Simak Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Kepribadian Serta Rekomendasinya

Menentukan jurusan kuliah tidak boleh sembarangan, apalagi hanya ikut-ikutan. Sebab, hal itu akan sangat berpengaruh pada proses kuliah hingga membuat mahasiswa merasa salah jurusan. Agar terhindar dari kekeliruan semacam ini, memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian bisa menjadi langkah tepat.

Sebagai lulusan SMA atau sederajat, tidak sedikit siswa yang merasa bimbang dalam menentukan jurusan kuliah. Meskipun sudah memiliki incaran ingin menempuh pendidikan di bidang apa, namun keraguan terus saja muncul.

Nah, salah satu solusinya adalah mencoba memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian. Tanpa basa-basi, langsung disimak berikut.  

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan yang tidak tepat hanya akan membuat perkuliahan terasa membosankan dan tidak bisa melakukan dengan maksimal.

Oleh sebab itu, memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Dengan mengetahui kepribadian yang dimiliki, kelebihan dan juga kekurangan maka bisa menentukan dengan lebih tepat jurusan apa yang bisa dipilih.

Sebelum memilih jurusan, simak beberapa tips berikut ini:

  • Kenali kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri.
  • Kenali potensi yang dimiliki.
  • Mempertimbangkan prestasi yang pernah dicapai.
  • Memperdalam hobi.
  • Lakukan psikotes untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki.

Macam-Macam Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Kepribadian

Mengenali diri sendiri dengan mencari tahu minat serta potensi yang dimiliki adalah hal yang penting. Namun tak jarang, banyak pula yang justru tidak mengetahuinya sehingga merasa sulit ketika sedang memilih jurusan kuliah.

Oleh karena itu, simak beberapa tips memilih jurusan yang sesuai dengan kepribadian berikut:

1. Jurusan Kuliah Untuk Kepribadian Realistik

Tipe kepribadian realistik ini lebih menyukai praktek daripada teori. Oleh sebab itu, biasanya orang dengan kepribadian ini memiliki keterampilan fisik yang lebih unggul, cakap, berani dan juga koordinasi motorik yang kuat. Bagi yang memiliki kepribadian seperti ini akan cocok apabila memilih kerja lapangan.

Dengan mengetahui kepribadian yang dimiliki akan lebih mudah untuk menentukan jurusan kuliah. Untuk kepribadian realistis, jurusan kuliah yang bisa dipilih adalah bidang elektronika dan komputer. Selain itu, bisa juga dengan memilih teknik mesin. Teknik sipil, teknik pertanian, otomotif dan juga farmasi.

2. Jurusan Kuliah Untuk Kepribadian Artistik

Jenis kepribadian berikutnya adalah artistic. Kepribadian yang satu ini cenderung memiliki kesenangan dalam menciptakan hal-hal baru. Selain itu, kepribadian artistic juga sangat kreatif, intuitif, penuh dengan spontanitas, imajinatif dan penuh dengan ide-ide menarik.

Biasanya, orang dengan kepribadian ini sangat mengandalkan kemampuan verbal dan feeling dalam mengerjakan sesuatu.  Apabila memiliki kepribadian artistic, akan cocok jika bekerja di industri kreatif. Pekerjaan yang cocok diantaranya adalah penulis, seniman, desain grafis, arsitek, desainer, penyanyi dan lain sebagainya.

Jurusan kuliah yang cocok untuk kepribadian ini berhubungan dengan seni dan sastra. Beberapa jurusan yang cocok adalah seni rupa, DKV, arsitektur, seni musik, desain interior dan bahasa. Dengan memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian, maka dalam menjalani kuliah akan lebih menyenangkan.

3. Jurusan Kuliah Untuk Kepribadian Sosial

Jenis kepribadian berikutnya adalah sosial atau helper. Kepribadian yang satu ini memiliki kecenderungan untuk berhubungan dengan banyak orang. Beberapa ciri kepribadian ini diantaranya adalah:

  • Pandai bergaul dan memiliki keahlian public speaking.
  • Mempunyai tanggung jawab tinggi.
  • Mempunyai empati yang tinggi.
  • Cenderung religius.
  • Lebih menggunakan perasaan saat mengerjakan sesuatu.

Apabila memiliki kepribadian seperti ini, maka lebih cocok dengan pekerjaan yang mengharuskan untuk berinteraksi dengan orang. Kepribadian sosial ini dikenal dengan interpersonalnya yang baik dan memiliki kepekaan yang tinggi.

Untuk itu, jurusan kuliah yang cocok diantaranya psikologi, bimbingan konseling, komunikasi, keperawatan, dan guru sekolah dasar.

4. Jurusan Kuliah Untuk Kepribadian Enterprising

Tipe kepribadian yang berikutnya adalah enterprising. Kepribadian yang satu ini cenderung memiliki sifat yang tegas, dominan dan senang memimpin serta mengatur orang lain. Oleh sebab itu, biasanya kepribadian seperti ini cocok sekali untuk menjadi pemimpin.

Orang dengan tipe kepribadian enterprising memiliki kepribadian yang kuat dan penuh dengan percaya diri. Kepribadian ini juga senang berkompetisi. Untuk memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian enterprising diantaranya adalah hubungan masyarakat, ilmu pemerintahan, manajemen pemasaran dan sebagainya.

5. Jurusan Kuliah Untuk Kepribadian Konvensional

Kecenderungan yang dimiliki oleh orang yang memiliki kepribadian ini adalah konservatif dan menyukai pekerjaan yang dilakukan secara berulang. Biasanya kepribadian ini sangat terorganisir, teratur dan sangat memperhatikan detail serta keteraturan. Kepribadian konvensional juga sangat menyukai berada di lingkungan dengan panduan yang jelas.

Kepribadian seperti ini tidak cocok bekerja pada industri kreatif yang membutuhkan spontanitas dan pekerjaan yang penuh tantangan.

Pekerjaan yang cocok dengan kepribadian ini adalah pekerjaan yang berhubungan dengan angka, data dan pengolahan informasi. Untuk itu, jurusan yang cocok dengan kepribadian ini diantaranya adalah:

  • Statistika.
  • Matematika.
  • Akuntansi.
  • Perbankan.
  • IT.
  • Administrasi.

6. Jurusan Kuliah Untuk Kepribadian Investigative

Kepribadian yang selanjutnya adalah investigative. Kecenderungan yang dimiliki oleh kepribadian ini diantaranya adalah suka bermain dengan logika. Kemampuan untuk mengobservasi, menganalisis sekaligus menemukan solusi dari masalah tertentu merupakan keahlian yang dimiliki oleh kepribadian investigative.

Selain itu, kepribadian investigative juga penuh dengan rasa keingintahuannya yang tinggi. Oleh sebab itu, akan senang sekali melakukan berbagai hal-hal baru. Bagi yang memiliki karakteristik ini terdapat beberapa jurusan yang cocok diantaranya adalah:

  • Kimia.
  • Fisika.
  • Kriminologi.
  • Sistem informasi.

Itu tadi adalah beberapa hal yang bisa dipertibangkan dalam memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian. Untuk mengetahui jurusan yang tepat, bisa dimulai dengan cara mengenali diri sendiri. Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan dan passion maka menentukan pilihan jurusan bisa menjadi lebih terarah.

Leave a Comment