7 Tips Belajar TOEFL Paling Jitu Dan Dijamin Berhasil Lolos

Seiring dengan berjalannya waktu, TOEFL sering dijadikan sebagai syarat untuk melamar kerja, daftar kuliah, sampai syarat kelulusan. Tes ini dilakukan guna mengukur kemampuan seseorang dalam menguasai bahasa Inggris. Agar semakin lancar dan mampu menembus skor yang ditargetkan, tentu perlu mengetahui tips belajar TOEFL yang benar.  

Sama seperti bidang lain, TOEFL membutuhkan ketekunan supaya menguasainya dengan baik. Terlebih lagi ini adalah bahasa asing yang kurang familiar dengan kehidupan sehari-hari kebanyakan orang.

Tanpa panjang lebar, simak tips belajar TOEFL yang benar berikut.

Tips Belajar TOEFL Dengan Baik dan Efektif Untuk Pemula

1. Manfaatkan Waktu Dengan Baik

Waktu memang sangat berharga jika tidak dihabiskan begitu saja. Sehingga, seseorang yang ingin mendapat skor tinggi dalam TOEFL harus menggunakan waktu dengan baik. Sediakanlah waktu yang cukup untuk belajar TOEFL tiap hari.

Konsisten bisa dijadikan sebagai salah satu cara agar bisa mencapai skor yang diinginkan. Kunci yang harus dipegang adalah jangan terlalu fokus dengan soal yang sulit karena akan menghabiskan banyak waktu.

Tinggalkanlah soal yang sulit tersebut, agar pertanyaan yang mudah bisa terjawab terlebih dahulu. Fokuslah pada soal yang mudah agar banyak poin yang bisa didapatkan.

2. Kenali Jenis Pertanyaannya

Terdapat 3 jenis pertanyaan yang akan diujikan dalam TOEFL. Biasakanlah diri mengenali pertanyaan tersebut agar lebih mudah untuk menjawabnya. Pahami pula setiap instruksinya dengan baik agar tidak salah dalam menjawab setiap pertanyaan. Dengan memahami setiap perkataannya, maka akan lebih cepat menjawabnya.

Manajemen waktu sangat penting sekali dalam menjawab soal tes TOEFL. Setiap peserta akan diberikan waktu yang sedikit untuk menjawabnya, sehingga dengan memahami jenis pertanyaan dan instruksinya mampu menghemat waktu. Peserta pun akan lebih banyak menjawab soal jika sudah paham alurnya.

3. Fokus Reading dan Listening

Bagian soal yang paling sulit pada saat melaksanakan tes TOEFL adalah reading dan listening. Diperlukan kemampuan yang lebih untuk bisa menjawab soal tersebut. Tips belajar TOEFL yang bisa dilakukan yaitu dengan sering membaca berita dan mendengarkan sebuah podcast dalam bahasa Inggris.

Jangan lupa pula untuk belajar memahami makna dari berita yang disampaikan, menemukan ide pokok, dan lainnya. Pertanyaan tersebut sering sekali ditanyakan ketika TOEFL, sehingga harus dipersiapkan sejak dini. Berlatih berkomunikasi dengan orang asing juga bisa dijadikan sebagai salah satu upayanya.

4. Jangan Lupakan Kosakata dan Grammar

Kosakata dan grammar tentu akan diuji pada tes TOEFL ini. Peserta harus bisa membuktikan bahwa kosakata yang dimiliki sudah cukup banyak dan grammarnya sudah mumpuni. Perlu dilakukan penambahan kosakata setiap harinya dengan sering membaca atau menonton film berbahasa Inggris.

Praktek langsung dalam membuat suatu kalimat juga bisa dilakukan sebagai tips belajar TOEFL yang sangat jitu. Hal tersebut akan bertahan lebih lama di otak, sehingga cocok diterapkan. Manfaatkanlah kamus yang bisa dinikmati secara online untuk mengetahui makna dari kata yang ditemui atau yang akan dipakai.

5. Latihan Buat Catatan

Tips belajar TOEFL yang bisa dilakukan berikutnya yaitu mencatat secara singkat ketika sedang mengerjakan tes Reading beserta Listening. Belajar pula cara menemukan kata kuncinya secara tepat agar mampu menjawab pertanyaan dengan cepat.

Beri tanda berupa garis bawah pada kata yang mengacu pada jawaban. Peserta tidak perlu mencatat semua kata karena menghabiskan terlalu banyak waktu.

Catatlah hal yang penting saja seperti nomor, kata kerja, keterangan dan lainnya. Gunakan pula singkatan yang umum digunakan agar lebih cepat dalam melakukan pencatatannya. Tips ini penting sekali dipegang agar bisa menjawab banyak pertanyaan.

6. Fokus dan Positif Thinking

Fokuslah pada tujuan yang akan dicapai yaitu memperoleh banyak skor dalam tes TOEFL. Setelah itu, cobalah untuk berpikir positif dalam setiap tindakan yang dilakukan. Cara berpikir ini akan menentukan peserta agar mampu mengelola emosi dengan baik. Butuh konsentrasi dan pikiran yang positif agar bisa menyelesaikan soal dengan baik.

Latihan yang dilakukan setiap hari harus selalu diingat agar ketika waktu tes tiba sudah ada keyakinan yang kuat untuk bisa mengerjakan soalnya. Ingatlah, perjuangan yang telah dilakukan agar energi dan pikiran positif bisa tersalurkan ketika sedang mengerjakan tes TOEFL yang ada di depan mata.

7. Tingkatkan Latihan Secara Otodidak

Apabila ingin memiliki kemampuan yang mumpuni, maka tidak bisa mengandalkan orang lain. Perlu adanya tekad dari diri sendiri untuk belajar secara intensif. Kuatkanlah tekad untuk mempelajari soal TOEFLnya sendiri di rumah.

Belajarlah dengan giat sebelum waktu tes telah tiba. Fokus pada tujuan dan jangan menyerah. Semakin banyak latihan yang dilakukan, maka akan semakin terbiasa dengan soal tersebut dan tentunya peserta akan lebih mudah mengerjakannya.

Jangan suka menunda waktu untuk belajar TOEFL agar hasilnya lebih maksimal dan mampu digunakan sebagai syarat kelulusan ataupun mendaftar kuliah ke jenjang lebih tinggi.

Itulah beberapa tips belajar TOEFL yang seharusnya bisa diterapkan oleh para peserta. Nyatanya, tidak sulit untuk melakukan tips tersebut jika memang ada kemauan yang kuat dari pesertanya. Tetaplah melakukan latihan soal setiap hari agar tidak terasa berat ketika waktu ujian sudah di depan mata.

Leave a Comment