Daftar 10 Universitas Terbaik Di Indonesia Dan Jurusannya

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk bekal masa depan bagi setiap anak. Tidak heran, sebagai orangtua ingin pendidikan yang terbaik agar bisa menunjang cita-cita dan meraih masa depan yang diimpikan. Berikut daftar universitas terbaik di Indonesia dan jurusannya.

Ketika Anda berencana masuk ke universitas favorit, maka harus mempersiapkan nilai mumpuni dan biaya yang agak mahal. Persiapkan diri untuk mengikuti seleksi yang diselenggarakan universitas sebagaik mungkin.

Jika sudah siap ilmu dan materi, langsung disimak deretan universitas terbaik di Indonesia sebagai berikut.

Universitas Terbaik di Indonesia dan Favorit Calon Mahasiswa

1. ITB

Universitas terbaik di Indonesia dan jurusannya yang pertama adalah ITB. Kampus ini berlokasi di kota Bandung dan sudah berdiri sejak 1959. ITB sendiri sudah mengantongi akreditasi internasional yaitu ABET dan ASIIN.

Kampus ini menawarkan 27 program studi dan terdapat beberapa jurusan yang selalu banyak peminatnya. Beberapa diantaranya yaitu teknik informatika, teknik pertambangan, dan masih banyak lagi.

2. UGM

Berdiri sejak tahun 1949, UGM awalnya adalah upaya gabungan dari sekolah tinggi yang ada di Yogyakarta. UGM hingga kini menyediakan setidaknya 18 fakultas, pendidikan pascasarjana, dan vokasi yang bisa dipilih.

Prodi di UGM hampir semua memiliki akreditasi A dan sebagian besarnya sudah diakui secara internasional. Prodi favorit yang selalu banjir peminat adalah kedokteran, hukum, dan lain sebagainya. 

3. Institut Pertanian Bogor

Universitas terbaik di Indonesia dan jurusannya selanjutnya adalah IPB. Kampus ini memiliki konsentrasi utama dalam bidang pertanian. Namun meskipun begitu, banyak jurusan nonpertanian yang disediakan oleh pihak kampus.

Sama halnya dengan 2 kampus sebelumnya, banyak jurusan dari kampus ini yang sudah diakui secara internasional. Untuk jurusan favoritnya antara lain ilmu gizi, teknologi pangan, komunikasi dan pengembangan masyarakat, dan masih banyak lagi. 

4. ITS

Kampus yang berlokasi di Surabaya ini fokus pada pengembangan ilmu di bidang teknologi dan kemaritiman. Salah satu  universitas terbaik di Indonesia dan jurusannya ini memiliki terobosan terbaru melalui riset yang terus dilakukan hingga saat ini. 

Prodi yang paling banyak diminati yaitu teknik informatika, teknik elektro, dan lain sebagainya. Agar bisa masuk dan menjadi bagian dari kampus ini, tentu harus bisa mengalahkan saingan yang jumlahnya hingga ribuan.

5. UI

Universitas terbaik di Indonesia dan jurusannya selanjutnya adalah UI. Kampus ini menjadi salah satu ikon pendidikan di Jakarta. Kampus ini menampilkan citra kampus modern, terbuka serta komprehensif.

Ada banyak sekali disiplin keilmuan yang ditawarkan oleh UI. Jurusan favorit yang sering menjadi rebutan adalah kedokteran, kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Ilmu hukum, manajemen, komunikasi, dan jurusan soshum lainnya juga selalu ramai peminat.

6. Undip

Undip sendiri memiliki passing grade yang cukup tinggi dengan berbagai program studi yang ditawarkan. keunggulan dari kampus ini yaitu dari segi riset dan bidang pengajaran. Tidak hanya itu, Undip selalu melakukan berbagai terobosan barunya dengan dukungan infrastruktur terbaik.

Berbagai prodi yang paling banyak diminati yaitu ilmu gizi, kedokteran, teknik sipil, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bidang sosial hukum yang menjadi favorit adalah administrasi bisnis, ilmu komunikasi, hubungan internasional, dan lain sebagainya.

7. Unair

Unair menjadi kampus terbaik di Jawa Timur di mana kampus ini menyediakan berbagai jurusan dengan akreditasi A. Faktor penting yang membuat kampus ini unggul yaitu komitmen unair untuk menjadi kampus terbaik yang menjunjung tinggi kredibilitas dan moral setiap mahasiswa.  

Prodi terbaik dan paling diminati di kampus ini adalah kedokteran. Meskipun demikian, terdapat jurusan lain yang tidak kalah peminatnya yaitu psikologi, ilmu hukum, dan masih banyak lagi.

8. Unhas

Universitas terbaik di Indonesia dan jurusannya selanjutnya yaitu Unhas. Kampus ini tidak hanya menyediakan aktivitas akademik saja, namun juga sering menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat lainnya seperti kuliah umum dan seminar.

Kampus ini bisa menjadi pilihan bagi yang ingin mengambil jurusan yang berhubungan dengan bidang kesehatan. Hal tersebut karena kampus ini memiliki jurusan unggulan seperti kedokteran, farmasi, kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya. 

9. Universitas Brawijaya

Kampus ini meraih peringkat kedua pada kategori transparansi informasi dan mendapat gelar bergengsi sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Jurusan favorit yang ada di kampus ini yaitu ilmu hukum, agroteknologi, peternakan, dan masih banyak lagi.  

10. Unpad

Unpad menawarkan berbagai keunggulan bagi calon mahasiswa. Selain tersedianya berbagai bidang pendidikan dengan akreditasi A, Unpad juga memberikan kemudahan akses terkait informasi beasiswa yang mudah untuk diperoleh bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa yang terhalang faktor ekonomi.

Prodi yang paling banyak diburu antara lain farmasi, kedokteran, ilmu keperawatan, dan masih banyak lagi. Setiap prodi memiliki passing gradenya masing-masing sehingga perlu diperhatikan sebelum mendaftar.

Daftar universitas terbaik di Indonesia dan jurusannya diatas semoga bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa yang masih bingung menentukan kampus favorit dan berkualitas. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan minat dari calon mahasiswa dan nilai akademik agar peluang diterima lebih banyak.

Leave a Comment