Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Gantungan Kunci

Ulasan Lengkap Kerajinan Berbasis Media Campuran

Untuk membuat sebuah karya memang tidak akan mengenal batas, karena membutuhkan kebebasan dalam berkreasi. Meski pada awalnya hasil karya seni dikelompok-kelompokkan berdasar medianya, tetapi saat ini munculnya kerajinan berbasis media campuran membuat kreatifitas menjadi lebih tertantang.

Pengertian Kerajinan Berbasis Media Campuran

Anda pasti tidak asing mendengar istilah kerajinan campuran. Kerajinan ini merupakan sebuah karya yang terbentuk berdasarkan hasil dari penggabungan beberapa bahan utama serta ornamen tambahan, agar menjadi sesuai rencana dan keinginan.

Namun, dalam membuatnya tetap mengutamakan fungsi dari dibentuknya benda tersebut. Alasan adanya kerajinan menggunakan media campuran ini salah satunya untuk menghemat bahan utama agar tidak cepat habis dan boros,dan hasil karya perpaduan ini akan lebih terkesan modern serta kekinian.

Jika yang digunakan lebih dari satu media seperti ini, maka kerajinan tidak akan dinilai monoton atau membosankan. Karena, setiap bahan memunculkan karakteristik dan tekstur berbeda. Perpaduan inilah yang saat ini lebih dibutuhkan sebab berkontribusi besar untuk menghasilkan sesuatu keunikan.

Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran

Saat Anda akan membuat sebuah barang pasti akan menghadapi kendala, terutama akan tersedianya bahan baku dalam jumlah sedikit, kemudian bentuk yang terlihat membosankan, serta terkesan jadul atau tertinggal zaman. Untuk itu, perhatikan poin penting di bawah ini:

Membuat Bentuk Sederhana

Dalam membuat sebuah kerajinan media campuran, perlu menggunakan prinsip yang berkaitan dengan strategi pembuatan, seperti memberi kesan produk sesederhana mungkin. Hal ini bisa dilakukan jika sudah mengawali riset benda semula, kemudian menilai sisi atau objek untuk diperbaiki dan dikurangi.

Dengan ini, akhirnya hasil bentukan kerajinan media campuran yang baru akan memiliki kesan keindahan dan memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, juga memerlukan perancangan fungsi dari benda yang diinginkan yaitu sebagai hiasan atau terapan. Terkait juga dengan informasi tersirat sebuah benda ataukah mengandung keuntungan melalui harganya.

Selanjutnya, untuk membuat bentuk menjadi lebih sederhana bukan berarti menggunakan bahan serba terbatas dan seadanya. Tetapi, memanfaatkan sesuatu yang ada dan menyulapnya menjadi pantas dibanggakan. Seperti menggunakan sampah yang masih bisa dimanfaatkan kembali.

Merubah Bentuk

Prinsip yang dipegang selanjutnya ini juga diserahkan kepada setiap pengrajin masing-masing. Rasa kepuasan seperti apa yang ingin Anda tuangkan dalam mengubah bentuk. Cara ini tidak dapat dipelajari karena berkaitan dengan setiap pengalaman, rasa, imajinasi dan keinginan setiap orang.

Dalam merubah bentuk karya, diistilahkan dengan deformasi atau segala bentuk perubahannya bersifat permanen atau selamanya. Anda harus mencari tau asal-usul dan segala yang menyangkut sebuah produk awal. Agar semua ide itu muncul ketika sudah dipancing dengan banyak informasi terkait.

Sebab, bentuk baru yang akan dibuat tidak sampai mengubah arti dan keinginan dari kerajinan. Melainkan akan tetap memiliki filosofi serupa, meski tidak harus sama persis.

Karakteristik Beberapa Kerajinan Media Campuran

Setiap kerajinan pasti memiliki ciri khas yang bisa membedakan dengan lainnya. Seperti dipandag berdasarkan corak serta bahan alam yang dimanfaatkan sesuai potensi daerah masing-masing. Kemudian mencampurkan dengan beberapa bahan buatan. Sebagai contoh:

Batu

Jenis sebuah batu memang cukup banyak, mulai dari jenis biasa, permata hingga batu mulia. Juga ada jenis batu kecubung yang saat ini banyak diminati untuk menjadikannya sebuah karya indah, sebab terdapat campuran kristal di dalamnya.

Biasanya, barang kerajinan berbasis media campuran yang memilih bahan batu akan menggabungkannya dengan beberapa bahan tambahan seperti potongan kayu, lempengan logam serta lain-lain agar bisa menyatu.

