Penyebab Dan Cara Mengatasi Depresi Pada Remaja Yang Perlu Diketahui

Remaja merupakan masa peralihan seseorang yang rentan terkena stres hingga depresi. Dampak dari depresi sendiri bisa membuat remaja merasa tertekan, mengalami gangguan kecemasan, hingga niatan bunuh diri. Berikut penyebab serta cara mengatasi depresi pada remaja yang perlu diketahui, diantaranya sebagai berikut.

Penyebab Depresi Yang Berkepanjangan

Meskipun tidak diketahui penyebab pasti seseorang menderita depresi, namun ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Beberapa faktor berikut ini merupakan penyebab seorang remaja mengalami depresi.

1. Kimia Otak

Bahan kimia otak mengalami hambatan ketika membawa sinyal ke bagian tubuh lain. Hal tersebut kemudian menyebabkan fungsi sistem saraf dan reseptor saraf mengalami perubahan. Kondisi ini dapat memicu seseorang mengalami depresi.

2. Hormon Dan Sifat Bawaan

Adanya perubahan keseimbangan hormon tubuh bisa menjadi pemicu depresi. Selain itu, depresi juga lebih sering terjadi pada keluarga yang sudah juga menderita penyakit serupa. Hal tersebut kemudian menurun pada generasi berikutnya.

3. Kejadian Buruk Yang Tidak Terlupakan Di Masa Kecil

Sebagian anak tentu mengalami masa kecil yang kurang menyenangkan. Seperti pelecehan fisik maupun emosional hingga kehilangan orang tua. Hal tersebut tentu mengakibatkan perubahan pada otak sehingga lebih rentan terkena depresi.

4. Mempelajari Pola Berpikir Negatif

Faktor lain yang menyebabkan seseorang terkena depresi adalah pola berpikir negatif yang dipelajari. Depresi muncul karena seseorang sudah terbiasa merasa tidak berdaya. Tentu ini berbeda dibandingkan untuk belajar menemukan solusi agar dapat menjalani hidup yang tidak mudah.

Cara Mengatasi Depresi Pada Remaja

Remaja yang mengalami depresi tentu merasa tidak nyaman. Bagaimanapun setiap orang yang berada dalam kondisi tersebut ingin sembuh dan normal kembali. Ada cara mengatasi depresi pada remaja yang bisa dilakukan. Antara lain:

1. Membicarakan Masalah Yang Dihadapi Dengan Orang Dewasa

Setiap orang tentu mempunyai masalahnya sendiri-sendiri. Namun bukan berarti, harus memendam dan membiarkannya menumpuk dalam pikiran. Cara mengatasi depresi pada remaja bisa dengan mencoba membicarakan masalah tersebut dengan orang dewasa yang dipercaya.

Ini akan sedikit sulit terutama jika dalam kondisi tertekan, malu maupun tidak berharga. Namun, perlu diingat bahwa banyak orang di luar sana yang mengalami nasib serupa sehingga jangan merasa sendirian.

2. Jangan Mengurung Diri

Cara mengatasi depresi pada remaja selanjutnya adalah jangan terus menerus mengurung diri. Apabila seseorang mengurung diri di kamar justru akan membuatnya semakin terpuruk. Cobalah paksa diri sendiri untuk tetap bersosialisasi agar bisa mengalihkan dari perasaan yang tidak nyaman tersebut.

Seseorang bisa mulai bergabung dan menjalani sesuatu yang disukai. Kurangi aktivitas sosial media yang kurang memberikan manfaat.

3. Terapkan Pola Hidup Sehat

Agar bisa menjalani hidup dengan baik tentu perlu menerapkan pola hidup yang sehat. Seperti halnya makan teratur, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup. Kebiasaan-kebiasaan tersebut terbukti mampu memberikan perubahan yang signifikan terhadap penderita depresi.

Pastikan untuk istirahat cukup, penuhi asupan yang bergizi dan selalu berolahraga. Hindari hal-hal yang kurang bermanfaat seperti merokok, mengkonsumsi alkohol maupun narkoba.

4. Mengelola Stres Dan Kecemasan Dengan Baik

Stres dan kecemasan umumnya berjalan berdampingan dengan depresi bagi sebagian besar remaja. Hal ini dapat menguras energi emosional, mempengaruhi kesehatan fisik, hingga memperburuk depresi. Untuk itulah kelola stres dan kecemasan dengan baik agar bisa meringankan gangguan ini.

Mulailah untuk hidup dengan lebih santai dan menikmatinya. Jadikan setiap hari adalah hari baru yang menyenangkan sehingga tidak akan menjadi beban bagi seseorang. Meskipun ada kalanya merasa stres dan cemas, namun hal tersebut tidak akan membuat seseorang menjadi depresi.

5. Jadikan Kesehatan Fisik Sebagai Prioritas

Seperti yang sudah disampaikan, bahwa penerapan pola hidup yang sehat akan sangat berpengaruh. Cara mengatasi depresi pada remaja ini bisa dilakukan dengan menjadikan kesehatan fisik sebagai prioritas. Seperti yang diketahui, bahwa kesehatan fisik dan mental memiliki kaitan yang saling berhubungan.

Depresi sendiri akan diperburuk oleh seseorang yang tidak aktif, kurang tidur, dan gizi yang tidak terpenuhi dengan baik. Namun sayangnya banyak remaja yang menjalani kebiasaan tidak sehat seperti begadang, menghabiskan waktu berjam-jam di ponsel, hingga kebiasaan makan makanan tidak sehat.

6. Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Mencari Bantuan Profesional

Cara mengatasi depresi pada remaja berikutnya adalah mengetahui waktu yang tepat untuk mencari bantuan profesional. Kita semua setuju bahwa dukungan dari berbagai pihak dapat memberikan perubahan pada perilaku seseorang yang menderita depresi.

Namun ketika depresi semakin parah, disarankan untuk mencari bantuan profesional yang ahli di bidangnya. Banyak metode perawatan yang disediakan oleh pihak profesional tersebut. Nanti hal tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi tingkat keparahan dari depresi yang diderita.

Itulah penyebab serta cara mengatasi depresi pada remaja. Apabila harus mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan depresi, pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak dokter.

Leave a Comment