalut Dalam Kisah Nabi Daud via islamforchristians.com

Selain diberi kemampuan untuk menghubungkan 12 suku Israel bersama-sama, Sayyedina Da’wud juga diberi pengetahuan tentang cara membuat surat berantai.

Kisah Nabi Sulaiman

Salomo atau Sulaiman adalah putra paling muda dari Nabi Daud. Ia dilahirkan di Yerusalem. Nama ibunya adalah Saba. Setelah wafatnya Nabi Daud, dia naik takhta dan menjadi pewaris Nabi Daud.

Ilmu pengetahuan dan pemahamannya yang tinggi membuat Nabi Sulaiman menjadi Nabi Raja Besar. Ia diberi mukjizat dapat berbicara dengan binatang dan memerintah jin.

Kisah Nabi Sulaiman
Kisah Nabi Sulaiman via scroll.in

Dia adalah raja ketiga dari orang-orang Yahudi dan dianggap sebagai penguasa dunia terbesar. Nabi Sulaiman juga diberkahi dengan kualitas memberikan keputusan yang baik dalam kasus-kasus rumit. Nabi Sulaiman memerintah selama 30 tahun dan meninggal pada usia 89 tahun.

Kisah Nabi Ilyas

Ilias (Elias atau Elia), juga dieja Ilyas, tinggal di kerajaan utara Israel dan membela Allah sebagai agama yang benar. Setelah kematian Nabi Sulaiman, kerajaan menjadi terpecah belah.

Kemudian Allah mengirim Nabi Ilyas untuk mereformasi umat manusia pada masa pemerintahan raja Ahab dari Israel.

Ilyas meninggalkan kota tempat dia tinggal karena penindasan raja Baalbek. Dan melakukan perjalanan dari desa ke desa untuk mengajar Taurat secara diam-diam.

Selama perjalanannya, Ilyas pergi ke sebuah desa dan tinggal di rumah seorang wanita tua dari Bani Israel. Dia mencoba untuk menyelamatkan orang-orang dari politeisme dan melarang mereka untuk menyembah Bal Tyrian.

Dia menyarankan orang-orang untuk berhenti melakukan kejahatan dan menyembah Satu Tuhan. Ketika upayanya tidak membuahkan hasil, dia tiba-tiba muncul di hadapan raja dan memberi peringatan kepadanya bahwa angin kencang dan kelaparan akan datang ke kerajaannya, bahkan Bal Tyrian tidak akan berdaya untuk menghindarinya.

Namun orang-orang tidak memperdulikan. Ramalan Nabi Ilyas ternyata benar, seluruh kerajaan hancur dalam badai angin dan orang-orang mengalami kelaparan.

Setelah 3 tahun, Nabi Ilyas memohon belas kasihan kepada Allah untuk orang-orang yang dilanda kelaparan. Mereka mengakui otoritas Allah dan merasa menyesal.

Nabi Al-Yasa atau Ilyasa

Setelah nabi Ilyas, kisah 25 Rasul dan Nabi selanjutnya adalah Nabi Al-Yasa atau Ilyasa. Al-Yasa adalah salah satu dari Nabi Bani Israel yang merupakan keturunan Yoosuf ibn Ya’qoob ibn Is-haaq ibn Ibraaheem Al-Khaleel.

Disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa dia tumbuh di bawah asuhan Ilyas, dan dia bersembunyi bersamanya di Jabal Qasiyoon.

Ketika Ilyas diangkat ke surga, ia meninggalkan Al-Yasa sebagai penggantinya di antara umatnya, dan Allah mengangkatnya sebagai seorang Nabi.

Kisah Nabi Ilyasa
Kisah Nabi Ilyasa

Tidak banyak yang diketahui tentang hidupnya, tetapi namanya disebutkan 2 kali dalam Al-Qur’an, yaitu dalam Surat Al-An’am dan Surat Sad.

Kisah Nabi Yunus

Penduduk kota Niniwe adalah penyembah berhala yang hidup tanpa malu.

Nabi Yunus diutus untuk mengajar mereka menyembah Allah dan memperingatkan orang-orang bahwa jika mereka terus dengan kebodohan mereka, hukuman Allah akan segera menyusul.

Namun mereka mengatakan kepada Yunus bahwa mereka tidak takut akan ancamannya.

Nabis Yunus Keluar Dari Perut Ikan Dalam Kisah Nabi Yunus
Nabis Yunus Keluar Dari Perut Ikan Dalam Kisah Nabi Yunus via wordpress.com

Suatu hari tiba-tiba langit berubah warna dan tampak seperti terbakar, dan badai besar pun datang. Nabi Yunus dan pengikutnya menyelamatkan diri dengan naik kapal.

