7 Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan yang Tidak Boleh Diabaikan

Ternyata masih ada yang tidak tahu manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai bawang putih lanang. Terdapat kandungan dan senyawa di dalamnya yang memiliki banyak khasiat, seperti senyawa allicin dan minyak atsiri.

Meskipun sama-sama berupa bawang putih, tapi jenis tunggal itu tidak sama seperti yang sering ditemukan di dapur. Bentuknya cenderung bulat dengan warna yang lebih putih dari biasanya. Selain itu, manfaatnya bagi kesehatan lebih banyak daripada bawang putih yang dipakai bumbu.

Oleh banyak orang, bawang putih tunggal memang tidak diperuntukkan bumbu masakan. Kandungan yang ada menjadikannya lebih tepat sebagai obat alami dan menjaga kesehatan. Apa saja manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan? Berikut rinciannya.

Beberapa Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

1. Mencegah Preeklampsia (Komplikasi Kehamilan)

Manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan yang pertama yaitu mencegah risiko terjadinya preeklampsia. Bagi ibu-ibu hamil, disarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin. Tujuannya tentu menghindari adanya komplikasi saat proses kehamilan.

Preeklampsia biasanya dialami oleh ibu hamil ketika masuk usia dua puluh minggu. Banyak gejala yang menunjukkan risiko tersebut. Beberapa di antaranya yaitu tekanan darah yang naik dan meningkatnya protein dalam urine.

Komplikasi saat kehamilan tentu mengakibatkan efek buruk kepada ibu maupun bayi. Untuk mencegahnya, disarankan mengkonsumsi bawang putih tunggal. Mengetahui kadar dosis yang tepat, bisa menanyakannya ke dokter.

Manfaat bawang putih tunggal ini dikarenakan ada kandungan khusus di dalamnya yang mampu mencegah preeklampsia. Kandungan tersebut membantu tubuh dalam memaksimalkan kinerja enzim. Biasanya saat kehamilan, kinerja enzim akan turun.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan kedua adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Allicin merupakan kandungan senyawa yang memberikan kegunaan tersebut. Karena itulah, para penderita kolesterol disarankan mengkonsumsi bawang putih lanang agar kesehatannya tetap terjaga.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika bawang putih tunggal dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 12 persen. Selain itu, produksi kolesterol baik akan meningkat. Tapi itu jika dikonsumsi secara rutin selama kurang lebih empat minggu.

Cara mengkonsumsi bawang putih tunggal untuk mendapatkan manfaat ini beragam. Bisa dikupas dulu dan merebusnya, lalu airnya diminum. Dapat juga dengan menghaluskannya dan langsung meminumnya.

3. Menghaluskan Kulit dan Merawat Kesuburan Rambut

Tidak perlu lagi insecure karena kulit kusam atau rambut lepek. Berkat mengkonsumsi bawang putih tunggal, masalah tersebut akan diatasi. Kandungan di dalamnya akan membantu menjaga kesuburan pada rambut dan membuat kulit lebih halus.

Manfaat bawang putih tunggal tidak hanya dirasakan oleh bagian dalam tubuh saja. Tapi juga melindungi luarnya dari paparan radikal bebas. Kandungannya akan menjaga kolagen dan membuat kulit tetap elastis.

Selain itu, untuk merawat kesuburan rambut, dapat memijatkan bawang putih tunggal ke kulit kepala. Pemanfaatannya juga bisa dengan mengkonsumsinya secara rutin. Dijamin rambut lebih kuat dan tidak akan mudah lepek maupun rontok.

4. Mengobati Diabetes

Seseorang yang mengidap diabetes tipe II, kadar gula dalam darahnya terlalu tinggi. Jika tidak dikontrol, sangat mungkin menimbulkan penyakit-penyakit lainnya. Konsumsilah bawang putih tunggal sebagai obat alami dari diabetes. Kandungan dari bawang putih tunggal yang bermanfaat untuk pengobatan diabetes adalah:

  • Senyawa allicin dan vitamin B dapat memerangi risiko diabet dan mendorong pankreas untuk memproduksi insulin.
  • Sifat hipoglikemik yang dimiliki bawang putih tunggal dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Manfaat ini pernah diteliti dalam jurnal ilmiah kesehatan STRADA. Dalam penelitian yang dilakukan pada mencit, bawang putih lanang bisa menurunkan gula darah dan meningkatkan kadar insulin dengan dosis tertentu. Untuk manfaat yang lebih efektif bagi manusia, masih memerlukan studi penguat.

5. Menyembuhkan Sakit Gigi

Mungkin sudah sering didengar manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan yang satu ini. Sifat antiseptik yang terdapat di dalamnya mampu membunuh kuman yang biasa menyebabkan sakit gigi. Akibatnya, rasa nyeri yang muncul dapat diatasi.

Senyawa allicin dalam bawang putih tunggal yang memberikan manfaat ini. Jadi, bagi yang sedang sakit gigi, segera saja mengkonsumsinya dan menggunakannya sebagai obat alami. Caranya yaitu dikupas dan langsung dikunyah.

6. Menguatkan Daya Ingat

Bawang putih tunggal juga diyakini dapat menjaga memori dan memperkuat daya ingat. Terdapat kandungan yang berperan sebagai stimulus pertumbuhan pada sel neuron. Antioksidan yang terkandung di dalamnya akan menjaga sel dalam otak dari kerusakan dan demensia.

7. Menjaga Stamina

Bagi yang melakukan aktivitas tinggi dan sering berolahraga, disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih tunggal. Dalam sebuah studi, ekstrak bawang putih tunggal memberikan pengaruh pada tubuh sebagai zat imunostimulan. Tubuh tidak akan mudah lelah meskipun mengerjakan kegiatan produktif.

Itulah manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan yang mungkin masih belum diketahui. Obat alami seperti ini tentu sering dijadikan pilihan daripada mengkonsumsi obat kimia. Apalagi ada kandungan yang bisa menyembuhkan diabetes dan kolesterol jahat.

Jika dikonsumsi secara rutin, bawang putih lanang akan menjaga stamina dan mencegah dari penurunan daya ingat. Kulit dan rambut pun turut dijaga kesuburannya. Terlebih lagi, bawang putih tersebut bermanfaat bagi ibu hamil.

Leave a Comment