7 Sekolah Pelayaran Terbaik Di Indonesia

Berkarir di bidang pelayaran seringkali menjadi impian utama bagi sebagian orang. Tidak bisa dipungkiri, gaji seorang pelayar sangatlah menjanjikan. Sekolah pelayaran di Indonesia sendiri cukup banyak dan beragam dari berbagai daerah. Oleh sebab itu, bagi yang masih bingung mencari nama sekolah pelayaran terbaik di indonesia maka bisa simak ulasannya berikut.

Ada banyak sekali universitas yang bisa ditempuh oleh para pelajar yang ingin belajar tentang pelayaran. Beberapa akademi tersebut juga terdapat di Jawa barat, Jawa tengah bahkan Jogja juga tak ketinggalan.

Tanpa basa-basi, dibawah ini beberapa rekomendasi sekolah pelayaran terbaik di Indonesia.

Pilihan Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia dan Favorit

1. Balai Besar, Pendidikan Penyegaran Dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP)

Sekolah pelayaran terbaik yang ada di Indonesia pertama adalah sekolah BP3IP. Sekolah tersebut merupakan sekolah pelayaran yang ada di Jakarta. Dalam sekolah BP3IP, juga menyediakan pilihan berupa sekolah non formal selain dari sekolah formalnya.

BP3IP merupakan lembaga diklat pelaut yang dimiliki oleh pihak pemerintah. Dalam diklatnya, BP3IP menggunakan dosen sebagai orang yang mengajar atau instruktur profesional yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu pelaut dan juga pendidikan kepelautan. Dengan harapan menghasilkan lulusan yang bermutu.

2. BPPTL (Balai Pendidikan Dan Pelatihan Transportasi Laut)

Berikutnya, untuk sekolah pelayaran terbaik di indonesia adalah BPPT yang juga berada di Jakarta. Balai ini merupakan Diklat teknis kelautan yang diperuntukkan PNS dalam bidang transportasi laut. Pada balai pendidikan atau BPPTL ini juga memiliki beberapa jenis Diklat di dalamnya.

Seperti misalnya, terdapat Diklat yang berhubungan dengan teknis perkapalan dan juga teknis kepelautan. Bidang perhubungan laut dan intensi terkait, terdapat juga Diklat dalam bidang teknis KPLP juga bidang kenavigasian dan lain sebagainya.

3. Balai Pendidikan & Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang Atau BP2IP

Seperti nama yang dipakai, bahwa balai pelatihan atau sekolah tersebut merupakan sekolah yang ada di Tangerang. Jadi tidak hanya di Jakarta saja untuk menempuh sekolah pelayaran, sebab di Tangerang pun ada sekolah seperti itu. Ilmu pembelajaran yang digunakan juga modern.

Para pelajar yang menempuh pendidikan pelayaran di BP2IP juga akan menikmati belajar dengan fasilitas simulator, laboratorium, ruang belajar, dan perpustakaan juga sudah disediakan di dalamnya. Bahkan para pelajar juga bisa mengambil ekskul yang juga disediakan.

4. Akademi Maritim Cirebon

Berikutnya ada sekolah pelayaran terbaik di indonesia yang bertempat di kota udang yakni Cirebon. Saat sudah selesai menempuh pendidikan SMA sederajat, maka bisa langsung mendaftar pada akademi maritim di Cirebon untuk belajar pelayaran. Dalam akademi tersebut, memungkinkan pelajar untuk menjadi perwira pelayaran.

Akademi Maritim Cirebon akan melatih dan juga mendidik para calon perwira pelayaran sebaik mungkin. Soal fasilitas, tidak perlu diragukan lagi sebab pada akademi tersebut juga sudah disediakan asrama. Terdapat pula beberapa jenis laboratorium beserta perpustakaan yang bisa digunakan.

5. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Jika sebelumnya yang disebut berada di daerah Jawa barat, maka kali ini kita mengulik ke daerah Jawa tengah. Di Jawa tengah, yakni Semarang juga terdapat sekolah pelayaran. Politeknik ilmu pelayaran atau PIP ini juga menjadi sekolah ilmu pelayaran terbaik.

PIP tersebut merupakan universitas yang berada dalam naungan kementerian perhubungan atau KP. Politeknik ilmu pelayaran di Semarang tersebut juga sudah diakui oleh International Maritime Organization. Bahkan, prodi yang dimiliki juga sudah terakreditasi A.

Jika berbicara tentang fasilitas, maka para pelajar nggak perlu khawatir. Sebab sudah disediakan beberapa fasilitas yang lumayan lengkap. Diantara seperti Laboratorium, dan simulator tentu menjadi hal yang wajib ada. Bagi orang muslim juga sudah disediakan masjid, sekaligus terdapat poliklinik.

6. Akademi Maritim Yogyakarta

Kota gudeg juga tak ingin ketinggalan, sebab kota Yogyakarta juga memiliki sekolah pelayaran. Akademi maritim Yogyakarta tersebut pada tahun 2016 juga sudah mendapatkan pengakuan dari International Maritime Organization. Akademi ini juga menjadi sekolah pelayaran terbaik di indonesia yang bisa ditempuh.

Di dalam akademi yang bertempat di Jogja tersebut, juga menyediakan tiga jurusan yang bisa ditempuh oleh setiap pelajar. Diantaranya adalah jurusan nautika, kemudian ada juga jurusan teknik dalam jenjang diploma. Sedangkan yang ketiga adalah jurusan ketatalaksanaan pelayaran niaga.

7. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Jika sebelumnya yang disebutkan hanya yang ada di daerah Jawa, maka berbeda dengan sekolah kali ini. Bagi Anda yang tinggal di luar Jawa, jangan menyerah ketika bercita-cita menjadi seorang pelayar. Sebab, Makassar juga memiliki sekolah pelayaran terbaik. Yakni politeknik ilmu pelayaran Makassar.

PIP Makassar juga sama dengan PIP yang ada di Semarang yakni akademi yang berada di bawah naungan menteri perhubungan. Sekolah PIP yang ada di Makassar ini juga sudah terakreditasi B. Fasilitas yang sediakan juga tidak diragukan lagi.

Demikian adalah tujuh sekolah pelayaran terbaik di indonesia yang bisa ditempuh oleh para pelajar. Tujuh yang sudah disebutkan tersebut merupakan beberapa contoh dari banyaknya sekolah pelayaran di tanah air.

Karena akademi pelayaran ini merupakan universitas, maka untuk masuk ke sana Anda harus lulus SMA sederajat terlebih dahulu.

Leave a Comment