Ketahui Jenis Jenis Ikan Air Tawar yang Bisa Dikonsumsi

Mempunyai rasa yang lezat, mudah didapat dan murah membuat ikan air tawar menjadi favorit dan banyak dikonsumsi masyarakat. Jenis jenis ikan air tawar ini ada beragam, bukan hanya lele dan nila saja. Ikan ini dapat diolah menjadi kudapan lezat dan tinggi nilai gizi.

Ikan air tawar bisa dibeli di pasar atau dibudidayakan sendiri. Harganya ekonomis dan nilai gizinya tinggi, sehingga ikan air tawar banyak digemari oleh masyarakat. Siapa sih yang mau menolak ketika ditawari nila bakar?

Karena jenis jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi beragam, Anda pasti ingin berkreasi dengan menu berbeda. Yuk, cari tahu selengkapnya dibawah.

Jenis Jenis Ikan Air Tawar yang Lezat Buat Dikonsumsi

1. Ikan Lele

Ikan yang satu ini kulitnya berlendir serta pada bagian kepalanya terdapat kumis panjang. Jika membeli di pasar, harga dari ikan lele ini juga termasuk murah. Selain itu, bisa juga membudidayakan ikan lele sendiri di rumah sebab perawatan ikan lele tergolong mudah.

Ikan lele termasuk ikan air tawar yang banyak disukai dan sering diolah untuk dikonsumsi bersama keluarga. Untuk mengolah ikan lele ini juga termasuk mudah dan rasanya juga lezat.  Selain digoreng, lele bisa diolah menjadi lele bakar, lele asam manis dan lain sebagainya.

2. Ikan Patin

Berikutnya, jenis jenis ikan air tawar lain adalah ikan patin. Masih satu keluarga dengan lele, bentuk  fisik ikan patin juga menyerupai. Tubuhnya licin dan berlendir serta memiliki kumis.

Daging ikan patin ini lembut seperti lele. Pada ikan patin terdapat omega 3, DHA dan juga memiliki lemak tak jenuh hingga 50%. Jadi, cocok sekali untuk dikonsumsi ibu hamil, anak-anak dan lansia.

3. Ikan Bawal

Jenis ikan air tawar selanjutnya yaitu ikan bawal. Ikan yang satu ini mempunyai daging yang tebal dan memiliki rasa yang gurih. Bentuk dari ikan bawal ini cukup berbeda dari ikan biasanya.

Ikan bawal berbentuk pipih dan melebar. Untuk warnanya adalah hitam dengan campuran orange pada bagian bawah. Untuk mengkonsumsi ikan ini juga tidak sulit sebab harganya cukup murah di pasaran.

4. Ikan Nila

Masih ada banyak jenis jenis ikan air tawar lainnya.  Ikan yang banyak dikonsumsi kali ini sudah familiar bagi masyarakat, yaitu  ikan nila. Ada banyak olahan dari ikan nila mulai dari olahan nila bakar, nila goreng dan olahan lainnya. Nila memiliki rasa yang lezat dan banyak manfaat.

Kandungan selenium pada ikan nilai bermanfaat untuk memperkuat tulang dan menjaga imun tubuh. Harga dari ikan nila ini pun terjangkau. Apabila ingin membudidayakan sendiri, bisa dilakukan di rumah sebab pertumbuhan dari ikan ini terbilang cukup cepat.

5. Ikan Mujair

Tak jauh berbeda dengan ikan nila, warnanya juga keabu abuan. Rasa dari ikan mujair ini gurih dan dapat dimasak menjadi berbagai macam olahan. Biasanya ikan mujair dimasak dengan cara dibakar atau bisa juga digoreng.

Selain rasanya yang enak, ternyata ikan ini merupakan ikan air tawar dengan kandungan protein tinggi. Selain itu,  mujair juga mengandung fosfor yang sangat baik bagi tubuh. Untuk mendapatkan mujair di pasaran harganya juga masih terjangkau.

6. Ikan Mas

Olahan ikan mas juga tak kalah populernya di kalangan masyarakat. Ikan mas bentuknya pipih dan mempunyai sirip yang memanjang. Tekstur daging dari ikan mas ini lembut dan mudah untuk diolah menjadi masakan apa saja.

Namun untuk mengkonsumsi ikan ini perlu berhati-hati. Sebab, dalam ikan mas terdapat banyak duri halus yang tersembunyi di bagian dagingnya. Oleh sebab itu, untuk mengkonsumsinya pastikan sudah menyingkirkan duri-duri tersebut apalagi jika olahan ikan mas tersebut diberikan kepada anak-anak.

7. Ikan Gurame

Jenis yang selanjutnya adalah ikan gurame, jenis ini banyak ditemukan dalam berbagai macam olahan. Terutama ketika berkunjung ke rumah makan sunda, olahan ikan gurame ini akan mudah sekali ditemukan. Daging ikan gurame ini padat dan rasanya gurih.

Bentuk ikan gurame ini pipih dan sedikit melebar. Durinya yang ada di ikan gurame juga besar. Dengan demikian, tidak akan sulit untuk memisahkannya dan tidak perlu takut ada duri yang tertelan.

8. Ikan Gabus

Bosan dengan ikan air tawar yang itu-itu saja? Tenang saja, masih ada banyak jenis ikan tawar lain yang bisa dikonsumsi. Salah satunya adalah ikan gabus. Ikan gabus ini memiliki bentuk kepala yang apabila dilihat sekilas bentuknya menyerupai kepala ular.

Tak perlu khawatir dengan bentuknya, sebab ikan gabus termasuk ikan air tawar yang kaya nutrisi. Tekstur dagingnya yang lembut dan rasa yang gurih membuat olahan ikan gabus ini banyak digemari. Namun ,untuk harganya ikan gabus lebih mahal dibandingkan ikan lainnya.

Itu tadi adalah jenis jenis ikan air tawar untuk dikonsumsi. Berbagai jenis ikan air tawar tersebut memiliki harga yang masih cenderung murah dan terjangkau di kantong masyarakat. Selain itu,  ikan air tawar memang nikmat serta memiliki nilai gizi tinggi.

Leave a Comment