Atap Rumah Dari Ban Karet Bekas

11 Gambar Kerajinan Dari Ban Bekas Yang Unik dan Menarik

Ban kini menjadi salah satu benda yang sangat dibutuhkan oleh kendaraan. Ban in dijadikan sebagai roda dimana para kendaraan bisa bergerak. Nah, saat sudah tipis, biasanya limbah ban ini akan dibuang.

Nama limbah ban ini disebut dengan ban bekas. Ketika bahan karet dibuang, maka ia akan sulit untuk terurai. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan menjadi kerajinan dari ban karet yang bahkan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Jadi, ban bekas yang sebelumnya tidak ada harganya bisa disulap menjadi benda dengan harga yang mahal dan cantik. Nah, kali ini akan dibahas kerajinan dari karet ban yang bisa Anda tahu. Siapa tahu hal ini menginspirasi Anda dan bahkan Anda juga bisa mencobanya di rumah.

Sudah penasaran kerajinan apa saja yang bisa dibuat dari ban bekas? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:

Air Mancur Hiasan di Taman

Air Mancur 7 Tingkat Dari Ban Mobil Bekas
Air Mancur 7 Tingkat Dari Ban Mobil Bekas via appliancesconnection.com

Memiliki taman yang cantik dengan adanya air muncul tidak melulu Anda harus mengeluarkan banyak uang. Bahkan, Anda bisa memiliki taman dengan air mancur yang indah dengan memanfaatkan ban bekas yang sudah tidak terpakai.

Di sini, Anda bisa mengkreasikan ide Anda untuk membuat air mancur yang dikombinasikan dengan batu alam dan semen. Bahkan, air mancur ini juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan air mancur permanen lho.

Pasalnya, ia akan jauh lebih mudah dipindah-pindahkan. Bahkan, bahan ini juga tidak berat, apalagi dengan nilai estetika karena dibuat dengan menggunakan tangan sendiri memunculkan kepuasan tersendiri ketika memandang air mancur ini.

Kerajinan Dari Ban Bekas : Kursi

Kerajinan Dari Ban Bekas : Kursi Dari Ban Mobil Bekas
Kursi Dari Ban Mobil Bekas via familyhandyman.com

Anda memiliki taman yang cukup luas namun tidak ada kursinya. Berikan sentuhan kerajinan di taman Anda dengan membuat kursi taman dengan menggunakan bahan ban bekas. Kerajinan dari karet ban ini ternyata bisa menghasilkan kursi taman yang cantik dan cocok untuk bercengkrama bersama dengan keluarga lho.

Jenis ban yang digunakan juga beraneka ragam, mulai dari ban mobil, ban sepeda, ataupun ban sepeda motor juga bisa. Buatlah kursi ini dengan kreativitas yang tinggi sehingga bentuknya akan terlihat lebih unik dan menarik.

Nah, untuk membuat kursi taman ini, maka Anda juga bisa menggunakan bahan yang sederhana seperti pisau, busa, kain untuk melapisi dan masih banyak lainnya. Dengan begitu Anda bisa membuat kursi taman sesuai dengan yang diinginkan.

Pot Bunga

Pot Bunga Dari Ban Bekas
Pot Bunga Dari Ban Bekas via familyhandyman.com

Anda tentunya sudah biasa melihat pot bunga dari bahan ban bekas. Ya, biasanya pot bunga dari bahan ban bekas ini dibuat dari ban mobil yang memiliki ukuran yang besar. tahukah Anda jika pot dari bahan bekas ii ternyata sangat cantik, terlebih jika Anda mau sedikit menghiasnya dengan memberikan sentuhan warna.

Dengan memberikan alas pada bagian bawahnya dan jangan lupa berikan lubang. Anda bisa langsung mengisikan tanah di pot ban ini dan menanamnya dengan tanaman yang diinginkan. Dijamin deh pot bunga ini akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat lebih unik, cantik dan menarik.

Hiasan Hewan yang Ada di Taman

Patung Kuda Dari Ban Bekas
Patung Kuda Dari Ban Bekas via www.blakemcfarland.com

Menghias taman tidak melulu menggunakan patung yang mewah dan mahal. Namun, Anda juga bisa menyulap ban bekas menjadi patung yang cantik dan indah. Model patung yang biasanya dibuat dengan menggunakan bahan dasar ban bekas ini biasanya berbentuk patung hewan.

Misalnya saja seperti ikan, ayam, gajah dan masih banyak lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan banyak sentuhan warna karena itulah yang akan menyulap ban bekas menjadi karya yang indah.

Atap Rumah

Atap Rumah Dari Ban Karet Bekas
Atap Rumah Dari Ban Karet Bekas via euroshieldroofing.com

Jika biasanya atap rumah dibuat dengan menggunakan bahan dasar genteng ataupun asbes. Maka kini, Anda juga bisa membuat atap rumah dengan menggunakan kerajinan dari karet ban. Dengan mengreasikan sesuatu dengan imajinasi Anda menjadikan ban karet bekas ini sangat menarik, terutama dijadikan sebagai atap rumah konvensional.

