10 Manfaat Laos Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Laos adalah salah satu rempah dari Indonesia yang sering digunakan untuk bumbu masakan. Ini tentu karena penggunaan laos pada olahan makan dapat menambah cita rasanya. Selain dikenal sebagai bumbu dapur, laos memiliki banyak manfaat. Manfaat laos untuk kesehatan sangat beragam.

Sekilas, laos hampir sama dengan jahe. Bahkan mungkin beberapa orang masih sulit untuk membedakan dari kedua bumbu dapur tersebut. Namun, sebenarnya laos sendiri memiliki rasa pedas yang tajam dengan kulit lebih halus dan pucat. Tekstur dagingnya sendiri lebih keras.

Adapun beberapa manfaat laos untuk kesehatan yaitu sebagai berikut.

Manfaat Laos Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

1. Membantu Mengurangi Peradangan

Laos sendiri memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat membantu untuk menenangkan peradangan yang terjadi di area tubuh tertentu. Antiinflamasi yang terdapat dalam laos mampu menghambat sintesis prostaglandin yang membantu pasien rematik. Mengkonsumsi laos secara rutin dapat membantu mengurangi peradangan pada tulang.

2. Memperkuat Imun Tubuh

Manfaat laos untuk kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Laos atau lengkuas sendiri memiliki jumlah vitamin C yang baik, sehingga menjadikannya penambah kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi laos dapat menghambat replikasi HIV.

Seseorang bisa mengkonsumsinya dengan mencampurkan pada masakan. Selain menambah citarasa masakan, juga dapat berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh. Dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan dengan kandungan bahan kimia, tentu konsumsi laos untuk meningkatkan daya tahan tubuh akan jauh lebih baik.

3. Meningkatkan Jumlah Serta Motilitas Sperma

Banyak masyarakat di daerah Timur Tengah yang menggunakan laos sebagai afrodisiak. Sedangkan masyarakat Asia Tenggara menggunakan bahan ini untuk mengobati gangguan menstruasi. Laos secara signifikan mampu meningkatkan spermatogenesis pada tikus. 

Manfaat laos untuk kesehatan ini menjadikannya bagus dikonsumsi oleh pria untuk meningkatkan kualitas dari sperma yang dihasilkan. Konsumsi secara rutin bisa meningkatkan kualitas sperma dari pria tanpa perlu mengonsumsi suplemen tambahan lainnya.

4. Mencegah Kanker

Manfaat laos untuk kesehatan yang tidak kalah penting yaitu mampu mencegah kanker. Sebagai anggota dari keluarga Zingiberaceae, laos mengandung fitokimia yang bersifat antioksidan dan anti karsinogenik sehingga mampu mencegah penyakit kanker.

Kanker menjadi penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan hingga kini  belum ada obatnya. Oleh karena itulah, alangkah lebih baik untuk mencegah daripada mengobati.

5. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Banyak ilmuwan yang menyatakan bahwa ekstrak laos dapat digunakan untuk meningkatkan produksi asam hialuronat dalam tubuh. Berkat penelitian tersebut, banyak peserta yang melaporkan adanya perubahan dalam kulit seperti pengurangan garis senyum, peningkatan kecerahan dan kepadatan kulit.

Selain itu, penggunaan laos juga mampu menenangkan eksim dan luka bakar. Tidak hanya itu, namun juga bisa mengatasi gatal dan infeksi jamur. Kandungan vitamin yang banyak, maka sangat baik untuk meremajakan kulit apabila digunakan secara rutin.

6. Melancarkan Proses Pencernaan

Serat yang ada dalam laos dapat berfungsi menjaga kesehatan usus dan sistem kerjanya dengan baik. Laos sendiri bisa mengurangi sekresi ludah dan pencernaan. Ini akan menenangkan saluran pencernaan sehingga baik untuk penderita penyakit maag.

Dalam berbagai pengobatan alternatif, laos sering digunakan untuk mengurangi dan mengatasi keluhan seperti gas, kram, sembelit, bahkan menghentikan cegukan. Laos akan sangat baik bagi penderita penyakit-penyakit tersebut karena fungsinya yang beragam.

7. Memelihara Kesehatan Otak

Laos mengandung nutrisi dan ACA yang baik untuk kesehatan otak dan kognisi yang lebih baik. Selain itu, laos juga mampu menghindarkan seseorang dari perasaan dan penyakit depresi yang mungkin diderita karena berbagai faktor dan penyebab.

Padahal otak merupakan salah satu elemen penting dalam tubuh yang bisa berpengaruh dalam berbagai hal. Oleh karena itulah, sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga fungsi otak dengan mengkonsumsi laos setiap hari.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol Pada Tubuh

Manfaat laos untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko suatu penyakit kronis yang mungkin dialami. Contohnya seperti serangan jantung, stroke dan lain sebagainya.

Kandungan galangin, quercetin, maupun kaempferol merupakan flavonoid utama dalam laos yang dapat mencegah kolesterol meningkat. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat menghambat sintase asam lemak. Dengan demikian, mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah.

9. Memelihara Kesehatan Organ Vital Yaitu Jantung

Dalam sebuah penelitian, menunjukkan bahwa manfaat laos untuk kesehatan yaitu mengurangi kontraksi dan melindungi dari serangan jantung yang seringkali menyerang secara tiba-tiba. Dengan kandungan serat yang baik, maka rempah ini sangat bagus untuk dikonsumsi terutama bagi penderita penyakit jantung.

10. Mengobati Gangguan Pernapasan

Laos sering digunakan untuk berbagai macam penyakit pernapasan seperti pilek dan sakit tenggorokan. Dengan mengonsumsi teh laos secara rutin, maka dapat membantu paru-paru dan melonggarkan dahak karena sifat ekspektorannya.

Efek antispasmodik dari rempah ini dapat melebarkan bronkiolus dan  mengurangi dahak. Selain itu, ekstrak laos juga dapat membantu mengendalikan dan menenangkan asma  sekaligus sindrom gangguan pernapasan akut.

Itulah 10 manfaat laos untuk kesehatan yang perlu diketahui. Dengan mengetahui manfaat tersebut, maka diharapkan setiap orang bisa memanfaatkan laos untuk menjaga kesehatan dengan menambahkannya pada setiap masakan.

Leave a Comment