Ukuran Celana Berdasarkan Berat Badan Bagi Wanita dan Tips Memilihnya

Ketika membeli celana, tak hanya model dari celana namun juga ukuran menjadi faktor penting dalam menentukan pilihan. Percuma modelnya kekinian, namun tidak muat atau kelonggaran ketika dikenakan. Anda pasti sering merasa kebingungan dalam memilih ukuran. Tenang, karena terdapat beberapa cara menentukan ukuran celana. Salah satunya adalah menentukan ukuran celana berdasarkan berat badan.

Ukuran Celana Wanita Berdasarkan Berat Badan

Menentukan suatu ukuran celana yang tepat memang terkadang sulit untuk dilakukan. Apabila membeli celana secara langsung, sebelum membeli bisa mencobanya terlebih dahulu. Namun akan sangat berbeda jika membeli celana secara online.

Sebab, saat membeli online barang tidak bisa dicoba secara langsung. Sehingga untuk menentukan ukuran celana yang tepat akan berpatokan pada tabel ukur yang disediakan oleh penjual.

Jika tidak memiliki pita pengukur, menentukan ukuran celana berdasarkan berat badan bisa menjadi solusi. Pembahasan selengkapnya bisa disimak pada penjelasan di bawah ini.

1. Berat Badan 40 Kg

Bagi wanita yang memiliki berat badan 40 Kg bisa memilih celana dengan ukuran 27. Ukuran celana jeans tersebut dibaca dalam inchi. Dengan demikian ketika memilih ukuran 27, lingkar pinggang dari celana teesebut adalah 27 inchi.

2. Berat Badan 41-45 Kg

Berikutnya, ukuran celana wanita yang memiliki berat badan 41 sampai 45 Kg adalah ukuran 28. Ukuran ini hanya estimasi saja, jadi bisa saja terdapat perbedaan bagi masing-masing orang. Selain itu, celana juga akan terlihat berbeda sesuai dengan tinggi badan.

3. Berat Badan 46-50 Kg

Selanjutnya, ukuran celana berdasarkan berat badan untuk wanita yang memiliki berat badan 46-50 Kg adalah ukuran 29. Celana dengan ukuran ini memiliki lingkar pinggang 29 inchi atau sekitar 73 cm. Sedangkan untuk lingkar paha adalah 48 cm.

4. Berat Badan 51-55 Kg

Apabila memiliki berat badan 51 hingga 55 Kg, ukuran celana 30 akan cocok untuk digunakan. Celana jeans dengan ukuran 30 memiliki lingkar pinggang sebesar 76 cm dengan lingkar paha 50 cm. Ukuran ini sesuai dengan bentuk tubuh wanita yang tergolong besar.

5. Berat Badan 56-60 Kg

Ketika memiliki berat badan diatas 56 Kg, ukuran celana yang digunakan juga semakin besar. Hal yang membedakan ukuran tersebut adalah lingkar pinggang dan juga lingkar paha. Untuk berat badan tersebut pilih ukuran 31 dengan lingkar pinggang 79 cm dan lingkar paha 52 cm. 

6. Berat Badan 61-65 Kg

Berikutnya, ukuran celana berdasarkan berat badan di kategori 60 Kg sampai 65 Kg adalah ukuran 32. Ukuran ini memiliki lingkar pinggang 82 cm. Sedangkan untuk lingkar paha 54 cm.

7. Berat Badan 66-70 Kg

Selanjutnya, apabila memiliki berat badan hingga 70 Kg bisa menggunakan ukuran celana 33. Pada ukuran ini lingkar pinggang celana jeans adalah 85. Sedangkan untuk ukuran lingkar paha adalah 56 cm.

8. Berat Badan 71-80 Kg

JIka memiliki berat badan mulai dari 71 hingga 80 Kg, ukuran celana jeans yang bisa digunakan adalah ukuran 34. Ukuran ini bisa digunakan apabila lingkar pinggangnya 88 cm. Sedangkan untuk lingkar paha adalah 58 cm.

9. Berat Badan 81-90 Kg

Berikutnya, wanita dengan berat badan 81-90 Kg bisa menggunakan ukuran 35 atau 36. Ukuran tersebut hanya perkiraan saja. Untuk memastikan bisa mengukur lingkar pinggang dan paha. Untuk ukuran ini lingkar pinggangnya sekitar adalah 91 cm dan lingkar paha 60 cm.

10. Berat Badan 91-100 Kg

Selanjutnya, apabila memiliki berat badan yang lebih dari 90 terdapat ukuran celana yang bisa digunakan yaitu ukuran 37 hingga 38. Ukuran ini memiliki perkiraan ukuran lingkar pinggang 94. Sedangkan untuk lingkar pahanya adalah 62 cm.

Tips Memilih Celana yang Tepat

Memilih celana jeans yang tepat bagi wanita memang susah-susah gampang. Untuk itu, jangan sampai salah memilih ukuran ketika membeli jeans terutama saat membeli online. Jika ukuran tidak sesuai, maka bisa membuat celana menjadi tidak terpakai.

Selain mengukur dengan estimasi berat badan, terdapat beberapa tips lain yang bisa dipakai untuk mencari celana jeans yang tepat. Bahan dan juga warna celana jeans bisa berpengaruh pada tampilan celana yang akan digunakan.

Ketika hendak memilih celana, gunakanlah beberapa tips berikut:

1. Pilih Panjang Celana yang Tepat

Setelah mengetahui ukuran celana berdasarkan berat badan, perhatikan juga panjang dari celana jeans yang dipilih. Jeans memiliki beberapa jenis panjang yaitu cropped, ankle, classic dan sebagainya.

Untuk memilih jeans tidak hanya mengikuti trend saja, namun sebaiknya sesuaikan dengan personality dari penggunanya.

2. Pilih Bahan yang Berkualitas dan Memiliki Jahitan yang Kuat

Harga yang murah seringkali menjadi godaan besar dalam memilih barang. Namun, jangan sampai hanya tergoda dengan harga murah tetapi kualitasnya buruk. Terutama jika memiliki aktivitas yang membutuhkan banyak gerak, sebaiknya dipilih bahan yang bagus dan jahitannya kuat serta rapi agar tidak mudah robek.

Selain itu, memilih bahan dari jeans juga harus disesuaikan dengan bentuk tubuh. Apabila memiliki bentuk tubuh yang lebih berisi sebaiknya menggunakan bahan yang melar. Hal tersebut akan lebih nyaman dan aman digunakan.

3. Sesuaikan Model dengan Bentuk Tubuh

Model jeans yang dipakai juga akan menentukan tampilan. Bagi yang memiliki badan kecil, bisa menggunakan model high waist. Model tersebut bisa membuat kaki terlihat lebih jenjang.

4. Pilih Warna yang Sesuai

Ada banyak pilihan warna jeans yang bisa ditemukan. Memilih warna yang tepat bisa mempermudah dalam melakukan mix and match outfit. Selain itu, warna juga berpengaruh pada bentuk tubuh. Jika memiliki tubuh berisi, memilih celana dengan warna gelap bisa membuat tubuh terlihat lebih ramping.

Itu tadi adalah beberapa ukuran celana berdasarkan berat badan bagi wanita. Ukuran tersebut akan berbeda-beda bagi setiap orang, sehingga hanya menjadi acuan saja. Sebab setiap orang mempunyai bentuk tubuh serta tinggi badan yang berbeda.

Leave a Comment