Mengenal Metode Pembelajaran Mind Mapping Secara Umum

Metode pembelajaran berperan penting bagi para dosen dan guru selama proses belajar mengajar, agar berjalan dengan lancar. Ini akan menentukan bagaimana seorang guru dalam memberikan pemahaman kepada para mahasiswa atau siswa. Ada banyak metode pembelajaran, salah satunya metode pembelajaran mind mapping.

Mungkin banyak diantara Anda yang sudah paham tentang mind mapping itu penting dalam dunia bisnis. Namun, disini akan berfokus kepada metode mind mapping yang berguna bagi pembelajaran.

Khususnya memberikan kemudahan bagi para siswa dan mahasiswa untuk menerima informasi baru dan ilmu baru. Sebenarnya apa itu metode pembelajaran mind mapping? Mengapa mind mapping penting? Bagaimana menggunakan mind mapping? Itu yang akan dibahas didalamnya.

Pengertian dari Mind Mapping

Mind mapping adalah suatu teknik atau metode pembelajaran untuk mengkoordinasikan antara otak kiri dan kanan dalam menerima informasi baru. Karena menggunakan otak kiri dan kanan, maka metode pembelajaran mind mapping ini menggunakan konsep visual.

Pemilihan konsep visual ini dilakukan karena mampu membuat otak kiri dan kanan menerima suatu informasi baru atau ilmu baru secara lebih efektif. Mind mapping ini juga mampu memberikan kemudahan dalam memahami tema besar dari suatu pembahasan tersebut secara menyeluruh.

Sehingga, dengan menggunakan metode mind mapping ini mampu memberikan pemahaman konsep pembelajaran secara menyeluruh dan memahami isi dari pembelajaran tersebut. Lalu apa saja sebenarnya fungsi dari metode ini? Berikut simak penjelasannya.

Fungsi Metode Pembelajaran Mind Mapping

Setelah tadi memahami secara umum apa itu mind mapping, selanjutnya adalah mengetahui apa fungsi lain dari metode pembelajaran mind mapping itu sendiri. Simak penjelasan berikut ini untuk memahami fungsi mind mapping dengan baik.

1. Membantu Memudahkan Proses Pembelajaran

Fungsi pertama dari mind mapping ialah memudahkan proses pembelajaran berlangsung. Ketika siswa mudah memahami suatu materi pelajaran, maka bisa melanjutkan pembelajaran selanjutnya tanpa perlu penjelasan lebih lama lagi. Dan dengan menggunakan metode ini, informasi tersebut tidak hanya bersifat short memory, melainkan juga long memory dalam otak.

2. Meningkatkan Imajinasi Kreativitas

Fungsi berikutnya untuk metode pembelajaran mind mapping adalah mampu meningkatkan kreativitas seseorang. Karena jika memahami suatu ilmu baru, akan muncul ide lain dan kreativitas lain untuk kemudian diolah kembali dan menjadi ilmu baru lagi.

Metode mind mapping ini tidak hanya memudahkan menerima ilmu, tetapi juga mampu memunculkan kreativitas baru.

3. Mampu Meningkatkan Produktivitas Diri

Fungsi selanjutnya adalah mampu meningkatkan produktivitas diri. Kenapa begitu? Karena jika paham dengan suatu ilmu baru atau informasi baru, maka akan semangat untuk mengerjakan dan mempelajari ilmu tersebut. Semakin paham, maka akan semakin meningkat produktivitas diri dan semakin banyak menerima informasi baru lainnya.

4. Mampu Memberikan dan Meningkatkan Pemahaman

Fungsi terakhir dari metode mind mapping ialah memberikan serta mampu meningkatkan pemahaman. Karena metode ini menggunakan konsep visual, sehingga otak kiri dan kanan mampu menerima informasi atau ilmu baru tersebut. Otak kanan memberikan gambaran simpel dan otak kiri mampu menjelaskan dan menyaring informasi dengan mudah dan lebih cepat dalam memahami.

Cara Membuat Suatu Metode Mind Mapping

Setelah tadi sudah mengenal apa itu mind mapping dan alasan kenapa cocok digunakan dalam metode pembelajaran. Bahkan juga sudah mengenal apa saja fungsi lain dari menggunakan metode pembelajaran mind mapping tersebut.

Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat metode mind mapping. Ketika Anda salah menerapkannya, hal itu justru membuat sulit siswa maupun mahasiswa menerima ilmu baru. Lantaran lebih ribet memahaminya.

Maka dari itu, simak penjelasan berikut ini tentang cara membuat metode mind mapping.

1. Menggunakan Media Lain Untuk Mind Mapping

Pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat metode mind mapping adalah tentukan terlebih dahulu medianya. Lihat medianya apakah mampu disandingkan atau dikombinasikan menggunakan metode mind mapping. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk dikombinasikan dengan mind mapping.

Salah satu media yang tepat untuk menggunakan metodenya ialah memanfaatkan teknologi seperti komputer. Bisa juga dengan cara sendiri yaitu menggunakan kertas, atau menjelaskan suatu materi dengan menggunakan papan tulis untuk menggambarkan isi dari materi tersebut.

Sehingga, tidak hanya otak kanan yang berfungsi namun otak kiri juga turut andil di dalamnya.

2. Menentukan Tema Serta Sub-Tema Untuk Pembelajaran

Setelah tadi sudah menentukan ingin menggunakan media apa untuk diaplikasikan ke metode pembelajaran mind mapping, selanjutnya menentukan tema. Tidak lupa pula untuk menentukan sub-tema tersebut agar bisa memberikan gambaran isi dari pembelajarannya.

Tujuan menentukan tema dan subtema adalah untuk semakin mudah menjelaskan ilmu baru yang ingin diberikan. Atau dengan menentukan tema dan sub-tema tersebut, mampu menarik perhatian siswa maupun mahasiswa untuk lebih aktif dan kritis dalam berdiskusi nantinya.

3. Menggunakan Gambar Serta Warna Dalam Mind Mapping

Menggunakan gambar serta warna mampu meningkatkan fungsi otak kanan yang berguna dalam hal kreativitas. Dengan metode mind mapping, mampu meningkatkan fungsi otak kanan sehingga akan semakin meningkatkan kreativitas. Sekaligus juga lebih mudah dalam memahami materi atau ilmu baru yang diterima.

Baiklah, itu tadi penjelasan mengenai metode pembelajaran mind mapping. Mulai dari pengertian suatu mind mapping, fungsi dalam menggunakan mind mapping, sampai dengan cara membuat metode mind mapping untuk pembelajaran.

Leave a Comment