Inilah Jenis Jenis Jamur yang Bisa Dimakan Serta Tinggi Manfaat

Berbagai jenis olahan jamur mudah sekali ditemukan di pasaran. Selain memiliki cita rasa yang unik, jamur ternyata juga banyak mengandung protein. Ada banyak jenis jenis jamur yang bisa dimakan, namun juga ada jamur yang beracun.

Dengan banyaknya varian jamur yang ada, mungkin sebagian orang bahkan tidak mengetahui apakah jamur tersebut aman dimakan atau tidak. Inilah yang menjadi permasalahan bagi sebagian masyarakat, mereka ragu ketika ingin memakan jamur padahal penasaran.

Untuk itu, simak beberapa jenis jamur yang bisa dimakan berikut ini.

Deretan Jenis Jamur yang Bisa Dimakan dan Aman

1. Jamur Tiram

Jenis jamur pertama yang bisa dimakan adalah jamur tiram. Termasuk sebagai jamur dengan harga yang ekonomis, jamur tiram ini memang mudah ditemukan dalam berbagai olahan. Rasa dari jamur ini juga lezat dan untuk memasaknya cukup mudah.

Jamur tiram ini biasa disajikan dengan cara digoreng menggunakan tepung yang crispy dan gurih atau bisa juga dibuat oseng jamur yang lezat. Dari bentuknya sendiri, jamur tiram ini memiliki kelopak yang bentuknya seperti kerang. Ukurannya bervariasi dengan warna putih tulang.

2. Jamur Enoki

Siapa yang sering menonton video mukbang Korea? Jamur yang satu ini pasti tak pernah ketinggalan dalam setiap kudapan yang disajikan dalam video mukbang makanan pedas korea. Jamur enoki termasuk ke dalam jenis jenis jamur yang bisa dimakan dengan kualitas premium.

Namun, jamur ini juga hanya bisa tumbuh didaerah dengan iklim dingin saja. Namun, tak perlu khawatir sebab sudah banyak yang menjual jamur enoki di pasaran. Bentuk jamur enoki ini menyerupai tauge berwarna putih. Biasanya jamur ini akan tumbuh pada batang pohon yang memiliki daun lebar.

Berbagai olahan bisa dibuat dengan menggunakan jamur enoki. Jamur ini biasa diolah dengan dimasukkan ke kudapan berkuah atau dimasak dengan bumbu pedas. Selain rasanya yang enak, ternyata enoki juga bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan.

3. Jamur Kuping

Jenis jenis jamur yang bisa dimakan selanjutnya adalah jamur kuping. Memiliki warna kecoklatan dengan tekstur yang kenyal, disebut jamur kuping sebab bentuknya menyerupai kuping. Jamur yang satu ini juga banyak dikonsumsi masyarakat untuk dibuat berbagai macam olahan menggugah selera.

4. Jamur Merang

Jenis jamur selanjutnya yang aman untuk dimakan dan memiliki rasa enak adalah jamur merang. Jamur merang ini termasuk mudah ditemukan di pasaran. Sebab, jamur merang mudah untuk dibudidayakan di daerah dengan iklim tropis.

Dengan tekstur yang lembut, jamur ini cocok sekali untuk membuat olahan pasta atau dibuat sebagai cream soup. Selain itu, jamur merang juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut diantaranya adalah mencegah pertumbuhan kanker, memperkuat imun, hingga bisa menjadi menu sehat untuk diet.

5. Jamur Kancing

Bentuknya bulat-bulat kecil menyerupai bentuk kancing. Untuk warnanya sendiri bervariatif ada yang putih bersih hingga kecoklatan. Jamur ini banyak sekali masuk dalam berbagai jenis olahan western maupun chinese.

Dengan cita rasa yang gurih, jamur kancing akan menambah rasa pada olahan yang dibuat. Selain enak, manfaat kesehatan dari jamur ini juga patut diperhatikan. Jamur kancing bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mampu menangkal radikal bebas.

6. Jamur Shimeji

Berikutnya, jenis jenis jamur yang bisa dimakan dan memiliki rasa yang enak adalah jamur shimeji. Bentuknya hampir menyerupai jamur enoki. Namun, jamur shimeji ini memiliki kepala jamur yang berwarna kecoklatan dengan tangkai yang lebih pendek dan lebih besar dibanding jamur enoki.

Jamur ini bisa dicampurkan dalam berbagai olahan makanan seperti sup, dicampur dalam nasi goreng atau disajikan dengan bumbu pedas. Agar aman untuk dikonsumsi, pastikan dalam pengolahannya jamur shitake harus dimasak sampai matang. Sebab, jika tidak bakteri yang ada di jamur justru akan berbahaya.

7. Jamur Truffle

Berikutnya, jenis jamur lain yang dapat dikonsumsi adalah jamur truffle. Jamur jenis ini termasuk dalam jamur premium dari Eropa. Jamur truffle memiliki harga yang mahal dan termasuk jamur yang langka sebab untuk mendapatkannya pun sulit.

Jamur ini tumbuh secara alami pada bawah pohon ek, poplar, beech atau pohon hazel. Untuk bisa mendapatkan jamur ini pun susah sebab tidak semua pohon bisa menghasilkan jamur truffle. Oleh sebab itu, olahan jamur truffle hanya akan ditemui pada makanan-makanan mewah yang disajikan di restaurant atau hotel.

8. Jamur Morel

Selain jamur truffle, jamur premium selanjutnya adalah jamur morel dari gunung Rinjani. Bentuk dari jamur ini juga cukup unik, pada bagian kelopaknya terdapat rongga-rongga kecil yang berwarna gelap. Harga jamur morel ini juga mahal sebab sulit untuk ditemukan maupun dibudidayakan.

Dengan harga yang mahal tersebut, jamur morel tak hanya enak namun juga berkhasiat. Pada jamur tersebut mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang ada pada jamur morel ini baik untuk mencegah pertumbuhan kanker.

Itu tadi adalah jenis jenis jamur yang bisa dimakan. Berbagai jenis jamur tersebut memiliki rasa yang lezat dan juga mengandung banyak manfaat saat dikonsumsi. Bahkan, jamur bisa diolah menyerupai daging yang cocok dikonsumsi oleh para vegetarian.

Leave a Comment