3 Jenis Kertas Cetak Foto




Sebelum Anda mencetak foto, jenis bahan adalah salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan. Kertas foto ini menentukan hasil akhir yang diinginkan.

Hal tersebut mempengaruhi permukaan secara keseluruhan termasuk kejelasan warna, tekstur, jenis fotografi dan kontrasnya.

Kertas Foto Tipis
Kertas Foto

Berikut penjelasannya:

Jenis Kertas Glossy

Sifat dari jenis kertas glossy ini sangat halus, permukaannya reflektif dan juga mengkilap. Hasil akhirnya akan memperlihatkan foto seperti nampak hidup dan warnanya tajam serta saturasinya cerah. Apalagi tidak memberi tampilan bertekstur bila dipindai / diubah menjadi format digital.

Kualitas dari jenis kertas glossy sendiri meliputi tanpa tekstur / halus, mengkilap, reflektif, hidup dalam warna / cerah, kualitasnya tajam, dapat meninggalkan sidik jari ketika Anda menyentuh fotonya, cenderung lengket.

Jenis Kertas Matte

Jenis kertas Matte ini selalu lebih halus dan tidak mengkilap di permukaan. Kontras warnanya rendah, tetapi mempunyai kelebihan yaitu pada tekstur cetak serta sidik jari yang tidak terlihat. Cocok untuk foto hitam putih.

Kualitas dari jenis kertas Matte ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk Framing / potret, pernikahan, dan juga foto bayi. Sifatnya memiliki perbedaan menonjol yaitu lebih sulit tergores. Akan tetapi teksturnya membuat foto nampak kasar.

Jenis Kertas Luster

Jenis kertas Luster ini memiliki sedikit lapisan kilau yang halus serta teksturnya seperti mutiara. Saturasi warnanya lebih dalam dan sifat kertasnya lebih tebal. Sidik jari tidak akan terlihat, kualitasnya tinggi, anti silau, cocok untuk bingkai di dinding.

Kualitas dari jenis Luster ini meliputi saturasi kaya warna, tajam seperti mutiara, kertas lebih tebal, sangat cocok bila dijadikan bingkai foto, terlihat profesional, sidik jari Anda tidak akan terlihat, halus dan tidak membuat silau.

Itulah beberapa sedikit penjelasan mengenai ukuran foto dan juga jenis kertasnya dan pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Semoga dengan adanya laman ini, dapat dijadikan sebagai pengetahuan tambahan serta bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Leave a Comment