5 Tips Mengerjakan Psikotes Agar Lulus Dan Diterima

Saat melamar pekerjaan pada perusahaan, maka akan ada yang namanya tes psikotes. Tes ini secara umum ikut menentukan diterima dan tidaknya dalam perusahaannya tersebut. Untuk mengatasi keraguan di benak calon karyawan, perlu deh menyimak beberapa tips mengerjakan psikotes agar lulus berikut.

Jika melamar pada perusahaan besar, memang sering ada tes psikotes. Meski tidak semua perusahaan menerapkan tes psikotes, namun sebagian besar telah menggunakan tes tersebut sebagai bagian dari rekrutmen.

Untuk berjaga-jaga dan mempersiapkan diri lebih baik, Anda perlu memahami tips mengerjakan psikotes agar lulus dibawah ini.

Sekilas Tentang Psikotes

Psikotes sendiri merupakan tahap lanjutan setelah rekrutmen yang bertujuan untuk mengenali sisi psikologi dari pelamar kerja. Menurut data yang tersedia, disebutkan bahwasannya perusahaan yang menggunakan tes psikotes sebagai salah satu proses rekrutmen mereka hampir 76 persen. Sehingga, proses ini memang sangat diperlukan.

Tas psikotes biasanya dilakukan oleh orang dari lembaga psikologi dengan psikotes sesuai permintaan pihak perusahaan. Sebab, untuk bisa menyusun psikotes memerlukan seorang yang ahli psikologi. Seorang psikolog tersebut yang nantinya dapat menilai jawaban para kandidat.

Dari penilaian psikotes tersebut, nantinya akan menentukan diterima dan tidaknya seseorang ke dalam perusahaan. Sebab, dari jawaban yang diberikan membuat rekuter mampu menilai kandidat. Mulai dari segi psikis, sekaligus menilai pola perilaku kandidat.

Tips Tepat Mengerjakan Psikotes

Bila sudah tahu betapa pentingnya tes psikotes saat akan mendaftar pekerjaan, maka jawaban yang diberikan juga harus penuh kehati-hatian. Adapun beberapa tips mengerjakan psikotes yang bisa pengguna terapkan, sebagai berikut:

1. Mulai Dengan Melihat Dan Memahami Soal Psikotes Yang Diberikan

Tips pertama yang bisa pengguna lakukan saat akan menjawab tes psikotes adalah dengan melihat dan juga memahami soal. Biasanya soal tes psikotes tidak tertebak, bahkan bisa dalam beberapa jenis pertanyaan. Jadi, setidaknya luangkan beberapa menit untuk memahami soal terlebih dahulu.

Pada tes yang diberikan juga bisa berupa soal pilihan ganda, pertanyaan esai dan sebagainya. Dengan Anda mengetahui format soal, maka bisa membuat gambaran bagaimana menjawabnya.

2. Terapkan Kecepatan Diri

Saat melakukan tes psikotes, tentu akan diberikan batasan waktu untuk menyelesaikannya. Namun, perlu diingat bahwa waktu yang diberikan tidak seperti saat melakukan ujian nasional dan relatif lebih singkat. Oleh sebab itu, menerapkan kecepatan diri sangat dibutuhkan.

Apabila sudah melihat semua soal, pasti tahu berapa banyak soal yang diberikan dan tentu tahu waktu pengerjaan. Bila sudah tahu, maka calon karyawan tinggal membuat target waktu disetiap soalnya. Misalnya pada soal pilihan ganda beri waktu 30 hingga 60 detik per soal.

3. Jangan Lewati Sekitar Atau Kerjakan Dengan Urut

Tips mengerjakan psikotes berikutnya adalah dengan jangan melewatkan soal. Jadi, biasakan untuk mengerjakan sesuatu urutan nomor yang diberikan. Sebab jika memilih soal yang menurutnya gampang malah bisa membuat salah satu soal terlewatkan atau semacamnya.

Bila terdapat soal yang memang dirasa sangat susah, maka bisa coba tinggal terlebih dahulu dengan memberikan standar agar tak lupa. Kemudian kerjakan soal lain untuk menyingkat waktu. Bila semua sudah selesai maka tinggal kerjakan soal tersebut.

4. Pergunakan Proses Eliminasi

Proses eliminasi ini bisa kandidat terapkan saat mengerjakan soal ganda. Meski soal ganda terlihat begitu mudah, namun pengguna juga harus hati-hati dengan pertanyaan tersebut. Yakni dengan menerapkan atau menggunakan proses eliminasi untuk memilah dan memilih jawaban paling tepat.

Jadi, dalam pertanyaan ganda kadang terdapat pertanyaan yang membingungkan atau bahkan tidak kandidat ketahui sama sekali. Untuk mengatasi hal ini, pengguna harus memahami soal tersebut terlebih dahulu. Jika sudah, maka bisa lakukan eliminasi pada jawaban.

Pengguna bisa eliminasi jawaban yang sekiranya tidak masuk akal dari pertanyaan tersebut hingga tersisa satu jawaban kemungkinan. Dalam tes psikotes, soal ganda seringkali menyodorkan jawaban yang seolah-olah semua benar. Jadi, tugasnya adalah mencari jawaban yang paling benar.

5. Baca Dan Pahami Setiap Pertanyaan Dengan Sesama

Pada urutan keenam mengenai tips mengerjakan psikotes adalah dengan membaca dan juga memahami setiap soal yang diberikan dengan sesama. Bahkan, tidak hanya untuk tes psikotes saja namun setiap tes harus melalui proses tersebut. Jadi, perlu perhatikan soal dengan baik-baik.

Pastikan bahwa keseluruhan soal telah dibaca. Sebab, kadang belum selesai membaca namun sudah menyimpulkan jawaban yang akan digunakan. Hal tersebut bisa saja membuat calon karyawan melewatkan informasi penting yang ada pada soal karena tidak membacanya, padahal merupakan kunci utama.

Berikut tadi adalah lima tips mengerjakan psikotes yang bisa Anda terapkan saat akan menghadapi tes psikotes. Perlu diingat, meski waktu yang diberikan tergolong singkat namun jangan sampai grasah-grusuh dalam menjawab.

Kandidat juga perlu menerapkan poin terakhir dalam hal ini, yakni membaca dengan seksama dan memahami dengan baik.

Leave a Comment