Kisah Nabi Yusuf

8 Hikmah Yang Terkandung Dalam Kisah Nabi Yusuf

Kisah Nabi Yusuf merupakan salah satu kisah sejarah yang diceritakan secara turun temurun untuk mengajarkan kebaikan. Hal tersebut dilakukan agar para generasi muda bisa meniru suri tauladan yang baik.

Seperti yang diketahui bahwa Nabi memiliki berbagai perilaku atau suri tauladan yang bisa Anda jadikan sebagai pedoman hidup dan patut di contoh.

Agar pembelajaran akan hal tersebut semakin dikuasai dengan baik, maka disampaikan dalam bentuk cerita. Melalui cerita, nasehat bisa dicerna dan disampaikan dengan baik.

Dengan begitu maka semakin banyak masyarakat yang mengerti dan paham dengan baik tentang perilaku yang dianjurkan.

Berikut hikmah yang bisa diambil dari kisah Nabi Yusuf

Ilustrasi Kisah Nabi Yusuf Dan Zulaikha
Ilustrasi Kisah Nabi Yusuf Dan Zulaikha

Dari kisah Nabi Yusuf banyak hikmah yang bisa diambil. Beberapa hikmat tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan renungan dan pelajaran hidup. Hal tersebut bisa menjadi manfaat bagi umat manusia agar bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.

Jika mengetahui manfaatnya dengan baik, Anda bisa menyebarkan cerita tersebut dengan lebih maksimal. Berikut ulasannya.

Cerita Kisah 25 Nabi dan Rasul Lengkap

1. Sebagai pribadi yang baik, Anda tidak perlu menceritakan tentang kebaikan yang dimiliki. Hal tersebut bisa membuat iri orang lain, karena kebanyakan orang hanya berfokus pada milik orang lain tanpa melihat apa yang sudah mereka miliki.

2. Meskipun menjadi Nabi tertampan, namun Nabi Yusuf tetap memiliki hati yang baik dan tidak sombong.

3. Orang-orang jahat bisa saja menggunakan jubah penasehat untuk bisa mempengaruhi orang lain. Untuk itu sebaiknya Anda perlu berhati-hati dengan ajaran yang diterima.

4. Janganlah Anda menceritakan sesuatu yang menjadi kekhawatiran, karena hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk dijadikan senjata agar bisa menyerang Anda. Sebaiknya simpanlah kekhawatiran dalam hati dan cobalah untuk mencari solusinya sendiri.

5. Dari kisah Nabi Yusuf Anda bisa memaknai bahwa keburukan atau kebaikan bukanlah berasal dari benda, namun dari bagaimana orang menggunakannya.

6. Bahaya atau serangan bisa saja datang dari arah yang tidak pernah disangka. Nabi Yusuf bisa selamat dari serangan serigala, namun tidak selamat ketika diserang oleh saudaranya sendiri. Untuk itu Anda harus lebih waspada dan bisa mengantisipasi berbagai hal yang buruk.

7. Kisah Nabi Yusuf mengajarkan bahwa buku dan sekolah merupakan sarana agar Anda bisa mendapatkan ilmu. Namun guru yang sebenarnya adalah Allah. Ketika Anda yakin dan berupaya untuk mendekatkan diri kepada Allah, maka ilmu tersebut akan datang dengan sendirinya. Untuk itu agar bisa memperdalam ilmu Anda perlu terus mendekatkan diri kepada Allah. Dengan begitu Anda bisa belajar banyak hal yang akan mengubah hidup.

8. Semua kejahatan lama kelamaan akan ketahuan karena tidak ada kejahatan yang sempurna. Kesalahan kecil seringkali membongkar niat jahat tersebut. Seperti kisah saudara Nabi Yusuf yang lupa merobek pakaian Nabi ketika mengatakan Nabi diserang oleh serigala.

Itulah beberapa hikmat dari kisah Nabi Yusuf yang bisa Anda jadikan pedoman hidup. Dengan memaknai kisah Nabi, Anda bisa mendapatkan manfaat yang besar.

Pola pikir dan perilaku Anda bisa semakin baik. Pemahaman tersebut juga bisa memperdalam ilmu agama dan juga membuat Anda bahwa bersikap baik merupakan anjuran yang harus dilakukan dalam agama.

Semakin banyak orang yang menjadikan hal tersebut sebagai pedoman, maka kehidupan juga bisa dijalani dengan lebih baik. Hal tersebut bisa membentuk kepribadian masyarakat semakin terarah dan memiliki tingkatan iman yang bagus.

Kehidupan antara masyarakat juga bisa terjalin dengan baik sehingga bisa tercipta suasana yang aman dan tertib.

Leave a Reply