Ketahui Jenis jenis Hewan Vertebrata Beserta Ciri-cirinya

Menurut pembagiannya vertebrata adalah bagian dari chordata. Ada kurang lebih empat puluh lima ribu spesies vertebrata. Dari segi ukurannya, jenis jenis hewan vertebrata bisa dilihat dari ikan cilik sampai ikan paus yang beratnya bisa mencapai seratus ton.

Selain dari tulang punggungnya, vertebrata juga memiliki jaringan otot yang terdiri dari bobot yang terpasang secara bilateral. Sistem pernapasan ada yang melalui insang ada yang lewat paru-paru. Berikut ciri-ciri umum dan pembagian jenis jenis hewan vertebrata.

Ciri-Ciri Umum Vertebrata

Sesuai namanya, vertebrata ialah binatang yang punya tulang belakang. Jenis jenis hewan vertebrata pada berbagai habitat, baik darat dan air tawar atau laut. Secara umum terdapat beberapa ciri golongan vertebrata, yaitu:

  • Badannya terbagi atas kepala, tubuh, dan 2 pasang anggota gerak. Ada vertebrata yang berekor.
  • Sistem cerna makanan diawali dari mulut sampai ke anus, tiap alatnya punya kelenjar cerna.
  • Punya sistem peredaran darah yang tertutup.
  • Alat ekskresinya berupa ginjal.
  • Alat pernafasannya berwujud paru-paru, kulit ataupun insang.
  • Punya satu pasang alat untuk bereproduksi, terdapat di sebelah kiri dan di kanan. Punya sistem endokrin sebagai penghasil hormon.
  • Susunan sarafnya ada otak dan juga sumsum tulang belakang sebagai sistem pusat beserta sistem tepi yaitu saraf yang berbentuk serabut.
  • Untuk peredaran darah ada organ jantung beserta sel-sel darah.
  • Alat gerak terdiri dari rangka sebagai alat gerak yang pasif serta alat gerak aktif yaitu otot.

Jenis-Jenis Hewan Vertebrata

Jenis jenis hewan vertebrata dikelompokan menjadi lima golongan. Pengelompokannya didasarkan atas wujud penutup badan, rupa alat geraknya serta caranya berkembangbiak. Ternyata setelah proses pengelompokan selesai, ada lima jenis kelompok vertebrata:

1. Pisces

Pisces atau ikan hidupnya di air  tawar, sungai maupun laut, bernapas dengan insang. Ikan memiliki organ lain yaitu sirip yang bersama ekor berguna untuk menentukan arah gerakan ikan serta gurat sisi yang fungsinya untuk mengukur tekanan air.

Ikan ini berdarah dingin, suhu tubuh mengikuti lingkungan. Dan ikan berkembangbiak dengan bertelur. Telur dibuahi di luar tubuh (pembuahan eksternal). Rangka ikan tersusun atas tulang keras dari kalsium fosfat.

Tubuh ikan dilindungi sisik. Pisces tak punya daun telinga. Ikan yang hidup pada lumpur memiliki labirin sebagai alat bantu bernapas berupa labirin. Ada dua ruang di jantung ikan.

2. Amfibi

Golongan berikutnya diberi nama amfibi sebab bisa hidup di 2 alam yaitu di air dan darat. Untuk bisa hidup di 2 tempat itu alat pernapasan amfibi juga ada 2 berupa insang serta paru-paru.

Jenis jenis hewan vertebrata kelompok amfibi contohnya ialah kodok dan salamander dan termasuk hewan berdarah dingin. Amfibi jelas unik dengan sejumlah ciri: hidup pada air saat berbentuk larva lalu pindah ke darat di tempat yang lembab saat dewasa.

Kulitnya licin tidak bersisik. Hewan ini bernafas dengan insang, kulit dan paru-paru. Ada 3 ruangan di jantungnya. Telur tidak bercangkang dengan pembuahan di luar tubuh induk.

3. Reptilia

Kelompok ini punya kulit keras yang kering serta bersisik dari keratin. Sisik itu biasanya mengelupas saat berganti kulit. Reptil adalah hewan berdarah dingin yang berkembangbiak secara bertelur yang dibuahi di dalam tubuh.

Contoh jenis jenis hewan vertebrata golongan reptil adalah ular, cicak serta buaya. Sisik yang dimiliki reptil punya fungsi mencegah kekeringan. Ada reptil yang terdapat di daratan, ada pula yang hidup di sungai.

Alat geraknya berupa perut ataupun kaki. Reptil bernapas menggunakan paru-paru dan memiliki 4 ruang pada jantungnya dengan sekat yang belum sempurna

4. Aves

Tubuh aves alias burung ditutupi bulu yang fungsinya membantu terbang serta melindungi tubuh. Tulang burung punya rongga jadi beratnya ringan. Burung adalah salah satu dari jenis jenis hewan vertebrata yang berdarah panas.

Aves berkembangbiak dengan telur yang dibuahi secara internal. Contoh burung: elang, gelatik dan kakak tua. Bulu serta paruh burung terbuat dari zat keratin. Sayap burung sebenarnya terbentuk dari bulu yang berguna untuk terbang.

Tetapi ada jenis burung yang tak bisa terbang yaitu penguin. Aves hidup di darat dan punya alat penglihatan/ pendengaran dan suara yang berkembang baik.

Bernapasnya memakai paru-paru dan pundi-pundi udara yang dipakai saat terbang jauh. Jantung burung mempunyai empat ruang yang sudah berkembang sempurna.

5. Mamalia

Ciri mamalia ialah punya kelenjar susu, berkembangbiak secara melahirkan anak dan bernapas melalui paru-paru. Tikus, orang utan, tupai dan hewan lain yang termasuk mamalia ini berdarah panas alias suhu tubuh tetap. Mamalia yang hidup di air ialah paus serta lumba-lumba.

Jenis mamalia ini menghasilkan susu yang dihasilkan kelenjar susu untuk anaknya. Hewan menyusui ini juga berambut, dan punya 3 tulang telinga. Jenis ini ada yang hidup di darat serta air.

Struktur badan sesuai dengan cara hidupnya apakah terbang, renang, menggali, meluncur, berlari atau melompat. Pada kulitnya ada kelenjar keringat serta minyak.

Hewan ini bernafas pakai paru-paru, dibantu diafragma. Jantungnya memiliki empat ruangan yang sempurna dengan otak yang lebih sempurna dibanding vertebrata lain.

Dengan spesies yang tersebar dari kutub utara sampai selatan, jenis jenis hewan vertebrata memang beragam. Masing-masing golongan punya ciri lebih khusus yang bisa dibaca di atas sehingga dikelompokkan menjadi lima golongan besar.

Leave a Comment