Ketahui 10 Manfaat Madu untuk Anak Secara Lengkap!

Sebagian besar orang tentu saja sudah mengenal bahan alami beribu manfaat, seperti madu. Umumnya menjadi bahan tambahan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai makanan dan minuman. Sayangnya, pada saat yang sama, masih banyak yang tidak tahu bahwa ada banyak manfaat madu untuk anak.

Madu terutama yang murni sebenarnya memang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tidak terbatas pada orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Memberikan mereka madu sama saja menutrisi tubuh agar lebih sehat.

Bagi yang ingin lebih tahu terkait apa saja manfaat madu untuk anak, maka simak penjelasan berikut.

Beraneka Macam Manfaat Madu Untuk Anak Yang Bagus

1. Menjadi Obat Batuk

Manfaat madu untuk anak yang pertama ini mungkin sering didengar oleh orang tua, terutama untuk mengatasi penyakit batuk. Namun sayangnya, lebih banyak yang memanfaatkan madu  untuk bahan tambahan dalam mengobati penyakit batuk orang dewasa. Padahal, bisa juga memberikan kepada anak-anak.

Secara sederhana, membuat ramuan minuman yang ditambah dengan madu ini bisa memberikan efek berupa kelegaan, terutama ketika anak-anak sedang batuk. Selain itu, nantinya setiap orang tua juga bisa memanfaatkan satu sendok saja dari madu dan diminum oleh anak secara rutin.

2. Menyehatkan Organ Dalam

Kemudian ada juga manfaat lainnya yang jangan sampai ketinggalan untuk dicoba oleh setiap orang tua, yaitu mampu meningkatkan organ dalam anak. Bahkan nantinya para orang tua tidak perlu memanfaatkan bantuan dari suplemen yang mahal di apotek dan cukup dengan rutin memberi madu.

Madu murni jika diminum secara rutin setelah makan makanan yang bergizi nantinya bisa berdampak pada perkembangan. Selain itu, anak-anak akan mendapatkan nutrisi berupa vitamin yang besar dan sangat berpengaruh pada perkembangan organ dalam sekaligus otot tubuh.

3. Menjadi Obat Diare

Tidak kalah menarik dari beberapa manfaat yang sebelumnya, ada juga manfaat madu untuk anak lainnya yang bisa dinikmati. Siapa sangka, ternyata madu bisa menjadi bahan obat yang bagus untuk mengatasi penyakit diare pada anak-anak.

Jangan meremehkan diare, karena jika berkepanjangan bisa membahayakan kondisi dan kesehatan si kecil. Nantinya, setiap orang tua hanya perlu memberikan beberapa sendok madu saja untuk diminum oleh anak terutama setelah menyantap makanan berat.

4. Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat madu untuk anak yang menarik ini tentu saja bisa dimanfaatkan oleh setiap orang tua, terutama demi organ hati. Ditambah lagi, ternyata konsumsi madu yang dilakukan dengan lebih rutin juga bisa membantu dalam mengatasi kerusakan pada organ hati tersebut.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sementara itu, ada juga manfaat madu untuk anak yang lainnya yaitu bisa membantu dalam mempercepat penyembuhan luka di tubuh. Tidak harus meminumnya, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit madu di bagian tubuh yang sedang sakit dan memberikan waktu sampai luka sembuh.

6. Menambah Memori Otak

Anak-anak yang berada di masa pertumbuhan sangatlah bagus diberi madu secara rutin, karena bahan alami satu ini bagus untuk bagian otak anak. Nah, khasiat madu untuk anak-anak adalah bisa membantu menambah memori.

Manfaat ini sebenarnya juga tidak mengejutkan, terutama setelah mengingat bahwa madu memiliki kandungan yang penting seperti kandungan lemak omega 3. Selain itu, madu juga bisa menjadi sumber antioksidan alami yang juga berpengaruh cukup besar pada memori otak dari anak.

7. Menjadi Penangkal Alergi

Ternyata, madu yang dikonsumsi secara rutin oleh anak juga bisa menjadi sumber penangkal alergi. Terutama jika madu tersebut diberikan dalam kadar yang cukup saja, maka bisa membantu mencegah alergi yang bisa datang ke anak kesayangan Anda.

8. Meningkatkan Energi Anak

Setiap orang tua tentu saja ingin memiliki seorang anak yang bisa melakukan berbagai aktivitas dengan energi yang cukup dan banyak. Hanya saja, terkadang ada beberapa anak yang sedari lahir hanya memiliki energi minim sehingga mudah merasa lelah setelah melakukan aktivitas.

Tahukah Anda, hanya dengan bantuan dari madu, maka bisa membantu dalam menambah energi yang dimiliki oleh anak. Terutama jika anak memang membutuhkan energi dalam jumlah yang banyak, sehingga bisa mengikuti pertumbuhan dan perkembangan seperti anak lain pada umumnya.

9. Menjadi Sistem Imun

Madu adalah bahan alami yang mengandung ragam nutrisi baik, seperti berkaitan dengan sistem imun yang dimiliki anak. Kali ini, dengan kandungan vitamin C yang besar, madu bisa menjadi sumber sistem imun yang kuat pada setiap anak.

10. Sumber Probiotik Alami

Terakhir, ada manfaat tidak menarik yang disediakan oleh madu untuk anak-anak. Yaitu bisa menjadi sumber probiotik alami. Terkait hal ini, nantinya madu bisa membantu untuk mengatasi berbagai bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh anak dan bisa memunculkan penyakit.

Beberapa manfaat madu untuk anak yang sudah dijelaskan di atas tentu saja dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh orang tua. Tidak hanya berfungsi menjadi penangkal dari alergi yang baik, madu juga bisa menjadi obat untuk penyakit umum seperti obat diare.

Leave a Comment