5 Daftar Universitas Swasta Terakreditasi A Di Jakarta

Universitas Negeri khususnya di Jakarta memang masih menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan. Selain harganya yang murah, bahkan gratis dengan beasiswa. Padahal, cukup banyak pula universitas swasta terakreditasi A di Jakarta yang bisa dipilih.

Kampus swasta tidak bisa dianggap sepele saat ini. Pasalnya, kualitas serta fasilitas yang diberikan bisa saja melebihi kampus ternama Negeri. Karena berasal dari luar pemerintah, maka pihak kampus swasta akan berusaha bersaing untuk menjadi pilihan terbaik. Apalagi kalau akreditasinya sudah A.

Merasa penasaran bukan? Kalau begitu, mari langsung disimak beberapa universitas swasta terakreditasi A di Jakarta berikut.

 Kelebihan Kampus Swasta

Pandangan tentang kampus swasta memang masih kurang baik. Padahal, ada banyak perguruan tinggi swasta yang sudah terakreditasi A. Bahkan melebihi PTN yang masih ada akreditasi B. Untuk beasiswa sendiri, pihak kampus swasta menyediakan secara mandiri atau pihak lain yang bekerja sama.

Jadi, bagi yang kurang mampu dapat memanfaatkan fasilitas ini. Apabila tidak lulus PTN bergengsi, tidak ada salahnya memilih Universitas swasta yang terakreditasi A. Selain bagus, fasilitasnya pun cukup lengkap. Supaya lebih yakin, berikut 5 kelebihan universitas swasta.

1. Waktu Pendaftaran Lebih Lama

Jangka waktu yang cukup lama ini sering dimanfaatkan oleh calon mahasiswa yang kurang mampu untuk mencicil biaya pendaftaran. Selain itu, waktu pendaftaran yang lama memungkinkan mahasiswa untuk melakukan riset mendalam mengenai jurusan serta kampus yang akan dipilih nantinya.

Tidak hanya itu, pembukaan kampus swasta yang lebih awal bahkan sebelum kelulusan dapat memberikan ruang untuk mencari atau mendapatkan beasiswa kuliah. Pembiayaan setengah atau secara keseluruhan tentu saja sangat meringankan beban. Apalagi biaya kuliah tidak bisa dibilang murah.

2. Akreditasi Tidak Kalah Dengan Kampus Negeri

Masih berpikiran kalau kampus swasta itu kurang bagus? Nyatanya banyak juga universitas swasta terakreditasi A di Jakarta dan daerah lainnya. Sehingga tidak bisa menjadi patokan kalau swasta itu menjadi sekolah biasa.

3. Jadwal Kuliah Fleksibel

Kampus swasta biasanya memberikan pilihan kelas yang dapat diikuti oleh mahasiswanya. Yaitu kelas reguler dengan jadwal kelas seperti kampus negeri pada umumnya dan kelas karyawan yang diberikan untuk mahasiswa yang sambil bekerja. Oleh karena itu, banyak artis dan pekerja kantoran yang memilih universitas swasta terbaik.

4. Peluang Beasiswa Lebih Besar

Kelebihan lain kampus swasta ialah fasilitas yang diberikan. Meski biaya sekolah di swasta sedikit mahal, tetapi hal itu wajar mengingat fasilitas yang diberikan lebih lengkap dan terjaga. Lagi-lagi karena sekolah swasta lebih menjaga kualitas, baik menjaga fasilitas, kualitas kampus, dan lainnya.

5. Peluang Mendapat Beasiswa Lebih Besar

Karena kebanyakan yang bersekolah di swasta para pekerja, artis, atau para pelaku bisnis, mungkin tidak punya waktu mencari beasiswa. Atau bisa juga diabaikan karena harus memenuhi syarat minimal IPK tiap semester. Jadi, peluang mendapatkan beasiswa full bisa saja didapatkan.

Daftar Universitas Swasta Terakreditasi A Di Jakarta

Bagi calon mahasiswa yang tinggal di Jakarta atau luar daerah dan tertarik ingin masuk ke kampus swasta. Berikut 5 daftar kampus swasta terakreditasi A di Jakarta yang bisa dipilih. Apa saja? Simak di bawah!

1. Kampus Bina Nusantara

Siapa yang tidak kenal kampus BINUS. Cabangnya hampir ada di seluruh Indonesia. Mahasiswanya pun cukup banyak terutama dari kalangan pekerja. Bina Nusantara merupakan universitas terakreditasi A di Jakarta. Karena memang kualitas lulusannya sudah tidak diragukan. Banyak yang bekerja di perusahaan ternama. Khususnya bidang multimedia.

Selain gelar sarjana, BINUS juga menawarkan jenjang pendidikan mulai dari D3. Fakultas yang dapat dipilih yaitu ada 7. Fakultas Informatika, Ekonomi & Komunikasi, Teknik, Desain, Bisnis & Manajemen serta Humaniora.

2. Kampus Gunadarma

Universitas swasta terakreditasi A di Jakarta selanjutnya yaitu Gunadarma. Sama seperti BINUS, kampus Gunadarma juga cukup banyak cabangnya. Termasuk juga ke dalam daftar kampus favorit pilihan calon mahasiswa karyawan.

Kampus yang terletak di Pondok Cina, Depok ini memiliki 6 fakultas. Namun yang cukup banyak diminati yaitu fakultas Ilmu Komunikasi & Informatika, Ekonomi, Industri serta Psikologi. Mengingat bidang tersebut saat ini banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

3. Kampus Tarumanegara

Terletak di Jakarta Barat, Perguruan Tinggi Gunadarma sudah berdiri sejak lama yaitu tahun 1959. Termasuk kampus yang luar biasa bisa bertahan selama itu, walaupun tidak begitu terkenal. Untuk jenjang pendidikan, Tarumanegara menawarkan hingga mendapat gelar S1 dengan 8 fakultas pilihan.

4. Kampus Mercu Buana

Sudah tidak heran jika Mercu Buana masuk ke dalam daftar universitas swasta terakreditasi A di Jakarta. Namun kampus Mercu tidak hanya di Jakarta, di Jogja dan beberapa kota lain pun ada. Banyak yang memilih kampus ini karena tersedia kelas karyawan dan kualitasnya terbaik.

5. Kampus Katolik Atma Jaya

Kampus terakhir yakni Atma Jaya. Berdiri sejak 1960, kampus ini menyediakan jenjang hingga S1. Serta menawarkan 8 fakultas pilihan bagi calon mahasiswa. Seperti Fakultas Hukum, Teknik, Kedokteran, dan lainnya.

Itulah informasi 5 universitas swasta terakreditasi A di Jakarta. Untuk para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus swasta, tetapi yang akreditasinya A bisa memilih dari beberapa kampus di atas.

Leave a Comment