Metode Pembelajaran Blended Learnin Serta Manfaat Dari Penerapan tersebut

Metode pembelajaran blended learning kini memang menjadi gaya baru dalam dunia belajar atau sekolah. Jadi, dengan metode tersebut pembelajaran bisa dilakukan dari dua arah sekaligus. Pembelajaran dengan metode blended learning dianggap lebih efektif apabila dibandingkan metode pembelajaran biasanya.

Metode ini merupakan bentuk dari pembelajaran yang dilakukan dengan dua metode gabungan. Oleh sebab itu, dikatakan bahwa metode blended learning mampu memberikan hasil optimal dan lebih efektif daripada hanya melakukan pembelajaran satu arah.

Penasaran seperti apa metode pembelajaran blended learning? Kalau begitu, simak penjelasannya sebagai berikut.

Sekilas Tentang Blended Learning

Pada dasarnya, blended learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang kemunculannya baru dimulai di tengah pandemi kemarin. Blended learning menjadi metode pembelajaran yang menggunakan beberapa gaya penyampaian sekaligus. Gaya penyampaian dan juga model pengajaran yang diterapkan juga berbeda.

Dalam metode blended learning, para pelajar atau siswa akan dikenalkan beberapa pilihan media untuk melakukan pembelajaran. Yakni seperti menjadi fasilitator atau bisa juga dengan hanya menerima materi pembelajaran saja. Namun, metode ini tentu membutuhkan alat yang memadai.

Jadi, metode blended learning adalah sebagai solusi atau jalan keluar bagi yang merasa kesusahan dalam melakukan pembelajaran daring. Sistem yang digunakan dalam metode ini hampir mirip dengan pembelajaran daring seperti biasanya. Hanya saja, setelah mendapatkan materi, siswa tetap akan mendapatkan penjelasan.

Contoh Penerapan Metode Blended Learning

Bila sudah mengerti tentang apa itu blended learning, maka Anda bisa memperhatikan contoh yang akan diberikan. Sebab, jika hanya membaca sekilas di atas, mungkin masih merasa bingung dengan metode pembelajaran blended learning. Berikut contoh penerapan blended learning.

Guru akan melakukan dua jenis pendekatan dalam metode pembelajaran yang satu ini. Jadi, siswa juga menggunakan dua metode pembelajaran sekaligus. Yaitu sebelum siswa akan mendapatkan materi dari guru secara online.

Materi tersebut bisa berupa modul, video pembelajaran atau semacamnya. Materi tersebut akan diberikan sebelum melakukan pembelajaran tatap muka melalui video conference dengan media google meet atau dengan zoom. Di zoom nanti, guru akan menjelaskan materi yang diberikan sebelum melakukan pembelajaran melalui video conference.

Kemudian nanti interaksi yang dilakukan secara online tersebut akan direkam. Jadi, jika terdapat siswa yang ketinggalan belajar maka masih bisa menyimak melalui hasil rekaman pembelajaran sebelumnya. Dari video tersebut juga nantinya mampu membuat siswa untuk memutar kembali pembelajaran.

Manfaat Menerapkan Metode Pembelajaran Blended Learning

Sudah dibahas sekilas tentang apa yang dinamakan blended learning sekaligus contoh penerapannya. Nah, sekarang mari lanjutkan pembahasan ke beberapa manfaat yang akan didapatkan bila menerapkan metode ini. Untuk lebih jelasnya mari simak uraiannya.

1. Waktu Lebih Fleksibel

Manfaat pertama dari menerapkan metode pembelajaran blended learning adalah waktu yang digunakan untuk belajar lebih fleksibel. Dengan metode pembelajaran tersebut, para siswa tidak harus selalu datang ke sekolah. Kemudian, guru dan siswa juga bisa membuat kesepakatan dari porsi pembelajaran tersebut.

Dengan blended learning, pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi siswa. Waktu pembelajaran dengan metode satu ini juga tidak mengikat guru dan juga siswa. Sehingga, antara guru dan siswa bisa membuat kesepakatan waktu pembelajaran yang sinkron.

2. Lebih Hemat Biaya Dan Juga Waktu

Urutan kedua mengenai manfaat dari penerapan metode pembelajaran blended learning yakni dapat menghemat waktu dan biaya. Seperti misalnya, pada guru akan menghemat kertas karena soal atau materi bisa ditulis secara online (paperless). Ini merupakan bentuk dari penghematan biaya.

Seperti handout, worksheet yang semula harus diprint terlebih dahulu kini sudah bisa langsung dibagikan kepada para siswa. Selain itu, juga bisa menghemat waktu dalam penerapan pembelajaran. Karena para siswa atau guru tidak harus datang ke sekolah.

3. Lebih Interaktif Saat Menyampaikan Materi

Manfaat penerapan metode pembelajaran blended learning adalah penyampaian pembela yang lebih interaktif. Jadi, dengan penyampaian melalui internet maka bisa dibuat semenarik mungkin dan tentunya lebih mendetail. Memungkinkan guru untuk membuat materi yang lebih interaktif.

Dengan begitu, siswa akan lebih tertarik lagi untuk belajar. Contoh dari penyampaian materi yang interaktif tersebut bisa berupa video, dalam bentuk podcast, atau bisa juga dengan materi yang menggunakan format ebook.

4. Lebih Efektif Dan Juga Efisien

Manfaat selanjutnya dari penerapan blended learning sebagai metode belajar adalah mampu membuat pembelajaran lebih efektif dan juga efisien. Sebab, proses belajar mengajar bisa dilakukan di mana saja, bahkan kapan saja. Seperti bisa dilakukan di warung kopi atau di kamar.

Kemudian bisa dilakukan saat malam hari , pagi atau sore hari sesuai keadaan para siswa. Blended learning ini juga bertujuan membentuk siswa untuk membantu mencapai target pembelajaran. Juga membentuk siswa yang bertanggung jawab dan juga mandiri.

Demikian pembahasan mengenai apa yang dinamakan metode pembelajaran blended learning. Setelah mengetahui contoh penerapan dan manfaatnya, semoga Anda semakin paham dengan model belajar mengajar satu ini.

Leave a Comment