Tapi tiba-tiba ombak besar datang dan kapal seakan terbelah. Sementara di belakang kapal ada ikan paus besar, Nabi Yunus dikorbankan dan ia ditelan ikan. Namun mukjizat Allah datang, Nabi yunus masih tetap hidup di dalam perut ikan.

Kisah Nabi Zakaria Nabi dan Utusan Bani Israel.

Al-Qur’an tidak memberikan penjelasan tentang masa kanak-kanak atau masa muda Nabi Zakariya. Oleh karena itu, kisah Zakariya AS dalam kisah 25 Rasul dan Nabi dimulai pada akhir masa dewasa, ketika ia berusia lanjut.

Menjadi Nabi dan Utusan Bani Israel, Zakaria AS adalah keturunan langsung dari Daud AS dan Sulaiman AS dan kegiatannya dipusatkan di Bait-al Maqdis, tempat kuil Sulaiman AS pernah berdiri.

Kisah Nabi Zakaria Dan Nabi Yahya
Kisah Nabi Zakaria Dan Nabi Yahya via youtube.com

Zakariya AS adalah tukang kayu yang menjalani kehidupan sederhana dan memiliki kemampuan finansial yang terbatas. Namun Zakariya AS senantiasa bersyukur kepada Allah, dan sangat rendah hati dalam perilakunya.

Mirip dengan leluhurnya, Ibrahim AS, ia dan istrinya sudah mencapai usia tua dan tanpa anak. Namun Allah mengabulkan doanya dan memberikan Yahya sebagai penerusnya.

Kisah Nabi Yahya

Yahya bin Zakaria adalah seorang Nabi yang berpegang teguh pada Kitab Suci dan tumbuh menjadi pria yang saleh dan mulia, dan berjalan di Hadirat Allah.

Dia berbakti kepada orang tuanya dan tidak sombong atau memberontak. Yahya disebut sebagai orang yang benar, terhormat, dan suci.

Dia datang untuk mengkonfirmasi Firman Allah. Misi Nabi Yahya adalah untuk mengingatkan Bani Israel bahwa mereka telah menandatangani perjanjian dengan Allah.

Dia mengucapkan kata-kata yang sama dengan semua Nabi Allah sebelumnya, “menyembah Satu Tuhan dengan penuh kepatuhan “.

Kisah Nabi Isa

Kisah 25 Rasul dan Nabi yang unik datang dari Nabi Isa. Karena kisahnya tak hanya ada dalam Islam, tapi juga dalam agama Kristen. Isa adalah seorang nabi Allah yang lahir dari seorang wanita perawan bernama Maryam.

Allah memberikan beberapa mukjizat kepada Nabi Isa, termasuk memberikan penglihatan kepada orang buta, menyembuhkan kusta, membangkitkan orang mati, dan menghidupkan burung-burung yang terbuat dari tanah.

Kisah Nabi Isa
Kisah Nabi Isa via shafaqna.com

Kisah kelahiran Isa seperti yang diceritakan dalam Al-Quran juga merupakan kisah mukjizat pertamanya, ia sudah bisa berbicara saat masih bayi dan menyatakan dirinya sebagai Nabi Allah.

Nabi Isa dianggap sebagai pembawa kebenaran di dalam Al-Quran yang mengajarkan jalan yang lurus. Dia adalah utusan dan nabi terakhir sebelum Nabi Muhammad SAW, serta utusan terakhir Bani Israel.

Kisah Nabi Muhammad

Muhammad adalah kisah terakhir dari kisah 25 Rasul dan Nabi. Muhammad dilahirkan sekitar tahun 570 Masehi di Mekah (Arab Saudi) sebagai anak yatim karena ayahnya, Abdullah, meninggal beberapa bulan sebelum kelahirannya.

Muhammad adalah ayah dari kerajaan Islam, dipanggil menjadi nabi pada usia 40 pada tahun 610 M.

Kisah Nabi Muhammad
Kisah Nabi Muhammad via biography.com

Melakukan khotbah terakhir di Gunung Arafat, Nabi Muhammad jatuh sakit selama beberapa hari setelah kembali ke Madinah dan meninggal pada tanggal 8 Juni 632 M pada usia 62, dan dimakamkan di Masjid Nabawi (Masjid Nabi) Madinah.

Perjuangan dan kisah 25 Rasul dan Nabi dalam menyebarkan pesan Allah digambarkan secara rinci dalam Al-Qur’an. Kesulitan yang mereka hadapi, solusi yang mereka bawa dari Allah, dan perilaku teladan, semuanya jelas diuraikan dalam Kitab Suci Umat Islam.

Leave a Reply