Inilah 8 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak jarang di pusat jajanan maupun pinggir jalan ditemukan banyak pedagang menjual es kelapa muda. Meskipun terlihat seperti minuman segar lainnya, rupanya kelapa muda sendiri merupakan buah dengan segudang nutrisi. Ada begitu beragam manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang sayang buat dilewatkan.

Kelapa muda yang menyegarkan adalah pilihan favorit dikala siang hari dan cuaca panas. Untuk melepas dahaga dan mendinginkan tubuh, es kelapa muda memang paling cocok. Meski sering dianggap sebatas minuman penyegar, kenyataannya ada lebih banyak manfaat air kelapa muda untuk kesehatan.

Simak ulasan berikut untuk ketahui berbagai manfaat selengkapnya.

Beraneka Macam Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

1. Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Inilah salah satu alasan mengapa kelapa muda banyak dijual di pinggir jalan maupun di warung makan kecil hingga restoran ternama. Air kelapa muda mengandung elektrolit yakni pengganti cairan tubuh yang hilang.

Berasal langsung dari alam, air kelapa muda menjadi minuman isotonik yang kaya akan manfaat bagi tubuh termasuk untuk menghidrasi kembali tubuh yang kehilangan cairan. Bahkan, jika meminum air kelapa muda dalam jumlah banyak saat dehidrasi, risiko rasa mual dan sakit perut pun cukup kecil.

2. Menyeimbangkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Pada tahun 2015 telah dikembangkan sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa air kelapa muda dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Ini dikarenakan kandungan natrium di air kelapa muda.

Jika mengkonsumsi dalam waktu jangka panjang, manfaat air kelapa muda untuk kesehatan juga dapat menyeimbangkan gula darah penderita diabetes. Terlebih lagi rasa air kelapa yang segar dan tidak terlalu manis tentu membuat penderita diabetes tidak perlu sungkan untuk mengkonsumsi air kelapa.

3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal sampai saat ini masih banyak ditemui. Khususnya pada orang-orang yang hanya mengkonsumsi air putih dalam jumlah sedikit. Konsumsi makanan yang mengandung komponen seperti kalsium dan asam oksalat berisiko mengendap dan mengkristal menjadi batu ginjal.

Air kelapa dapat mengurangi risiko terbentuknya kristal yang menempel pada ginjal serta saluran kemih. Bukan itu saja, air kelapa muda juga bekerja memecah kadar oksalat tinggi dalam urin. Alhasil, tubuh akan terminimalisir dari radikal bebas.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain dapat memecah oksalat, manfaat air kelapa muda untuk kesehatan juga dapat menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida. Tentu ini merupakan kabar baik bagi penderita penyakit jantung. Konsumsi air kelapa dibuktikan mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Ini dibuktikan melalui sebuah penelitian di tahun 2018 dengan memberikan makanan berlemak pada tikus dan membedakan kelompok tikus yang diberikan air kelapa dan tidak. Hasilnya menunjukkan adanya kontrol kadar kolesterol dan trigliserida yang signifikan sesudah 45 hari rutin meminum air kelapa.

5. Membantu Proses Regenerasi Sel Tubuh

Bukan hanya sel-sel baik, secara alami tubuh juga menghasilkan berbagai sel berbahaya sebagai efek samping dari adanya radikal bebas. Produksi sel berbahaya ini meningkat signifikan jika tubuh kelelahan atau imunitasnya menurun.

Kandungan antioksidan pada air kelapa memiliki manfaat untuk meredakan efek stress oksidatif yang dihasilkan oleh zat radikal bebas. Air kelapa dapat menurunkan dan menangkal produksi sel-sel berbahaya sebagai pengaruh dari radikal bebas.

6. Mengobati Berbagai Penyakit Pencernaan

Air kelapa juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk berbagai penyakit pencernaan seperti diare, gangguan pencernaan, konstipasi, hingga cacingan. Tingkat osmolaritas pada air kelapa yang tinggi bahkan membuatnya disarankan oleh WHO untuk dikonsumsi penderita diare.

Saat terkena diare, tentu saja sebagian besar cairan tubuh akan hilang. Mengkonsumsi air kelapa bisa menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan cairan yang hilang. Di samping itu, air kelapa juga memiliki berbagai kandungan lain seperti enzim, hingga asam amino.

7. Memperlambat Penuaan

Bukan hanya pada kesehatan tubuh saja, ada juga manfaat air kelapa muda untuk kesehatan kulit wajah. Mulai konsumsi air kelapa secara rutin sekarang juga untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan kencang. Dalam air kelapa terdapat kandungan yang dapat memperkuat jaringan ikat.

Tidak jarang kandungan ini ditemukan di berbagai produk untuk memberikan efek anti penuaan. Kandungan ini adalah sitokinin. Ini merupakan hormone pertumbuhan yang dapat mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel. Sitokinin pada air kelapa dapat membantu proses memperlambat penuaan pada area kulit wajah.

Terlebih lagi, sitokinin juga mempunyai manfaat lain yakni untuk menyeimbangkan pH tubuh serta mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan penuaan. Konsumsi air kelapa secara rutin membuat kulit wajah terasa lebih muda dan kencang.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi air kelapa baik untuk dilakukan secara rutin oleh penderita hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa bekerja melancarkan sirkulasi darah sehingga mencegah risiko stroke. Air kelapa dapat mencegah terbentuknya penggumpalan darah yang dapat memicu stroke.

Rupanya ada berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh. Dengan segudang manfaatnya ini, air kelapa bisa ditemukan dengan mudah dan harganya terjangkau. Ganti konsumsi minuman instan dengan air kelapa dan rasakan manfaatnya pada tubuh.

Leave a Comment