5 Faktor Penyebab Degradasi lahan

Pengertian lahan – Lahan merupakan bagian permukaan bumi yang memiliki kekayaan dalam bentuk mineral, batuan, tanah, benda gas, dan cair yang terkandung didalamnya.

Kualitas bentang alam yang berupa lahan di permukaan bumi bervariasi, mulai dari lahan yang sangat subur sampai dengan lahan yang tandus. Lahan – lahan yang dimungkinkan dikelola manusia disebut lahan potensial, suatu lahan bisa mengalami penurunan potensi karena suatu hal.

Pengertian Degradasi Lahan

Contoh Degradasi Lahan
Contoh Degradasi Lahan via weather.com

Penurunan potensi lahan tersebut disebut degradasi lahan. Jadi kesimpulannya, yang dimaksud dengan degradasi lahan adalah hilangnya atau berkurangnya kegunaan atau potensi lahan untuk mendukung kehidupan. Hal ini disebabkan karena adanya erosi, tergenang, kehilangan unsur hara dan bahan organik, serta adanya peningkatan kadar garam pada lahan.

Penyebab Degradasi Lahan

Faktor – faktor penyebab degradasi lahan antara lain sebagai berikut:

Bahaya alami

Bahaya alami seperti banjir dan longsor dapat menjadikan unsur hara dan tebal tanah berkurang atau hilang, kondisi demikian menyebabkan fungsi tanah sebagai media tanam menjadi hilang atau berkurang.

Banjir akibat pengaruh tenaga air dan longsor karena pengaruh gaya gravitasi bumi akan membawa agregat tanah, pasir, dan lumpur ke tempat yang lebih rendah hal ini berarti tanah menjadi tidak subur dan tipis.

Perubahan populasi manusia

Populasi manusia di bumi makin lama makin meningkat. Kondisi ini menyebabkan semakin luasnya lahan yang diperlukan untuk permukiman, transportasi, dan sebagainya. Ini berarti terjadi alih fungsi lahan hutan sebagai penyeimbang ekosisitem lingkungan termasuk lahan.

Perubahan penggunaan lahan tersebut menyebabkan lahan menjadi kritis, tidak subur, dan pada tahapan lain dapat menyebabkan bahaya alami, seperti banjir, erosi, dan longsor

Kondisi sosial Ekonomi

Kondisi sosial tertentu dapat menyebabkan munculnya kerusakan lingkungan.kurang pahamnya arti penting sosial lingkungan akibat rendahnya pendidikan sering menjadi sebab munculnya penebangan hutan secara ilegal. Begitu pula dengan memburuknya perekonomian suatu negara menyebabkan pemanfaatan alam tanpa disertai perhatian terhadap kelestarian lingkungan, juga terjadi perubahan kawasan pertanian subur menjadi lahan terlantar.

Praktik Pertanian yang Tidak Tepat

Persawahan dan lahan kering merupakan contoh penggunaan lahan yang umum diterapkan praktik budidaya pertanian dengan pola pengelolaan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. akibatnya terjadi penyempitan lahan-lahan uang subur.

Aktivitas Pertambangan dan Industri

Pada lahan-lahan tertentu terdapat jenis barang tambang yang terkandung didalamnya. Penambangan dengan menggali tanah kadang-kadang menyisakan lubang yang dalam dan lebar.

Tanah demikian tidak dapat ditanami tanaman secara subur dan cenderung menjadikan tanah gesang. Begitu pula industri/pabrik yang menggunakan bahan-bahan kimia dapat mempengaruhi kualitas tanah,air, dan udara.

Sisa pembuangan bahan industri dalam bentuk limbah yang tidak diolah dan ditertibkan pembuanganya dapat menyebabkan polusi lingkungan.

Untuk dapat mengelola lahan dengan baik, diperlukan pengenalan, mengenal kondisi fisik lahan itu sendiri serta kemampuan lahan sehingga lahan dapat berfungsi secara optimal.

Leave a Reply