Inilah Fakta Karakter Berdasarkan Golongan Darah yang Perlu Diketahui

Bukan rahasia umum, jika ada beberapa kelompok karakter berdasarkan golongan darah. Menurut kepercayaan sebagian orang, golongan darah ternyata memiliki sederet fakta menarik yang ada di baliknya. Mengetahui bagaimana karakter seseorang berdasarkan golongan darah ini sangat familiar di sejumlah negara maju seperti Jepang dan Korea.

Menariknya lagi, berbagai aspek kehidupan turut dipengaruhi oleh golongan darah yang dimiliki. Contohnya saja, selain dalam bidang percintaan juga terkait dengan karir atau pekerjaan.

Hal ini mengingat banyak yang merasa jika golongan darah berperan penting dalam kepribadian dan semangat kerja. Simak artikel berikut untuk memahami tentang karakter berdasarkan golongan darah.

Penjelasan Mengenai Golongan Darah

Jika diartikan, golongan darah ini merupakan sebuah klasifikasi darah berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen. Biasanya hal tersebut terdapat pada bagian membran di sel darah merah. Pasalnya, terdapat perbedaan pada jenis serta kandungan karbohidrat di dalamnya.

Ketika mengetahui jenis golongan darah, seseorang bisa melakukan transfusi ataupun menerima transfusi darah dari golongan tertentu.

Contohnya golongan darah O bisa memberikan darahnya kepada semua golongan darah lain. Selain manfaat medis, banyak juga yang mengaitkan ini dengan sejumlah fakta berupa penentuan kepribadian.

Penilaian Kepribadian Dari Golongan Darah

Sebelum mengetahui bagaimana karakter berdasarkan golongan darah, alangkah baiknya pahami dulu penilaian kepribadian dari hal ini. Dalam bahasa Jepang, penilaian tersebut dikenal dengan istilah ketsuekigata. Ini telah dilakukan oleh masyarakat Jepang sejak tahun 1930-an yang diprakarsai oleh Takeji Furukawa.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa golongan darah seseorang dapat mencerminkan bagaimana kepribadiannya. Golongan darah ini dibagi berdasarkan antigen yang membantu dalam hal kekebalan tubuh.

Bahkan, bisa juga menggali bagaimana potensi dari seorang calon karyawan sebelum direkrut untuk pekerjaan.

Karakter Setiap Golongan Darah

Karakter berdasarkan golongan darah untuk berbagai jenisnya juga memiliki penilaian yang beragam. Seseorang bisa dengan mudah menebak bagaimana kepribadian dari orang lain hanya dengan mengetahui golongan darahnya saja. Terlebih ada berbagai kelebihan dari setiap sisi golongan darah yang ada.

Hal tersebut juga dianggap sebagai salah satu ciri khusus antar golongan darah sehingga mudah dibedakan. Serta untuk setiap golongan darah pasti juga memiliki sifat atau karakter yang baik atau tidaknya. Berikut ini penjelasan mengenai karakter per golongan darah:

1. Golongan Darah A

Pembahasan pertama mengenai karakter berdasarkan golongan darah yaitu goldar A. Disebut jika goldar ini menduduki posisi dengan jumlah paling umum yang ada di dunia. Golongan darah ini juga disimbolkan sebagai orang yang selalu menghindari konflik serta ingin hidup dengan damai.

Selain itu, golongan darah A cenderung kurang mampu dalam mengekspresikan diri. Akibatnya, bila emosi menumpuk dalam jumlah banyak dapat membentuk golongan darah A menjadi depresi. Goldar A dianggap suka segala hal yang berbau kerapian, perfeksionis namun cenderung sensitif dan emosional.

2. Golongan Darah B

Selanjutnya, masuk ke penjelasan mengenai karakter berdasarkan golongan darah B. Disebut-sebut sebagai karakter yang bisa menjadi pendengar terbaik serta mampu membuat keputusan secara cepat. Selain itu, golongan darah B ini bukanlah pribadi multitasking sehingga berupaya terbaik dalam hal yang diinginkan.

Selain terdapat sisi positif, golongan darah B ini juga dikenal sebagai pribadi egois serta di situasi tertentu kurang kerjasama. Dengan sifatnya, terkadang B cukup sulit menemukan teman dan lebih sering menyendiri. Serta ada kalanya goldar B ini bersikap kurang bertanggung jawab.

3. Golongan Darah AB

Menariknya, golongan darah yang satu ini dikenal sangat rasional serta merupakan pribadi yang mandiri. Seperti namanya, goldar AB ini adalah kombinasi dari kepribadian A dan juga B. Banyak yang menilai jika golongan darah dengan kepribadian ini sulit untuk diprediksi.

Walau demikian, golongan darah yang cukup langka ini ternyata sangat mudah dalam hal pertemanan. Selain itu, golongan darah tersebut memiliki pesona yang menawan serta tidak mudah bosan. Namun sayangnya, kepribadian ini justru agak sulit dalam mengatasi permasalahan stres.

4. Golongan Darah O

Terakhir adalah goldar O yang dikenal sebagai karakter mudah beradaptasi. Ternyata tipe goldar ini merupakan pribadi ramah serta berani. Tidak hanya itu, dalam mencapai sebuah tujuan kepribadian ini menetapkan standar yang cukup tinggi untuk dirinya sendiri.

Namun bagi orang di sekitarnya, golongan darah O ini justru terkesan egois. Kebanyakan golongan darah O merupakan kepribadian dengan tipe introvert serta lebih sering menyendiri. Walau demikian, kepribadian golongan darah O dikenal sangatlah jujur.

Itu tadi berbagai penjelasan singkat mengenai karakter berdasarkan golongan darah. Penilaian kepribadian dengan golongan darah ini merupakan salah satu trend yang sampai sekarang masih populer di sejumlah negara termasuk Indonesia. Ini menjadi penilaian kepribadian yang terkenal selain dari astrologi.

Selain itu, sebagian orang masih beranggapan jika penilaian karakter dari golongan darah ini ibaratkan kepercayaan biasa. Karena masih kurang penjelasan ilmiah terkait dengan kebenarannya sendiri.

Leave a Comment