7 Cara Mengatasi Anak Cengeng dan Tantrum dengan Efektif

Anak dengan perilaku cengeng memang kerap membuat beberapa orang tua kebingungan. Segala cara telah dilakukan untuk mengatasinya, namun tak kunjung berhasil juga. Orang tua yang sudah lelah menghadapi perilaku cengeng anak pasti merasa pusing. Sebenarnya terdapat berbagai cara mengatasi anak cengeng dengan efektif dan ampuh.

Metode atau cara yang digunakan tentunya harus dengan cerdik serta tidak dengan emosi. Karena, anak yang cengeng akan semakin menjadi apabila Anda berperilaku keras kepada mereka.

Meskipun susah-susah gampang, berikut ini beberapa cara mengatasi anak cengeng dengan mudah dan ampuh.

Cara Mengatasi Anak Cengeng Yang Mudah Dan Efektif

1. Tetap Tenang

Ketika mendapati anak sedang dalam keadaan cengeng atau rewel, solusi pertama yang dapat dilakukan si orang tua yaitu tetap tenang. Jangan sampai orang tua malah terbawa emosi dan memarahi si anak. Karena, dengan cara seperti itu akan membuat anak tambah cengeng.

Sebaiknya, harus tetap tenang di hadapan si anak. Lalu tanyakan mereka kenapa berperilaku seperti itu. Kemudian, bicarakan baik-baik dengan si anak agar anak mengerti kenapa berperilaku cengeng tidaklah baik. Pada sebagian anak, cara satu ini sangat ampuh dilakukan.

2. Alihkan Perhatian

Apabila cara yang sebelumnya tidak membuahkan hasil. Orang tua dapat menerapkan cara mengatasi anak cengeng yang satu ini. Jika anak sedang dalam keadaan cengeng, orang tua bisa mengalihkan perhatian anak. Usahakan untuk tidak membicarakan penyebab anak tantrum.

Orang tua bisa mengalihkan perhatian dengan membicarakan hal-hal di sekitar yang menarik. Bisa juga membicarakan sesuatu yang disukai oleh anak. Alihkan hingga perhatian si anak tertuju pada pembicaraan tersebut. Melalui cara ini, pandangan anak akan teralihkan dan tidak rewel lagi.

3. Jangan Berikan Sesuatu Dengan Mudah

Untuk cara mengatasi anak cengeng yang selanjutnya yaitu dengan tidak memberikan sesuatu kepada si anak dengan mudah. Umumnya, penyebab utama anak menjadi cengeng atau rewel adalah karena keinginannya tidak dituruti. Anak akan menangis agar si orang tua mau mengabulkan keinginannya.

Pada sebagian orang tua, biasanya justru akan langsung menuruti kemauan anak dengan tujuan tidak rewel lagi. Namun, hal tersebut justru salah besar dan akan menjadikan senjata anak di kemudian hari. Jadi, sebaiknya jangan langsung turuti kemauan anak saat sedang cengeng.

4. Berikan Pelukan

Orang tua juga bisa menggunakan cara yang satu ini untuk mengatasi anak yang sedang cengeng. Pada sebagian anak, akan terus rewel jika terus ditanya penyebabnya. Anak lebih tenang jika diberikan sebuah pelukan hangat dari orang tuanya.

Terkadang pelukan dari orang tua akan membuat anak menjadi lebih tenang hatinya. Apalagi, jika sedang rewel di depan umum. Hal tersebut akan membuat anak menjadi lebih aman merasa diperhatikan. Jangan justru memarahi si anak di depan umum.

5. Berikan Perhatian

Anak yang sedang cengeng atau rewel tidak hanya saat keinginannya tidak dituruti. Tetapi, terkadang juga karena sedang sakit atau suasana hatinya sedang tidak baik. Sebagai orang tua yang bijak, perlu memahami hal tersebut. Selain itu, harus paham juga dengan sifat si anak.

Berikanlah perhatian yang lebih saat anak sedang cengeng. Tanyakan apa yang si anak rasakan, kenapa bisa sampai seperti itu. Orang tua juga harus koreksi diri, apakah akhir-akhir ini tidak memberikan perhatian kepada anak, sehingga membuatnya menjadi cengeng.

6. Berikan Pujian

Pada cara mengatasi anak cengeng yang berikutnya ini yaitu dengan memberikan pujian. Walaupun masih kecil, anak-anak juga ingin diberikan sebuah pujian. Karena, dengan pujian tersebut anak akan merasa lebih dihargai serta disayang oleh orang tuanya.

Jika anak sudah tidak rewel lagi, berikanlah sebuah pujian. Katakan kepada anak tersebut dengan sebutan “pintar” atau “terima kasih sudah tidak menangis lagi.” Dengan kata-kata seperti itu, anak akan menjadi lebih tenang dan yang pasti tidak akan rewel lagi.

7. Melatih Untuk Mengendalikan Emosi

Seorang anak yang masih kecil memang susah sekali untuk mengendalikan emosinya. Jangankan anak kecil, orang yang sudah tua sekalipun tidak mudah melakukan hal tersebut. Nah, sebelum terlanjur besar sebaiknya melatih anak untuk mengendalikan emosinya.

Latih dengan perlahan serta sabar, karena ini adalah hal yang sulit. Namun, yang perlu diingat adalah jangan batasi anak untuk mengeluarkan pendapatnya. Tetapi, tentunya harus dengan cara yang baik serta sopan. Selain itu, harus tetap menggunakan emosi yang stabil.

Dengan mengajari anak untuk mengendalikan emosinya, bisa membuat anak tidak akan cengeng lagi. Karena, biasanya anak akan melampiaskan emosinya dengan cara menangis. Hal tersebut sangat tidak baik jika terus dibiarkan. Anak akan menjadi pribadi yang mudah emosi saat dewasa nanti.

Itulah berbagai cara mengatasi anak cengeng yang bisa dilakukan oleh orang tua. Metode yang digunakan bisa dengan menyesuaikan karakter si anak tersebut. Karena, setiap anak tentunya memiliki sifat serta karakter yang berbeda. Jadi, usahakan untuk memahami lebih dalam karakter anak.

Leave a Comment