6 Tips Agar ASI Melimpah Secara Alami Tanpa Obat-obatan

Banyak ibu baru yang mengeluhkan produksi ASI-nya sedikit dan kurang mencukupi. Ada tips agar ASI melimpah secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat. Jadi tidak perlu cemas kalau bayi kekurangan makanan utamanya tersebut.

Banyak faktor yang membuat produksi ASI hanya sedikit. Umumnya, disebabkan oleh stres pasca melahirkan, terutama pada ibu baru. Bisa juga karena kesehatan yang terganggu dan perkembangan payudara belum sempurna.

Apapun penyebab yang membuat ASI keluar sedikit, tentu harus segera ditangani. Bayi perlu mendapatkan asupan ASI yang cukup agar tidak kekurangan gizi. Beberapa solusi bisa Anda temukan pada tips agar ASI melimpah secara alami berikut.

Tips Agar ASI Melimpah Tanpa Obat dan Secara Alami

1. Memenuhi Kebutuhan Gizi

Salah satu cara yang membuat ASI keluar melimpah yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksinya. Makanan yang mengandung banyak mineral dan vitamin akan membantu proses tersebut. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi setiap hari:

  • Biji wijen. Mineral kalsium di dalamnya menunjang pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi, serta membuat ASI lebih banyak.
  • Oatmeal, karena mengandung zat besi.
  • Sayuran, terutama yang daunnya berwarna lebih gelap. Beberapa di antaranya yaitu daun katuk, brokoli, bayam, wortel, dan ubi.
  • Bawang putih. Mengandung senyawa galactagogue yang akan memperbanyak produksi ASI.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang almond.
  • Buah-buahan, terutama pepaya.

Selain makanan, kebutuhan akan cairan juga harus dipenuhi. Banyak minum air putih akan membantu produksi ASI lebih lancar dan melimpah. Paling tidak, dalam satu hari minum sebanyak 8-12 gelas dan jangan sampai kurang.

2. Menambah Frekuensi Menyusui

Tips agar ASI melimpah yang kedua adalah menambah frekuensi dalam menyusui. Proses ini dinamai dengan let down reflex. ASI semakin lancar dan banyak karena otot-otot payudara mendapatkan rangsangan kontraksi berkat penambahan frekuensi tersebut.

Semakin sering menyusui, membuat payudara terpancing untuk mengeluarkan  ASI lebih melimpah. Payudara mengirim perintah kepada otak agar memproduksi ASI sesuai kebutuhan. Karena itulah, ibu harus sering-sering menyusui bayinya.

Baik siang atau malam, ibu harus memberikan ASI kepada bayinya setiap 2-3 jam. Bahkan sesuai anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia, bayi yang tidur perlu dibangunkan untuk disusui. Apalagi jika sudah melewati 4 jam.

3. Mengatur Posisi Saat Menyusui

Latch on atau peletakan saat menyusui ternyata juga mempengaruhi produksi ASI. Jika tidak tepat, bisa dipastikan ASI yang keluar tidak akan melimpah. Hal ini dapat diketahui ketika dipompa ASI yang keluar banyak, tapi jika menyusui malah sedikit.

Letakkanlah mulut bayi pada puting susu dengan posisi yang benar. Tujuannya untuk mencegah nyeri dan luka akibat latch on yang tidak tepat. Selain itu, juga membuat isapan bayi lebih maksimal dan mendorong keluarnya ASI menjadi melimpah.

4. Memompa ASI

Umumnya, ibu baru kurang memiliki keterampilan dalam menyusui. Kesalahan posisi yang sudah diterangkan bisa membuat produksi ASI tidak banyak. Jika sudah begini, banyak yang merasa putus asa dan berhenti memberikan ASI kepada anaknya.

Padahal ada satu tips yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, yakni memompa ASI. Tujuannya yaitu memberikan rangsangan dan stimulus pada payudara. Kalau sering melakukannya, produksi ASI akan banyak dan melimpah.

Memompa ASI juga bisa dilakukan ketika payudara masih terasa kencang karena ASI tidak dihabiskan oleh bayi. Jika dipompa, akan diproduksi lebih banyak ASI menggantikan yang sudah dikeluarkan. ASI dapat disimpan dan diberikan pada jadwal menyusui selanjutnya.

5. Mengurangi Stres

Tips agar ASI melimpah kelima ini tidak boleh diabaikan. Emosi ibu sangat mempengaruhi produksi ASI-nya. Diperlukan istirahat yang cukup dan menghindari kelelahan. Ketika bayi sedang tidur, usahakan pula untuk ikut tidur. Bisa juga dengan melatih pernapasan agar lebih rileks.

Ibu tidak boleh cemas akibat efek pasca melahirkan. Bayi memerlukan lingkungan yang nyaman saat sedang menyusu. Ketika ibu senang, bayi akan merasakan hal yang serupa. Jika proses menyusui lancar, ASI pun ikut melimpah.

6. Menyusui dari Kedua Sisi Payudara

Tips terakhir supaya ASI yang keluar banyak yaitu menyusui bayi dari kedua sisi payudara. Lakukan secara bergantian dari kiri ke kanan atau sebaiknya. Setelah bayi berhenti menyusu dengan sendirinya dari satu sisi, berikan sisi yang lainnya.

Cara ini akan membuat kedua sisi payudara mendapatkan rangsangan yang sama. Jadi tidak hanya satu sisi saja yang bisa memproduksi ASI. Sisi lain pun memperoleh stimulus yang membuat ASI melimpah.

Selain itu, jangan berpikir jika ukuran payudara mempengaruhi jumlah ASI. Ukuran yang besar itu dipengaruhi oleh lemak. Sedangkan yang berperan sebagai tempat menyimpan dan memproduksi ASI adalah kelenjar susu. Jadi berikan stimulus pada kedua sisinya.

Itulah 6 tips agar ASI melimpah dengan cara alami dan tidak perlu mengonsumsi obat maupun suplemen. Para ibu memerlukan asupan gizi dan nutrisi agar produksi ASI lebih lancar. Makan makanan yang memiliki kandungan tertentu bisa membantu proses tersebut.

Jika ingin ASI melimpah, para ibu juga tidak boleh stres. Perlu lingkungan yang tenang supaya bayi mau menyusu, sehingga kelenjar susu tetap memproduksi ASI menggantikan yang sudah keluar. Lebih baik lagi kalau berkonsultasi dengan ahli laktasi.

Leave a Comment