Ketahui Tips Lolos Ujian Mandiri Dengan Teliti

Tips lolos ujian mandiri sangat penting dipahami oleh setiap calon mahasiswa yang ingin menjadi bagian suatu perguruan tinggi atau universitas. Namun, agar bisa lulus di setiap jenis seleksi yang diberikan bukan perkara mudah. Butuh lebih banyak kegigihan dan semangat tinggi dari masing-masing peserta.

Selain kegigihan yang diikuti semangat tinggi, ada sekelumit tips lolos ujian mandiri yang perlu digaris bawahi oleh calon mahasiswa. Lantas apa saja kiat-kiat tersebut? Agar tidak penasaran, langsung simak ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Seleksi Mandiri

Seleksi mandiri umumnya dilakukan oleh pihak perguruan tinggi, dimana hal ini berbeda di masing-masing universitas. Atas alasan perbedaan kebijakan universitas, maka beberapa jenis ujian muncul. Diantaranya seperti dibawah:

  • Tes Tulis. Cakupan dari tes tulis yang dilakukan terbagi dua, yaitu Soshum dan Saintek dengan materi yang mirip (tidak sama) pada UTBK.
  • Jalur Rapor atau Prestasi. Ada beberapa perguruan tinggi yang tidak mematokkan tes tulis, hanya sebatas nilai rapor atau prestasi. Namun, tetap sesuai dengan ketetapan universitas.
  • Jalur Nilai UTBK. Bagi yang belum rezeki di hasil UTBK tidak perlu sedih, karena sebagian universitas ada yang meminta nilai ini untuk keperluan penerimaan.

Jenis seleksi mandiri yang sudah disebutkan di atas semuanya sangat tergantung dari perguruan tinggi, begitupun dengan syarat administrasi. Silahkan kunjungi universitas yang ingin dituju atau bisa menghubungi lewat call center di situs resmi.

Tips Lolos Ujian Mandiri Yang Penting Untuk Calon Mahasiswa

Setelah melihat sekilas info tentang seleksi mandiri, saatnya masuk ke pembahasan kiat-kiat agar bisa lulus ujian. Mari ikuti tips yang akan dijabarkan sebagai berikut:

1. Buat Riset Terkait Program Studi Favorit

Tips pertama yang bisa dilakukan calon mahasiswa yaitu membuat sebuah riset tentang program studi favorit dengan mengunjungi official website. Tujuan dari pembuatan riset ini agar nantinya tidak bingung sewaktu memilih jurusan yang sesuai dengan minat masing-masing.

Dalam memetakan program studi, terdapat poin-poin penting yang bisa ditulis seperti akreditasi dari universitas itu sendiri (guna melihat predikat unggul). Kemudian disusul biaya hidup, dana kuliah, dan jenjang karir.

2. Ketahui Bakat & Kemampuan yang Dimiliki Pribadi

Tips yang berikut bisa dibilang cukup penting, tidak hanya bagi calon mahasiswa saja. Namun untuk kalangan anak muda yang mau mencapai prospek di masa depan khususnya titian sebuah karir.

Bakat dan kemampuan merupakan dua poin yang seharusnya sudah diketahui sejak masih sekolah sebelum akhirnya memutuskan untuk kuliah. Perlu diingat, sesuatu yang dikerjakan tidak sesuai minat bisa saja berdampak pada psikis.

3. Lebih Giat dalam Menemukan Informasi Terkait Seleksi Mandiri

Tips yang ketiga yaitu tidak boleh sedikit pun luput dari pandangan Anda, terkait informasi Penerimaan Mahasiswa Baru di universitas yang dipilih. Terlebih perguruan tinggi itu termasuk dalam daftar favorit beserta program studi dan jurusannya.

Sekarang sudah tidak sulit lagi mencari informasi terkait seleksi mandiri masuk ke universitas, karena kemudahan media komunikasi. Selain itu, bagi yang memiliki teman terlebih kakak kelas bisa mulai bertanya sedikit tentang perguruan tinggi tujuan.

4. Minta Masukan dari Orang Tua

Tips lolos ujian mandiri yang satu ini biasanya dilakukan apabila calon mahasiswa merasa sulit untuk memilih program studi dan universitas. Apalagi perguruan tinggi yang masuk ke dalam daftar pilihan berlokasi cukup jauh dari daerah tempat tinggal.

Ajak orang tua untuk duduk sharing sembari menemukan mana perguruan tinggi yang sesuai dan kira-kira tidak memberatkan nantinya. Orang tua pasti akan memberikan pertimbangan yang baik kepada anak apalagi menyangkut prospek di masa mendatang.

5. Rutin Olahraga dan Cukupkan Istirahat

Kondisi tubuh yang tidak mendukung tentu akan membuat seseorang kurang fokus melakukan aktivitas apapun termasuk belajar. Oleh karenanya, calon mahasiswa sebaiknya rutinlah berolahraga dan mencukupi kebutuhan tidur.

Bukan hanya itu, kebutuhan makanan yang bernutrisi juga perlu untuk diketahui secara rinci agar membantu tubuh tetap sehat dan terpelihara. Silahkan scrolling di mesin pencarian jenis-jenis makanan apa saja yang mengandung gizi serta vitamin.

6. Giat Belajar yang Dibarengi Latihan Soal

Tips lolos ujian mandiri berikut ini merupakan suatu yang umum dilakukan oleh kebanyakan siswa-siswi. Semakin besar tantangan, maka seleksi masuk perguruan tinggi akan lebih sulit lagi diberikan.

Bagi yang mempunyai dana tabungan berlebih, dapat mulai mencari tempat les untuk menambah kemampuan dalam mengerjakan contoh soal-soal. Sementara bagi yang belum memiliki cukup budget, bisa menggunakan media sosial edukatif.

7. Perbanyak Doa dan Bertawakal Kepada-Nya

Tips terakhir dapat dilakukan apabila calon mahasiswa sudah mempersiapkan diri termasuk memperhatikan keperluan pendaftaran saat registrasi di perguruan tinggi favorit. Disini calon mahasiswa memohon kepada Sang Pencipta sekaligus berserah atas usaha yang sudah dikerjakan dengan sungguh-sungguh, menerima ketentuan-Nya

Mungkin kata-kata “tidak ada usaha yang menghianati hasil” sudah sangat sering dilontarkan atau didengar. Apapun keputusan-Nya itu adalah yang terbaik, sebagai calon mahasiswa hanya bisa yakin dan berserah atas setiap usaha.

Beberapa tips lolos ujian mandiri yang sudah dijelaskan diharapkan mampu membantu calon mahasiswa menghadapi setiap seleksi. Ingat! Jangan sampai lupa menjaga kondisi diri terlebih H-3 pelaksanaan ujian.

Leave a Comment