Begini Cara Masuk Universitas Harvard Dengan Beasiswa Unggulan

Kuliah di universitas terbaik dunia, tentu menjadi harapan tersendiri bagi banyak siswa. Ini semakin menggiurkan ketika berhasil mendapat beasiswa sekaligus. Pasti sangat menyenangkan bukan? Salah satunya di Harvard University. Hal itu tidak menutup kemungkinan untuk terjadi, sebab terdapat beberapa beasiswa yang bisa di daftarkan. Nah, berikut beberapa cara masuk Universitas Harvard dengan beasiswa yang bisa di coba.

Tentang Universitas Harvard

Salah satu universitas terbaik di dunia dan bergengsi adalah Universitas Harvard. Dimana, Harvard ini terletak di Amerika Serikat, tepatnya di Cambridge. Harvard memang tidak usah diragukan lagi, bahkan di QS World University Rankings tahun 2019, Harvard menempati urutan ketiga dunia sebagai universitas terbaik.

Sebagai kampus yang bergengsi dan memiliki kredibilitas yang tinggi, Harvard menyediakan 9 fakultas ternama. Perlu diketahui, Harvard telah hadir sejak abad ke-19 dan tidak pernah ketinggalan sebagai Universitas dambaan para siswa. Setiap fakultas tentu akan menyajikan berbagai kurikulum yang terbaik dengan dosen yang ahli di bidangnya.

Selain dosen yang mampu di bidangnya, Harvard juga mempunyai berbagai fasilitas yang mendukung. Berbagai fasilitas tersebut dapat dinikmati setiap mahasiswa untuk menunjang keilmuan yang dimiliki. Tidak hanya itu, mahasiswa tentu akan memiliki jaringan luas serta berbagai kesempatan yang bisa didapatkan.

Beasiswa Universitas Harvard

Setiap perkuliahan tentu memiliki standar biaya yang berbeda. Begitu pula, pada Harvard yang memiliki ketentuan biaya yang harus dibayarkan kepada para mahasiswanya. Hal tersebut, tentu sebanding dengan pelayanan, fasilitas dan berbagai kesempatan yang bisa didapatkan. Dalam hal ini, calon mahasiswa baru tentu tidak perlu khawatir.

Sebab ada beberapa beasiswa yang bisa didapatkan. Dengan adanya program beasiswa, tentu akan menjadi hal yang sangat bermanfaat dan penting. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bagi para calon mahasiswa baru yang memiliki cita-cita, serta kemampuan.

Tidak melulu harus mahal, karena program beasiswa dihadirkan untuk setiap siswa agar tetap bisa merasakan bangku kuliah di Universitas ternama. Inilah daftar beasiswa dan cara masuk Universitas Harvard dengan beasiswa:

1. Beasiswa Studi Kependudukan dan Pembangunan Harvard

Beasiswa yang bisa didaftarkan untuk dapat berkuliah di Harvard dengan gratis, adalah menggunakan Beasiswa Kependudukan dan Pembangunan. Dimana, beasiswa ini terbuka untuk sarjana AS maupun dari Internasional. Sehingga, dari Indonesia pun bisa mendapatkannya.

Terdapat manfaat yang bisa didapatkan para mahasiswa dari beasiswa ini yakni uang 60 ribu dollar. Kemudian, ada asuransi Kesehatan, hal istimewa perpustakaan, asuransi kesehatan dan juga dana untuk penelitian. Tentu sangat membantu para mahasiswa.

Biasanya, untuk mendaftarkan beasiswa ini, akan diberikan pengumuman resmi oleh Harvard sendiri. Tentunya, mahasiswa perlu mengajukan diri kepada pihak kampus. Namun, beasiswa ini hanya diperuntukkan kepada mahasiswa yang akan memiliki gelar Ph.D saja. 

2. Beasiswa Persahabatan Lingkungan Universitas Harvard

Selanjutnya, cara masuk Universitas Harvard dengan beasiswa yakni memanfaatkan beasiswa persahabatan lingkungan. Program beasiswa ini diselenggarakan oleh Harvard yang memiliki berbagai cakupan biaya. Mulai dari uang sebesar 66 ribu dollar yang diberikan per tahunnya, sampai 2500 dollar untuk tunjangan perjalanan.

Selain itu, ada asuransi Kesehatan serta pengeluaran lain yang digunakan untuk profesi. Tentunya, terdapat berbagai syarat dan ketentuan berlaku agar bisa mendapatkannya. Anda bisa mengakses berbagai informasi lainnya lewat situs resmi Harvard.

Namun, beasiswa lingkungan ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengambil fakultas berkaitan dengan lingkungan.

3. Beasiswa Bisnis Harvard

Di dalam Harvard, memang terdiri dari beberapa fakultas. Tentunya, setiap fakultas yang akan diambil memiliki beasiswa selain dari pihak Harvard atau Instansi lain. Salah satu fakultasnya adalah bisnis. Bagi yang ingin mendaftar beasiswa untuk fakultas bisnis, maka bisa daftar beasiswa maju sekolah bisnis Harvard.

Beasiswa yang ini, dibuka setiap tahun oleh Harvard dan pasti bisa didaftarkan. Tentunya, memiliki berbagai persyaratan yang secara singkat mahasiswa merupakan dari keluarga tidak mampu.

Bisa juga karena membutuhkan bantuan finansial dan sebagainya. Untuk jumlah dari beasiswa ini bervariasi yakni 10 sampai 20 ribu dollar.

4. Beasiswa LPDP

Program beasiswa LPDP merupakan program beasiswa Indonesia, yang akan membantu pembiayaan mahasiswa untuk kuliah. Dimana, LPDP ini mendukung program beasiswa lainnya dari Lembaga atau kementerian. Beasiswa ini juga bisa digunakan untuk mendaftar di Harvard University.

Adapun untuk cara masuk Universitas Harvard dengan beasiswa LPDP, maka perlu mendaftar lebih dulu. Pendaftaran tersebut, bisa lewat situs resmi dari LPDP. Tentunya memiliki persyaratan dan beberapa tahapan pendaftaran harus dilewati.

Beasiswa LPDP dibuka setiap tahunnya, untuk menyeleksi berbagai calon mahasiswa Harvard yang memenuhi persyaratan. Tetapi tenang saja, karena di dalam situs resminya terdapat berbagai panduan lengkap. Supaya mahasiswa tidak kesulitan dalam mendaftar.

Itulah tadi cara masuk Universitas Harvard dengan beasiswa yang bisa di coba. Selain diatas, sebenarnya masih banyak lagi program beasiswa unggulan yang bisa dimanfaatkan untuk berkuliah.

Tentunya, sebelum mendaftar pastikan sudah mempelajari setiap ketentuan dan juga persyaratan yang ada.

Leave a Comment