Jenis Jenis Bunga Berdasarkan Daunnya yang Dijadikan Penyejuk Rumah

Memiliki tanaman hias dapat mempercantik rumah dan membuat suasana lebih sejuk. Terdapat berbagai jenis jenis bunga berdasarkan daunnya yang bisa dipajang di rumah sebagai penyejuk ruangan. Tanaman hias tersebut juga bisa memberi kesan estetik dan rindang pada rumah.

Apabila menyukai tanaman hias dengan berbagai bentuk daun yang unik, maka beberapa tanaman hias berikut ini patut untuk dipertimbangkan. Terdapat tanaman hias dengan yang mungil hingga lebar dan berbagai corak unik lainnya.

Lebih menarik lagi, jenis jenis bunga berdasarkan daunnya itu ada banyak. Sehingga, Anda bebas menentukan pilihan sesuai favorit masing-masing.

Jenis Daun Menyirip

Terdapat 4 macam daun yaitu menyirip, sejajar, menjari dan juga melengkung. Keempat jenis daun tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Jenis yang pertama yaitu daun menyirip. Daun ini memiliki tulang daun yang bentuknya menyerupai sirip ikan.

Susunan tulang daun pada daun jenis ini tersusun dengan rapi, mulai dari pangkal hingga ke helaian daunnya. Ada banyak contoh tanaman yang memiliki jenis daun menyirip. Ini dia jenis jenis bunga berdasarkan daunnya yang diketahui memiliki daun menyirip.

1. Bunga Puring

Tanaman yang satu ini memiliki bentuk daun menyirip. Menariknya daun dari tanaman puring tidak hanya berwarna hijau namun terdapat pula warna merah, jingga, ungu, kuning hingga campuran. Keindahan dari daun tanaman puring ini membuatnya banyak dicari dan digunakan sebagai penghias rumah.

2. Sirih Gading

Berikutnya tanaman hias yang juga memiliki bentuk daun menyirip adalah sirih gading. Tanaman ini tumbuh dengan merambat, biasanya sirih gading akan dibiarkan merambat pada pagar atau dinding rumah. Namun, tak jarang juga tanaman ini dijadikan tanaman gantung.

Jenis Daun Sejajar

Jenis daun yang selanjutnya adalah daun sejajar. Daun dengan jenis ini memiliki tulang daun yang sejajar seperti garis-garis. Ujung tulang pada daun tersebut akan menyatu. Untuk mengetahui jenis jenis bunga berdasarkan daunnya yang memiliki tipe sejajar, simak ulasannya berikut ini:

1. Bunga Anggrek

Contoh bunga pertama yang memiliki bentuk daun sejajar adalah bunga anggrek. Ada banyak jenis tanaman anggrek yang dapat dijadikan penyejuk rumah. Bentuk dan warna dari bunga anggrek ini dapat membuat ruangan tampak lebih cantik.

2. Bunga Iris

Berikutnya, tanaman cantik yang memiliki bentuk daun sejajar adalah bunga iris. Dengan warna yang beragam, ada bunga iris yang berwarna ungu, kuning dan perpaduan dari berbagai warna dapat membuat suasana menjadi lebih indah. Tanaman ini juga banyak disukai karena aromanya yang wangi.

3. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua mempunyai bentuk daun yang memanjang ke atas. Teksturnya keras dan memiliki corak hijau dengan aksen warna kuning pada bagian tepinya. Jenis tanaman yang satu ini cukup populer dan banyak dicari.

Tak hanya memberikan keindahan pada ruangan, tanaman lidah mertua ini juga memiliki manfaat untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Sebab, pada malam hari tanaman lidah mertua akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen serta bisa mengurangi radiasi.

Jenis Daun Menjari

Jenis daun yang selanjutnya adalah daun menjari. Karakteristik dari daun ini adalah berbentuk seperti jari jari manusia. Umumnya, tulang daun menjari ini berjumlah ganjil dengan bagian tengah yang besar sedangkan pada bagian samping akan memanjang dan nampak semakin pendek.

Contoh tanaman yang memiliki bentuk daun menjari adalah philodendron winterbourn. Memiliki kelopak daun yang besar dan berbentuk unik membuat tanaman ini banyak digemari untuk menjadi penghias ruangan. Ditambah lagi dengan warnanya yang hijau, memberi kesan ruangan yang lebih sejuk.

Jenis Daun Melengkung

Jenis daun yang selanjutnya adalah daun melengkung. Pada tanaman dengan daun melengkung, susunan tulang daun terdiri dari garis-garis yang melengkung. Untuk mengetahui jenis jenis bunga berdasarkan daunnya yang memiliki jenis daun melengkung, bisa dilihat pada artikel berikut:

1. Kuping Gajah

Tanaman hias pertama yang memiliki bentuk daun melengkung adalah kuping gajah. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang melengkung dan juga tulang jari yang memiliki warna kontras dengan warna daun keseluruhan. Bentuk dari daun ini lebar dan berwarna hijau.

Tanaman yang satu ini populer di Indonesia dan banyak dijadikan koleksi pelengkap para pecinta tanaman hias. Dengan warnanya yang menarik, membuat tanaman kuping gajah cocok untuk dipajang sebagai penghias ruangan. Tanaman tersebut akan membuat suasana menjadi terlihat lebih sejuk dan menenangkan.

2. Monstera

Tanaman yang satu ini juga sempat viral beberapa waktu lalu ketika masa pandemi. Banyaknya masyarakat yang mulai bercocok tanam sembari mengisi waktu luang selama pandemi membuat tanaman yang satu ini banyak digemari. Hal tersebut tak lain karena keunikan yang dimiliki oleh tanaman monstera.

Tanaman ini memiliki warna hijau yang menyejukkan mata. Hal yang membuat tanaman ini unik adalah bentuk daunnya yang berlubang-lubang. Namun, hal tersebut justru menambah keindahan dari tanaman monstera sehingga membuat harganya cukup fantastis.

Itu tadi adalah jenis jenis bunga berdasarkan daunnya. Ada banyak tanaman cantik yang dapat dipajang sebagai penyejuk ruangan. Tanaman juga bisa membuat interior ruangan menjadi lebih cantik dengan warna warna menarik yang berasal dari bunga dan juga daunnya.

Leave a Comment