Fakta Anak Pertama

 Unik dan Penyayang, Inilah 10 Fakta Anak Pertama yang Perlu Anda Tahu

Setiap anak yang terlahir di dunia ini memiliki kepribadian dan karakter masing-masing yang tentunya berbeda. Karakter dan kepribadian inilah yang menggambarkan sifat seseorang tersebut seperti apa dalam menjalani kehidupan.

Seperti halnya anak pertama, menjadi anak pertama tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan anak kedua, ketiga dan seterusnya. Sebab, anak pertama tidak memiliki kakak dan justru dialah yang menjadi kakak.

Hal inilah yang menjadikan fakta anak pertama cuku unik dan menarik untuk diperbincangkan. Anak pertama memiliki kelebihan tersendiri yang bahkan tidak dimiliki oleh adik-adiknya. Baik dari sifat, perangai, sikap dan masih banyak lainnya berbeda.

Nah, untuk Anda anak pertama, ada nih beberapa fakta anak pertama yang harus Anda tahu. Mau tahu apa saja faktanya, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:

Sangat Sayang dengan Adik-Adiknya

Fakta Anak Pertama
Fakta Anak Pertama

Menjadi seorang kakak bahkan kakak tertua menjadikan anak pertama ini sangat sayang dengan adik-adiknya. Meskipun demikian, anak pertama juga sering memiliki sifat egois yang mana suka menyuruh.

Namun, di balik semua itu, tetap saja kasih sayang yang diberikan untuk adik-adiknya sangatlah besar. mungkin Ada akan jarang melihat anak pertama mengungkapkan secara langsung kasih sayangnya dengan menggunakan kata-kata.

Justru anak pertama cenderung lebih suka memarahi. Namun, percayalah, di balik semua itu anak pertama ini sangat peduli dan tidak ingin melihat adiknya menderita. Sebab, ia sangat sayang dengan adiknya, bahkan kadang lebih sayang dengan adiknya dibandingkan dengan pacarnya.

Menjadi Pemimpin yang Alami

Saat dewasa, anak pertama juga akan tumbuh menjadi seorang pemimpin secara alami. Mungkin hal ini terjadi karena tanpa sadar anak pertama memang dididik untuk menjadi seorang pemimpin, terutama pemimpin bagi adik-adiknya.

Saat dewasa dan ketika si anak pertama ini berada dalam sebuah komunitas atau organisasi, ia akan cenderung lebih menonjol dibandingkan dengan temannya yang lain. Sebab, jiwa kepemimpinan memang secara otomatis melekat pada dirinya.

Bahkan, anak pertama juga memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemimpin yang hebat. Karena itu peran orang tua dalam mendidik anak pertama ini sangat berpengaruh. Tidak heran jika anak pertama cenderung lebih mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Dilahirkan Untuk Terus Belajar

Fakta Anak Pertama
Fakta Anak Pertama via ilslearningcorner.com

Secara tidak langsung, anak pertama memiliki pengalaman serta pengetahuan yang lebih banyak dibandingkan dengan adik-adiknya. Hal ini karena anak pertama dilahirkan lebih dahulu. Bahkan, ia juga sudah banyak menghadapi banyak tantangan, cobaan dan bahkan sudah terlebih dahulu berjalan di atas kerikil yang tajam.

Karena hal inilah anak pertama selalu belajar dari pengalaman hidupnya sendiri maupun orang lain. kemudian, ia akan mengajarkan pengalaman yang dimiliki kepada adiknya agar adiknya tidak mengalami hal yang sama.

Karena hal ini juga di dalam keluarga, anak pertama cenderung terlihat lebih pintar dibandingkan dengan adik-adiknya. Sebab, anak pertama memang dilahirkan untuk belajar, meskipun dengan cara otodidak.

Sifatnya Sangat Baik

Fakta anak pertama selanjutnya adalah ia memiliki sifat yang baik. Sangat jarang ditemukan ada anak pertama yang nakal/ bahkan, kebanyakan anak pertama jauh lebih sopan dibandingkan dengan anak kedua atau ketiga.

Mengapa? Sebab anak pertama jauh lebih banyak melakukan interaksi dengan orang tuanya. Bahkan, karena ia adalah anak pertama ia pernah mendapatkan kasih sayang yang sangat banyak dan besar dari orang tuanya sebelum adik-adiknya lahir.