Logam

Material satu ini memang memiliki klasifikasi banyak sekali mulai dari perak, perunggu, emas dan sebagainya yang sering sekali dijadikan alternatif pilihan untuk membuat sebuah kerajinan media campuran. Anda juga bisa mengkolaborasikan bersama kayu, batu, kerang dan sebagainya.

Selain itu, bahan ini lebih banyak dipilih untuk membuat sebuah bentuk kerajinannya karena cukup mudah dalam hal perawatan. Anda cukup mengecat seluruh bagian secara penuh, tetapi untuk hasil yang lebih bisa dicatkan beberapa lapis agar memiliki tekstur kulit tebal.

Plastik

Pemanfaatan bahan plastik untuk membentuk sebuah kerajinan berbasis media campuran ini, dapat menggunakan botol, kantong plastik, gelas atau perabotan dapur yang terbuat dari plastik. Tetapi biasanya, jenis botol lebih sering dipakai karena dapat dibentuk sesuai kreatifitas masing-masing.

Permukaannya cukup keras tetapi mudah sekali dalam proses pembentukan, sehingga jenis bahan ini hampir paling disukai. Serta sifatnya yang bisa didaur ulang melalui pemanasan ulang ini akan menghasilkan sebuah kerajinan yang indah dan menjual saja, tetapi juga ramah lingkungan.

Kayu

Benda yang sangat mudah ditemui di alam, bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis bila bersedia memotong sendiri ranting atau batang pohon liar yang tidak bertuan. Kerajinan berbasis media campuran yang menggunakan bahan utama kayu biasanya berbentuk meja, kursi, serta beberapa perabotan rumah lainnya.

Baca Juga : Kerajinan Tangan dari Kayu

Jenis kayu yang bisa digunakan mulai Cendana, Nangka, Meranti, hingga Jati yang tersedia di masing-masing daerah. Rata-rata sifat kayu akan lebih kedap air, mudah diproses dan bersifat isolator, sehingga akan aman saat dihubungkan dengan listrik.

Keramik

Bahan dasar terbuat dari tanah liat ini memiliki kecenderungan stabil tinggi terhadap lingkungan tempatnya berada, sehingga banyak dipakai untuk clay, kaolin dan sebagainya, terutama untuk campuran tata cara pembuatan kerajinan media campuran.

Namun sifat keramik memang mudah pecah dan licin, sehingga bila Anda menginginkan kerajinan media campuran menggunakan bahan ini harus disandingkan dengan pilihan tambahan yang memiliki sifat lembut dan ringan, agar nantinya akan saling melengkapi.

Macam-Macam Contoh Kerajinan Media Campuran

Banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dihasilkan dari bahan campuran. Justru harga yang ditawarkan bisa melonjak tinggi dan memiliki nilai jual, karena menghadirkan kesan mewah dari biasanya. Seperti:

Gantungan Kunci

Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran Gantungan Kunci
Contoh Kerajinan Berbasis Media Campuran : Gantungan Kunci Supreme via tokopedia.com

Jenis gantungan kunci merupakan salah satu kerajinan media campuran yang saat ini banyak diproduksi untuk kepentingan cinderamata, dan biasanya terdapat di berbagai tempat wisata. Bahan yang digunakan sangat beragam. Seperti besi yang digabungkan dengan kain atau juga plastik.

Namun, ada juga gantunga kunci yang memanfaatkan bahan fiberglass yang sudah dibentuk dengan rupa tertentu menggunakan cara cor di cetakan. Beberapa gantungan memanfaatkan media kayu yang memiliki massa ringan, dengan paduan ukiran di atasnya lalu dipadupadankan dengan benang yang dililitkan.

Pigura Logam

Pigura Foto Berbahan Logam
Pigura Foto Berbahan Logam via pixabay.com

Kerajinan media campuran berikutnya juga bisa diaplikasikan untuk sebuah pigura foto. Dimana pemanfaatan logam untuk menyusun seluruh bagian pinggir dan luar, sedangkan penahan atau penjepit foto memanfaatkan kayu atau kertas bertekstur keras.

Jenis bahan utama logam memang bisa digunakan baik sisi luar maupun penjepit sekaligus, tetapi akan memberi kesan pemborosan. Sebab, menggunakan kertas pun tidak masalah dan tidak akan mengurangi kualitas pigura itu sendiri.

Dengan fasilitas dan kekayaan alam memadai, Anda juga bisa mebuat kerajinan media campuran sesuai dengan kreasi, bahkan jika menginginkan tanpa modal besar bisa memanfaatkan barang-barang bekas lainnya.

Leave a Reply