Horizon Horizon Tanah

Profil dan Klasifikasi Tanah

Tentunya sudah mengatahui apa saja ciri-ciri tanah bedasarkan sifat-sifat tanah di artikel sebelumnya. Tanah mempunyai pesebaran secara horisontal, sehingga sifat-sifat tanah tersebut dapat berbeda-beda pada tiap tempatnya. selian itu, sifat tanah secara vertikal juga bisa berbeda.

Horizon Horizon Tanah
Horizon Tanah via ck12.org

Profil Tanah

Hal ini karena mempunyai perlapisan-perlapisan atau lebih sering disebut dengan profil tanah. Profil Tanah adalah pelapis dalam tanah yang menunjukan tingkat ketebalan, warna, tesktur, dan kepadatan yang berbeda-beda.

Perlapisan tanah secara umum dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut.

lapisan tanah atas atau Horizon A

Lapisan ini merupakan lapisan tanah teratas. Pada umumnya mengandung bahan organik, karena merupakan tanah yang muda, sehingga masih banyak di pengaruhi oleh kodisi di atas permukaan tanah. Lapisan ini ditandai dengan adanya zona perakaran dan jasad hidup tanah.

Lapisan tanah bawah atau Horizon B

Lapisan ini juga mengandung bahan organik , tapi kurang apabila di banding dengan
lapisan tanah di atas. Lapisan ini merupakan zona pengendapan partikel tanah yang
terkikis dari horizon A.

Regolith

Lapisan ini terdiri dari tanah yang sudah terbentuk, tetapi masih menunjukan ciri-ciri struktur batuan induk.

Bedrock

Lapisan ini merupakan lapisan batuan induk yang masih padu.

Pada setiap tempat, kedalaman dan ada tidaknya lapisan tanah berbeda-beda. Hal ini sangat di pengaruhi oleh faktor pembentuk tanah di daerah tersebut.

Klasifikasi Tanah

jenis tanah di setiap wilayah di tentukan oleh batuan yang telah lapuk. Bedasarkan tingkat
kesuburannya, tanah dapat di klasifikasikan sebagai berikut.

  1. Tanah muda, merupakan tanah dengan zat makanan yang terkandung di dalamnya masih sedikit sehingga belum subur.
  2. Tanah dewasa, merupakan tanah dengan zat makanan yang terkandung di dalamnya
    sangat banyak hingga sangant subur. Tanah jenis ini sangat baik untuk pertanian.
  3. Tanah tua, merupakan merupakan tanah dengan zat makanan yang terkandung di
    dalamnya sudah berkurang.
  4. Tanah sangat tua, merupakan tanah dengan zat makanan yang terkandung di dalamnya sedikit sekali, bahkan hampir habis, Tanah ini termasuk tanah tidak subur.

Bedasarkan jumlah bahan organik dan air yang terkandung di dalamnya, tanah di klasifikasikan sebagai berikut.

Mollisois

Yaitu tanah halus kering, berwarna coklat, merah, dan hitam. Ciri tanah mollisols mengandung banyak bahan organik dan air, struktur tanahnya berlapis, terdapat di daerah semi arid, tanah yang paling subur, baik untuk pertanian dan rumput ternak.

Spodosois

Yaitu tanah tua, tamah yang berlapis, mengendung silika, alumunium, besi, dan bahan organik. Ciri-ciri tanah spodosols adalah berwarna abu-abu, tanahnya bersifat asam sehingga kurang mampu menahan air, dan tidak cocok untuk pertanian.

Oxisols

Yaitu tanah yang mengalami pelapukan kuat, mengandung banyak oksigen, banyak tanah liat, tetapi bahan organiknya sedikit. Ciri-ciri tanah lenis ini adalah warnanya kemerah, merahan,terdapat di daerah iklim panas dan tropis dengan curah hujan yang banyak. Tanah oxisols tidak sesuai untuk pertanian.

Histosol

Yaitu tanah yang mengandung sisa tumbuh-tumbuhan yang sudah membusuk dan air.Ciri dari tanah histosols adalah terdapat di bekas danau, rawa yang selalu dipenuhi tumbuh-tumbuhan dan lumpur, tanahnya subur, dapat dijadikan tanah pertanian yang baik bila dilengkapi dengan pengairan yang baik.

Aridisols

Yaitu tanah kering yang terbentuk di gurun dan semi gurun dengan struktur tanah berlapis-lapis.Ciri-ciri tanah aridisols adalah berwarna kemerah-merahan, terdapat lapisan kapur dibawah permukaannya, kandungan air dan bahan organik sedikit.

Alfisols

Yaitu tanah yang kaya akan bahan organik, besi, air, aluminium, dan susunan tanahnya berlapis-lapis. Ciri tanah alfisols adalah warnanya abu-abu, mengandung lapisan tanah liat atau lempung, dan tanahnya subur.

Entisols

Yaitu tanah yang sangat muda dan tidak berlapis. Tanah entisols dicirikan dengan kandungan bahan organiknya yang sedikit, terdapat didataran banjir dan tanahnya subur.

Inceptisols

Yaitu tanah yang agak lebih tua dari entisols dan terdapat lapisan-lapisan. Ciri-ciri tanah inceptisols adalah terdapat di daerah tundra, tanah ini bersifat asam dan banyak mengandung bahan organik dan digunakan untuk pertanian atau tanaman rumput untuk ternak

Ultisols

Yaitu tanah yang sudah mengalami perkembangan masa tua, yang dicirikan dengan terdiri dari lapisan tanah liat aluminium, dan bahan organik terdapat di daerah beriklim tropis yang lembap, dan tidak baik untuk pertanian, kecuali jika dipupuk

Vertisols

Yaitu tanah yang menjadi matang, dengan lapisan yang tebal (dalam). Ciri-ciri tanah vertisols adalah mengandung tanah liat, kapur, dan bahan organik, terdapat didaerah beriklim panas dengan musim basah dan kering, serta baik untuk pertanian.

Leave a Reply