Hal ini juga yang menjadikan anak pertama jauh lebih bertanggung jawab dibandingkan dengan adik-adiknya. Dari sinilah saat dewasa anak pertama akan tumbuh menjadi orang yang lebih bijaksana.

Bertanggung Jawab Namun Mudah Stres

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa anak pertama memang ditakdirkan untuk menjadi orang yang bertanggung jawab. Bahkan, ia tidak hanya pandai bertanggung jawab atas dirinya sendiri, namun juga untuk orang lain.

Karena sifat tanggung jawab yang dimiliki oleh anak pertama ini kerap membuat anak pertama selalu ingin melakukan hal yang sempurna dalam menjalankan tugasnya. Hanya saja, anak pertama juga rentan terkena stres lho.

Karena itu, meskipun sudah memiliki adik, jangan pernah biarkan anak pertama selalu mengalah. Coba beri dia dukungan dan ajak diskusi. Dengan begitu, anak pertama tetap merasa disayangi kembali seperti sebelum adiknya lahir.

Diam Saat Ngambek

Anak Yang Ngambek
Anak Yang Ngambek via istockphoto

Fakta anak pertama selanjutnya adalah si anak pertama ini juga akan cenderung diam saat ngambek ataupun marah. Apalagi jika si anak pertama ini adalah anak perempuan. Memilih diam dianggap sebagai salah satu cara untuk menenangkan dirinya sendiri.

Namun, meskipun saat ngambek akan pertama akan diam, namun ngambeknya tidak akan lama kok. Sebab, di dalam hati anak pertama masih tersimpan kasih sayang sangat besar.

Keras Kepala dan Egois Namun Tetap Saja Care

Di balik banyak sifat baiknya, anak pertama juga ternyata egois dan keras kepala lho. Hal ini karena si anak pertama pernah mendapatkan kasih sayang yang sangat besar dari orang tua maupun keluarga.

Sebab, dia adalah anak yang paling ditunggu-tunggu dan dinantikan kelahirannya. Meskipun egois dan keras kepala, namun sifat ini akan mulai hilang saat si anak pertama mulai beranjak dewasa.

Bahkan, dia akan memiliki sifat yang sangat peduli dengan orang-orang yang disayangi. Rasa egois yang tadinya besar mulai berubah menjadi rasa untuk memahami. Bahkan, anak pertama juga mas memiliki prinsip dan pendirian lho.

Penyayang

Bagi anak pertama, keluarga adalah segala-galanya. Orang tua dan adik-adiknya menjadi orang yang sangat dicintai. Dalam mengambil setiap langkah, anak pertama akan selalu memikirkan keluarganya terlebih dahulu.

Bahkan ia juga harus menjadi panutan bagi adik adiknya serta memberikan contoh yang baik. Hal inilah yang menjadikan anak pertama memiliki sifat yang sangat penyayang dan penuh dengan kasih sayang.

Rajin dan Suka Menolong

Karena tanggung jawab yang dimiliki oleh anak pertama ini sangat besar, hal inilah yang menjadikan anak pertama menjadi rajin dan suka menolong. Bahkan, hal ini juga berlaku di masyarakat.

Kebiasaannya yang suka bertanggung jawab dan dewasa membuat ia tumbuh menjadi seseorang yang peduli terhadap sesama. Ketika melihat ada orang lain yang kesusahan, anak pertama cenderung akan menolong tanpa berfikir panjang.

Bijaksana

Fakta menarik lainnya mengenai anak pertama adalah ia juga sangat bijaksana lho. Ia memiliki sifat yang dewasa dan memikirkan masa depan membuat dia menjadi seseorang yang bijaksana.

Tidak heran banyak adiknya yang kadang meminta solusi dari anak pertama. Adapun sifat bijaksana ini juga muncul karena kebiasaan anak pertama yang suka menolong. Ia memiliki pola pikir yang sederhana namun tetap berarti.

Tidak jarang jika anak pertama ini cenderung menjadi penengah dalam menghadapi masalah. Karena ini anak pertama selalu bisa diandalkan dalam keadaan apapun.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi fakta anak pertama yang bisa Anda tahu. Yang pastinya anak pertama ini sangat cocok dijadikan sebagai teman untuk curhat lho. Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat ya.

Leave a Reply