Bingkai Foto

Frame Foto Ukuran 6x4 Dari Karet Ban Bekas
Frame Foto Ukuran 6×4 Dari Karet Ban Bekas via thecamphortree.co.uk

Ban bekas memiliki garis-garis yang sangat menarik dan unik, apalagi dengan beragam corak yang ada. Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat bingkai foto yang unik. Bahkan, Anda juga bisa mengkreasikan corak yang dibuat sesuatu dengan yang diinginkan dengan menggunakan bantuan besi panas.

Dengan paduan warna hitam dan abu-abu pada ban ni sangat cocok untuk dijadikan bingkai foto untuk menghias rumah minimalis. Namun, jika Anda suka dengan warna yang polos, maka Anda bisa menyemirnya agar warnanya jauh lebih mengkilap dan cantik.

Sol Sepatu dan Sandal

Sol Sepatu Dari Karet Ban Bekas
Sol Sepatu Dari Karet Ban Bekas via imgur.com

Sol sandal atau sepatu Anda sudah rusak? Daripada ganti yang baru Anda bisa memanfaatkan ban bekas lho untuk menggantinya. Dengan bahan karet yang lentur tentunya membuat ban bekas ini akan sangat cocok dan nyaman untuk digunakan.

Bahkan, jika Anda lebih kreatif Ada juga bisa membuat ini menjadi lebih cantik dan tentunya bisa dijual. Dengan begitu, ban bekas juga bisa mendatangkan rezeki bahkan tidak main-main hasilnya.

Rak Untuk Berbagai Macam Barang

Rak Buku Dari Ban Mobil Bekas
Rak Buku Dari Ban Mobil Bekas via ideastand.com

Punya banyak buku atau barang-barang lain di rumah namun tidak ada tempat untuk menyimpannya? Anda bisa memanfaatkan kerajinan dari karet ban untuk membuat rak buku yang cantik. Bahkan, cara membuatnya juga sangat mudah lho.

Anda hanya perlu memotong ban menjadi dua atau 3 bagian. Maka secara langsung ban ini bisa langsung dijadikan sebagai rak buku. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan warna yang disesuaikan dengan warna interior di rumahan Anda. Jangan lupa gunakan cat minyak agar hasilnya lebih bagus dan awet.

Meja Serbaguna

Meja Elegan Dari Ban Mobil Bekas
Meja Elegan Dari Ban Mobil Bekas via townfairtire.com

Ban bekas juga bisa disulap menjadi meja serbaguna yang cantik, indah dan cocok untuk bersantai secara lesehan dengan teman maupun keluarga. Bahkan, meja ini juga cocok untuk mainan anak-anak lho.

Caranya juga mudah, Anda hanya perlu menyusun dua buah ban bekas dengan ukuran yang besar. Kemudian letakkan di sudut ruangan atau di ruang tamu. Jangan lupa bagian atasnya diberi penutup agar meja dari ban ini bisa digunakan untuk menyimpan barang.

Rak Dinding Gantung

Rak Mainan Dari Ban Mobil Bekas
Rak Mainan Dari Ban Mobil Bekas via townfairtire.com

Bingung mau mencari rak gantung namun harganya cukup mahal. Daripada Anda bingung, Anda juga bisa membuat rak gantung sendiri di rumah yang tentunya cantik dan menarik dari kerajinan ban bekas lho.

Bagaimana caranya? Anda bisa membuatnya dengan menggunakan ban utuh. Setelah itu, tambahkan kayu di bagian tengahnya. Maka secara langsung ban ini bisa jadi rak gantung yang bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang. Jangan lupa beri sentuhan warna agar lebih cantik dan enak dipandang.

Meja Kamar Mandi

Meja Kamar Mandi Dari Tumpukan Ban Mobil Bekas
Meja Kamar Mandi Dari Tumpukan Ban Mobil Bekas via ofdesign.net

Butuh meja kamar mandi atau meja untuk di luar rumah? Anda bisa membuatnya dari ban bekas lho. Bahkan, meja kamar mandi dari ban ini juga tidak kalah cantik dengan meja kamar mandi pada umumnya.

Anda cukup menumpuk ban dan tutupi bagian lubangnya agar tidak dijadikan sebagai sarang serangga. Berikan sentuhan warna yang cantik dan sesuai dengan warna interior kamar mandi. Jangan lupa berikan cermin gantung di atasnya da jadi deh.

Untuk Anda yang memiliki ban bekas di rumah, kini Anda bisa membuat kerajinan dari karet ban agar ban ini memiliki manfaat. Bahkan, Ada juga bisa berhemat karena ban bisa diubah menjadi berbagai macam kreasi yang cantik dan mempesona.

Leave a Reply