Mengenal Tipe Kepribadian Melankolis Secara Lebih Dalam

Tentunya setiap manusia atau individu mempunyai kepribadian yang tidak sama. Tak semua individu bisa disamaratakan serta harus mempunyai sifat yang sama. Terdapat beberapa tipe kepribadian yang hendaknya harus dipahami serta dimengerti antar manusia. Salah satunya adalah tipe kepribadian melankolis.

Ada beberapa orang yang memiliki tipe kepribadian seperti itu. Jadi, sebenarnya apa itu tipe kepribadian melankolis? Mari simak penjelasannya.

Mengenal Kepribadian Melankolis

Ada beberapa orang yang memiliki tipe kepribadian melankolis. Namun, tidak semua orang bisa menganggap dirinya masuk ke dalam tipe kepribadian seperti itu. Biasanya orang lain lah yang lebih mengamati tipe kepribadian seseorang.

Biasanya, orang yang mempunyai tipe kepribadian ini lebih cenderung orang yang setia, baik itu ke keluarga atau lingkungannya. Selain itu, orang melankolis juga lebih berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan atau tindakan. Bahkan, cenderung harus mematuhi peraturan yang telah ada.

Tentunya setiap pribadi memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Termasuk, untuk yang memiliki tipe kepribadian melankolis. Mungkin terdapat sebuah sifat pada tipe ini yang tidak dimiliki oleh tipe lain, begitu juga sebaliknya. Namun, hendaknya dari perbedaan tersebut dapat saling menghargai.

Kelebihan Melankolis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa tipe kepribadian satu ini memiliki sebuah kelebihan. Kelebihan itu menjadi bukti jika setiap karakter mempunyai nilai positif masing-masing. Namun, untuk lebih jelasnya lagi berikut kelebihan dari tipe kepribadian melankolis:

1. Teliti

Untuk kelebihan yang pertama yaitu seorang melankolis cenderung teliti. Si melankolis akan lebih teliti saat melakukan sebuah tindakan, keputusan, atau hal lainnya. Biasanya, segala sesuatu akan dipertimbangkan terlebih dahulu dengan rinci serta detail.

2. Perfeksionis

Kelebihan yang selanjutnya yaitu cenderung bersifat perfeksionis. Melalui sifat teliti tadi, menjadikan melankolis seorang yang perfeksionis. Segala sesuatu harus dikerjakan dengan sempurna. Selain itu, apa yang dilakukan hari ini harus terjadwal dengan runtut.

3. Kreatif

Seseorang yang mempunyai tipe kepribadian satu ini, memiliki pola pikir yang kreatif. Banyak dari melankolis yang akhirnya terjun ke dunia kreativitas. Bahkan, banyak pola pikir dari melankolis yang tidak mungkin ditemukan di tipe kepribadian lain.

4. Sabar

Sifat penyabar juga menjadi kelebihan serta ciri-ciri dari tipe kepribadian satu ini. Seseorang dengan tipe melankolis biasanya akan lebih sabar dalam menghadapi sesuatu. Sifat sabar ini muncul, karena apa yang dikerjakan harus teliti dan juga hasilnya harus perfeksionis.

5. Rela Berkorban

Tak sedikit pula orang melankolis rela berkorban untuk orang lain. Melankolis akan beranggapan bahwa, apa yang dirasakan dirinya harus dirasakan orang lain juga. Jadi, bisa dikatakan juga bahwa tipe ini merupakan orang yang setia dan juga tidak egois.

Kekurangan Melankolis

Setiap orang pasti memiliki kekurangan masing-masing yang ada di dalam dirinya. Tak terkecuali dengan tipe kepribadian melankolis. Jika di atas sudah disebutkan beberapa kelebihannya, maka sekarang akan dipaparkan kekurangan tipe melankolis. Mari simak uraiannya berikut ini:

1. Tertutup

Orang yang berkepribadian melankolis, cenderung akan lebih tertutup. Orang dengan tipe seperti ini condong pada sikap menutup dirinya dari keramaian. Cenderung lebih suka di balik layar dan bekerja sendirian. Jadi, bisa dikatakan juga sebagai seseorang yang introvert.

2. Pesimis

Untuk kekurangan yang berikutnya yaitu pesimis. Tak jarang orang melankolis mempunyai sifat yang pesimis. Karena, segala sesuatu yang dikerjakan harus perfeksionis maka cenderung malah menjadikan pesimis. Hal itu disebabkan tipe ini akan minder jika hasil pekerjaannya tidak sempurna.

3. Mudah Tersinggung

Kekurangan yang selanjutnya yaitu, mudah tersinggung. Ini merupakan dampak dari memiliki sifat yang tertutup serta jarang bergaul. Menjadikan orang melankolis akan lebih mudah tersinggung dengan ucapan pihak lain. Ucapan yang menyinggung sedikit, akan menjadi negatif di mata orang melankolis.

Selain dikarenakan tertutup, tetapi karena juga melankolis memiliki sifat yang lebih sensitif serta peka. Memang bagus untuk dijadikan tipe pendengar atau untuk sekedar curhat. Tetapi, tidak baik bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Pendendam

Tipe kepribadian yang melankolis ini juga mempunyai sifat yang pendendam. Meskipun sudah memaafkan kesalahan yang dibuat oleh orang lain. Tetapi, melankolis akan tetap mengingatnya dan cenderung dendam. Bahkan, butuh waktu lama untuk menyembuhkan dendamnya.

5. Suka Menunda Pekerjaan

Memang pekerjaan yang perfeksionis akan memuaskan hati si melankolis. Namun, hal tersebut juga menjadi boomerang bagi tipe kepribadian ini. Karena, ingin hasil yang sempurna melankolis akan menunda sebuah pekerjaan sampai menemukan hasil yang sempurna.

Hal tersebut memang bagus jika hasil pekerjaan yang diperoleh sempurna. Namun, tidak cocok bila diterapkan pada pekerjaan yang bersifat deadline. Justru hal tersebut akan membuat orang lain tidak menyukai melankolis.

Itulah sekilas penjelasan mengenai tipe kepribadian melankolis yang pasti dimiliki oleh segelintir orang. Tentunya, setiap tipe mempunyai kelebihan serta kekurangan sifatnya masing-masing.

Apabila ciri-ciri di atas ditemukan pada seseorang, kemungkinan orang tersebut mempunyai kepribadian dengan tipe melankolis.

Leave a Comment