Materi Les untuk Anak SD Kelas 1 yang Bisa Orang Tua Terapkan di Rumah

Dahulu, sistem pengajaran sekolah dasar khususnya kelas 1 sepenuhnya diserahkan kepada guru. Akan tetapi, saat ini anak kelas 1 juga dituntut untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah secara mandiri. Agar kemampuan tersebut terlatih, orang tua bisa menyusun materi les untuk anak SD kelas 1 di rumah.

Kemudian, orang tua dapat mengkombinasikan materi anak di sekolah dengan metode tersebut. Harapannya adalah anak-anak bisa menguasai materi-materi dasar yang penting untuk mendukung perkembangannya di masa selanjutnya.

Jika masih belum jelas, orang tua bisa mengikuti ulasan di bawah ini sebagai bahan pertimbangan sebelum menyusun materi les untuk anak SD kelas 1.

Materi Les Membaca dan Menulis

Kemampuan pertama yang perlu diasah anak kelas 1 SD adalah membaca dan menulis. Sebab, dua hal tersebut merupakan pondasi ilmu pengetahuan secara akademik. Agar kegiatan latihan membaca dan menulis anak terasa menyenangkan, beberapa materi les di bawah ini bisa diterapkan.

1. Membaca Cerita Bergambar

Bagi sebagian anak kelas 1 SD, membaca adalah hal yang membosankan. Untuk itu, orang tua bisa menyiasatinya dengan memberikan buku bacaan bergambar yang penuh warna. Pastikan buku tersebut memiliki susunan kalimat pendek sederhana dengan tulisan yang besar agar anak nyaman selama sesi les membaca dilakukan.

2. Menjawab Soal Cerita

Materi les untuk anak SD kelas 1 yang perlu diajarkan oleh orang tua di rumah adalah menjawab soal cerita. Sebab, materi tersebut nantinya akan menjadi keseharian anak selama menempuh jenjang pendidikan.

Mengasah kemampuan anak untuk menjawab soal-soal berdasarkan cerita singkat sangat bermanfaat. Sebab, anak dapat memecahkan permasalahan sederhana lewat bacaan dengan lebih mudah. Anak juga lebih bisa mengerjakan latihan soal dan PR mandiri tanpa kesulitan karena telah terbiasa.

3. Menyusun Kata Acak Membentuk Kalimat

Menyusun kata acak menjadi kalimat utuh sehingga bisa dibaca merupakan materi les penting yang perlu diberikan kepada anak. Kegiatan tersebut dapat melatih daya konsentrasi dan ketelitian serta kemampuan memproses kalimat padu menjadi lebih sempurna.

Orang tua bisa membuat beberapa kata acak dan mintalah anak menyusunnya sedemikian rupa. Hal ini dapat dijadikan bahan les di rumah.

4. Melengkapi Kata yang Hilang dalam Kalimat

Kegiatan membaca sekaligus menulis dengan memberikan materi melengkapi kata yang hilang dalam kalimat bisa dicoba untuk melatih kreativitas anak. Untuk memulainya, orang tua bisa mencari buku-buku atau membuat rangkaian cerita sendiri dan menghilangkan bagian-bagian yang nantinya akan diisi oleh anak.

5. Menulis Kalimat Panjang

Menulis kalimat panjang menjadi materi les untuk anak SD kelas 1 yang sudah bisa diajarkan dari awal. Apalagi bagi anak yang sudah lancar membaca dan menulis. Namun sebelum itu, orang tua perlu memperhatikan kemampuan anak. Jangan memaksa terlalu keras sebab materi ini membutuhkan kesabaran.

Melatih anak dalam menulis kalimat panjang bisa dimulai dari pengenalan nama, hobi, kegemaran, dan hal-hal yang disukai. Kemudian ajak anak untuk membuat cerita pengalaman perjalanan atau liburan. Selanjutnya, orang tua juga bisa mengarahkan anak mengarang cerita dongeng sederhana untuk menyempurnakan latihan menulis dan membaca.

Materi Les Untuk Anak SD Kelas 1 Berhitung

Kemampuan berhitung anak kelas 1 SD juga perlu ditingkatkan melalui kegiatan les di rumah. Mengajarkan anak hitung-hitungan secara intens dapat memudahkan anak untuk menyerap pelajaran matematika di sekolah. Beberapa metode les berhitung yang bisa dicoba untuk melatih anak di rumah yakni.

1. Mengurutkan Bilangan-bilangan

Ketika anak telah berhasil mengenal angka-angka umum 1 hingga 100, orang tua bisa mulai mengajarkan anak untuk mengurutkan bilangan dari yang terkecil, atau sebaliknya. Agar anak dapat menangkapnya dengan mudah.

Tak hanya itu, orang tua bisa menggunakan model-model gambar. Selanjutnya dengan menggunakan buku yang menyediakan materi tersebut untuk diajarkan kepada anak.

2. Menghitung Benda-Benda

Orang tua juga bisa memberikan materi les menghitung benda lewat media buku-buku aktivitas anak SD yang banyak beredar. Selain itu, materi berhitung juga bisa diperkenalkan lewat benda-benda sekitar dengan memberikan pertanyaan spontan kepada anak. Biarkan anak menghitungnya, dan pastikan jumlah yang dihitung sesuai.

3. Melakukan Operasi Bilangan Penjumlahan dan Pengurangan Sederhana

Materi les untuk anak SD kelas 1 yang perlu dilatih, khususnya matematika dasar yakni membiasakan anak memecahkan soal operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan. Kegiatan ini bisa dimulai menggunakan metode gambar sebagai perwakilan bilangan.

Apabila anak sudah mengerti, orang tua bisa mengenalkan operasi bilangan sesungguhnya. Kegiatan ini cukup menantang, sebab operasi bilangan sangat membutuhkan konsentrasi penuh.

Tentunya orang tua wajib memasukkan anak dalam kondisi stabil dan jangan biarkan perhatian anak teralih agar tugas bisa diselesaikan dengan benar. Tentunya kesabaran orang tua juga perlu ditingkatkan, sebab tidak semua anak menyukai kegiatan ini.

Menyusun materi les untuk anak SD kelas 1 sebenarnya cukup sederhana. Mula-mula orang tua memperhatikan materi yang anak pelajari di sekolahnya. Kemudian bisa disesuaikan dengan materi les yang diajarkan.

Tentunya metode les di atas dapat membantu orang tua selama proses penyusunan bahan ajar berlangsung.

Leave a Comment