Elemen Penting Dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae) Yang Wajib Anda Perhatikan!

6 Elemen Penting dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae) yang Wajib Anda Perhatikan

Dalam membuat Daftar Riwayat Hidup atau CV tentu tidak boleh sembarangan atau asal-asalan dalam membuatnya. Terlebih bagi Anda yang baru pertama kali atau fresh graduate akan melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan.

Untuk tambahan bagi merekan yang masih fresh graduate, tambahan tersebut biasanya berupa daftar kegiatan yang dilakukan semasa duduk di bangku Sekolah atau semasa  di Universitas, contohnya saja mereka aktif dalam bidang apa atau pernah menjuarai kegiatan apa.

Hal tersebut tentunya akan menjadi nilai tambahan untuk Anda bisa di terima di perusahaan tersebut.

Elemen Penting Dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae) Yang Wajib Anda Perhatikan!
Elemen Penting Dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup

Mungkin bagi anda yang masih fresh graduate atau pertama kali membuat CV masih bingung dalam mengaplikasikannya. Jangan khawatir, berikut adalah beberapa elemen penting yang perlu anda perhatikan dalam proses pembuatan daftar riwayat hidup atau Curiculum Vitae.

Ulasan lengkapnya bisa anda simak dibawah ini :

  1. Judul Surat

Mengenai judul surat, Anda bisa pastikan bahwa poin yang tertulis di bagian paling atas adalah “Curriculum Vitae” atau Daftar Riwayat Hidup. Tentu ini adalah hal yang paling fundamental dalam membuat CV.

  1. Biodata atau Data Pribadi

Dalam poin kali ini Anda bisa menjelaskan mengenai data pribadi qnda yang dibutuhkan, seperti berikut:

  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal lahir
  • Tempat Tinggal / Domisili
  • Jenis Kelamin
  • Umur
  • Agama
  • Status
  • Tinggi dan Berat Badan (Jika dianggap sangat penting)
  • Nomor Telepon
  • Email
  1. Riwayat Pendidikan

Pada poin kali ini Anda Isikan dengan riwayat pendidikan formal sebenar-benarnya, seperti SD,SMP,SMA, serta Sarjana. Selain itu, Anda juga bisa menyertakan pendidikan, kemampuan atau keterampilan tertentu, seperti privat bahasa inggris, kursus musik dan sebagainya.

Tentunya hal tersebut tadi bisa sebagai nilai tambahan untuk Anda sebagai calon karyawan

  1. Keterampilan dan Kemampuan

Untuk menambah nilai plus, anda boleh menyebutkan kemampuan atau keterampilan yang Anda miliki, seperti anda pernah menjadi juara lomba studi Bahasa Inggris, juara lomba renang, atau anda aktif dalam organisasi tertentu.

Jika tidak ada keterampilan atau kemampuan tersebut, Anda boleh untuk tidak mengisi kategori “keterampilan dan kemampuan”.

  1. Pengalaman Kerja

Jika anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, tentu isilah kolom pengalaman kerja anda untuk menambah poin dan tentunya sebagai perhitungan HRD untuk menerima anda di perusahaan yang mereka pimpin saat ini.

Sebaliknya jika Anda baru pertama kali akan melamar pekerjaan, Anda bisa melewatinya, dan tidak mengisi kategori “pengalaman kerja”, namun Anda tetap di wajibkan untuk masukan dalam CV mengenai bagian ini.

  1. Penutup

Mengenai kalimat penutupan Daftar Riwayat Hidup atau CV, tentunya juga di sertai tanda tangan di atas nama terang Anda. Jangan sampai Anda lupakan mengenai tanda tangan tersebut.

Demikian ulasan singkat mengenai Elemen Penting dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae) yang Wajib Anda Perhatikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply