10 Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur, Langsung Coba!

Bagi para wanita, tas menjadi salah satu aksesoris yang wajib untuk dimiliki dan digunakan rutin sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Tas menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum wanita ketika bepergian. Sayangnya, masih banyak yang tidak tahu informasi lengkap mengenai cara merawat tas agar tidak berjamur sehingga nantinya bisa bertahan lama.

Sebenarnya, untuk merawat tas yang dimiliki perlu memahami dengan baik terutama terkait bahannya. Setiap tas yang dijual di pasaran pasti terbuat dari material berbeda. Perawatan yang tepat dilakukan yaitu sesuai bahan dasar pembuatan tas itu sendiri.

Jangan bingung mengenai cara merawat tas agar tidak berjamur, simak uraian selengkapnya dibawah.

Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur dan Lebih Awet

1. Memakai Lotion Khusus

Untuk cara merawat tas agar tidak berjamur yang pertama ini, hanya perlu dilakukan dengan memanfaatkan bantuan dari produk lotion khusus. Mungkin beberapa pengguna tas sudah memanfaatkan bantuan dari alat untuk membersihkan tas secara rutin walaupun sebenarnya belum cukup untuk perawatannya.

Jika ingin tas yang dimiliki nantinya dapat terhindar dari jamur, maka coba beli lotion khusus tas yang dapat digunakan berulang kali. Selain itu, jenis lotion ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dengan cara yang secukupnya saja terutama setelah membersihkan secara manual.

2. Memeriksa Sirkulasi Udara

Kemudian ada juga solusi lain agar tas kesayangan Anda bisa menjadi jauh lebih awet dan dapat dipakai berulang kali oleh pengguna. Mungkin, solusi ini juga belum banyak dikenali terutama oleh beberapa orang yang lebih banyak berfokus pada penampilan luar dari tasnya.

Padahal, sebenarnya sirkulasi udara sejak awal bisa memberikan pengaruh besar pada tas terutama yang dibuat dari kulit mahal. Nantinya, coba perhatikan tempat untuk menyimpan tas kesayangan yang dimiliki dan pastikan sirkulasi yang ada itu aman.

3. Memperhatikan Sinar Matahari Langsung

Cara merawat tas agar tidak berjamur berikutnya adalah menghindari paparan sinar matahari langsung. Sebab, ada beberapa jenis tas yang sebaiknya jangan terlalu lama dipakai di luar ruangan apalagi jika sampai terkena sinar matahari langsung.

Bagi yang masih tidak percaya, silahkan perhatikan tas yang lebih sering dipertemukan dengan sinar matahari langsung. Tas tersebut akan berubah warna dengan cepat. Selain itu, jangan lupa untuk menepuk dengan handuk yang kering ketika menemukan ada bagian yang basah misalnya setelah terkena air hujan.

4. Menghindari Tumpukan Tas

Cara merawat tas agar tidak berjamur bisa dimulai dari langkah sederhana, yaitu memperhatikan tempat untuk menyimpannya. Alangkah lebih baik para pemilik tas mulai menyimpan barangnya dengan cara digantung saja dan tidak menumpuk satu sama lain begitu saja.

5. Memeriksa Isi dengan Rutin

Cara merawat tas agar tidak berjamur seperti ini yang lebih ke memperhatikan penggunaannya secara rutin terutama untuk isinya. Secara sederhana, para pengguna diminta untuk lebih peka terhadap barang yang dipakai dan membersihkan plastik yang tertinggal.

6. Memanfaatkan Baking Powder

Selanjutnya, ada solusi ampuh untuk merawat tas terutama dengan bahan kulit. Yaitu memanfaatkan bantuan dari baking powder. Setiap orang bisa mencoba untuk menggunakan bahan dapur ini pada tas yang memang berusia lama dan mulai menunjukkan perubahan warna.

Tata caranya pun bisa dikatakan mudah untuk dipraktekkan secara langsung, hanya dengan meletakkan baking powder ini ke tas dan mendiamkannya. Jangan lupa untuk menunggu dahulu setidaknya selama sekitar 24 jam sebelum di cek apakah ada perubahan warna dan bau dalam tasnya.

7. Rajin Membersihkan Tangan

Sebuah cara yang paling mudah untuk dicoba oleh setiap orang adalah dengan lebih sering membersihkan tangan sebelum digunakan menyentuh tasnya. Ditambah lagi, jika menggunakan tasnya di luar ruangan untuk makan, maka jangan lupa membersihkan tangannya sebelum ingin menyentuh tas masing-masing.

8. Menggunakan Pelindung Dalam

Beberapa orang yang membeli tas secara langsung dari toko resminya pada umumnya akan mendapatkan bahan tambahan, seperti bagian pelindung tambahan. Banyak yang malah membiarkan dan mengabaikan bagian penting tersebut padahal bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mempertahankan kualitas dari tas masing-masing.

Yaitu memakai pelindung tas sebelum kemudian menyimpannya. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa bagian tersebut secara rutin dan membersihkannya jika ada kotoran atau debu yang menempel pada pelindungnya.

9. Menambahkan Beberapa Pouch

Cara berikutnya yang jangan ketinggalan untuk dicoba dengan mudah adalah dengan membeli beberapa pouch yang bisa digunakan sesuka hati. Nantinya, setiap orang hanya perlu memasukkan beberapa barang yang diperlukan ke dalam pouch sebelum dimasukkan juga ke tas yang utama.

10. Rajing Mengancingkan Zip

Sementara untuk cara yang terakhir ini banyak tidak diketahui padahal bisa secara tidak langsung memberikan efek yang bagus pada tasnya. Kali ini, setiap orang hanya perlu memulai dengan mengancingkan zip yang ada di tas kesayangan setiap kali menyimpan atau menggantungnya.

Demikianlah cara merawat tas agar tidak berjamur yang ampuh dan efektif. Silahkan coba tips-tips diatas, mulai dari memanfaatkan baking powder maupun dengan menambahkan pouch.

Leave a Comment