Cara Menidurkan Bayi Tanpa Harus Digendong dengan Cepat serta Mudah

Biasanya bayi yang baru saja lahir belum memiliki pola atau jadwal tidur yang teratur. Bayi akan tertidur pulas umumnya dengan cara digendong. Untuk satu atau dua kali mungkin tidak mengapa, kalau keseringan bisa menjadi kebiasaan yang merepotkan orang tua. Namun, sebenarnya ada cara menidurkan bayi tanpa harus digendong dengan mudah serta lebih efektif.

Sejak dahulu, menidurkan dengan cara digendong memang biasanya dilakukan oleh sebagian ibu. Karena, hanya dengan cara tersebut bayi dapat tertidur dengan cepat. Tetapi, terkadang ibu juga perlu istirahat dan ikut tidur.

Nah, Anda bisa mencoba cara menidurkan bayi tanpa harus digendong dengan mudah dibawah ini.

Cara Menidurkan Bayi Tanpa Harus Digendong

1. Atur Cahaya Kamar

Untuk bayi yang baru saja lahir, akan lebih nyaman untuk tidur pada cahaya kamar yang redup atau tidak terlalu terang. Cahaya kamar yang terlalu terang, justru akan membuat si bayi tidak dapat tidur pulas. Hal tersebut, karena tubuh bayi masih harus menyesuaikan.

Cahaya yang redup akan membuat hormon si bayi lebih mudah tertidur. Karena, biasanya bayi masih terbiasa di dalam perut yang gelap. Jadi, cara yang satu ini akan membuat bayi lebih mudah tertidur dengan cepat.

2. Berikan Pijatan Lembut

Cara menidurkan bayi tanpa harus digendong yang kedua yaitu dengan memberikannya sebuah pijatan yang lembut. Dengan memijat beberapa bagian tubuh bayi, akan membuat tubuhnya lebih rileks dan nyaman. Lakukan pijatan dengan perlahan serta lembut saja, jangan terlalu mengeluarkan tenaga.

Biasanya untuk bagian tubuh yang dipijat adalah lengan dan perut. Lakukan pemijatan dengan menggunakan minyak atau baby oil selama kurang lebih 15 menit. Bisa juga sampai si bayi dapat tertidur pulas. Namun, jika malah membuatnya menangis maka langsung hentikan pijatan.

3. Pastikan Bayi Kenyang

Apabila bayi sudah merasa kenyang, pasti akan langsung tertidur dengan nyenyak. Jadi, sebagai orang tua atau bisa juga ibu untuk memastikan terdapat asupan yang masuk ke tubuh bayi sebelum tidur. Baik itu masih ASI eksklusif, susu formula, atau pun MPASI.

Bayi akan terus menangis jika belum merasa kenyang dan masih lapar. Sebagai ibu tentunya harus peka terhadap hal tersebut. Namun, yang perlu diingat adalah jangan sampai memberikannya secara berlebihan. Karena, bisa membuat anak malah akan muntah dan tentunya akan menangis.

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pada cara menidurkan bayi tanpa harus digendong yang ini yaitu dengan memakaikan bayi baju atau pakaian yang nyaman. Bayi yang baru lahir, pasti akan lebih banyak memproduksi keringat lebih banyak. Tubuhnya juga masih menyesuaikan dengan suhu di dunia.

Usahakan untuk tidak memberikan bayi pakaian yang tebal serta bertumpuk. Selain itu, perhatikan juga pemilihan bahan dari pakaiannya. Sebaiknya, kenakan pakaian yang memiliki bahan lembut dan tidak tebal. Jadi, si anak pun tidak akan merasa kegerahan dan bisa tertidur pulas.

5. Gunakan White Noise

Metode atau cara yang selanjutnya yaitu bisa menggunakan suara white noise. Untuk cara yang ini belum digunakan oleh sebagian orang tua. Padahal, sangat ampuh untuk menidurkan anak selama beberapa saat saja. Bahkan, tidak perlu digendong pun anak akan tertidur.

White noise sendiri merupakan sebuah suara gelombang yang suaranya mirip dengan suara perut. Biasanya bayi masih terbiasa dengan suara di dalam perut si ibu. Jadi, jika mendengarkan suara tersebut otomatis anak akan tertidur. White noise ini bisa ditemukan di YouTube.

6. Atur Suhu Kamar

Produksi kelenjar keringat pada bayi biasanya masih banyak dan belum dapat menyesuaikan dengan suhu di luar. Jadi, bayi atau anak pasti akan rewel jika merasa terlalu gerah dan tidak nyaman. Apalagi, jika berada di suatu ruangan yang panas dan tidak sejuk.

Jadi, jika ingin bayi tertidur dengan tidak digendong pastikan suhu di kamar sejuk dan juga nyaman. Akan sangat menguntungkan jika sudah tinggal di daerah dingin. Namun, untuk daerah hawa panas sebaiknya gunakan kipas angin atau AC dengan suhu tertentu.

7. Berikan Aroma Yang Wangi

Saat ini sudah terdapat berbagai aroma wewangian yang dapat membuat orang dapat tertidur pulas. Metode ini bisa dilakukan juga untuk menidurkan bayi tanpa perlu digendong. Salah satu aroma yang bisa membuat tertidur nyaman adalah lavender.

Pada cara menidurkan bayi tanpa harus digendong yang satu ini dapat dengan ampuh membuatnya tertidur pulas. Bahkan, sekarang sudah ada uap air yang mengandung aroma tersebut. Bisa juga dengan menggunakan pewangi khusus bayi dengan aroma lavender.

Namun, yang perlu diingat adalah jangan memberikan aroma ini secara berlebihan. Karena, tubuh bayi belum bisa menerima sesuatu dengan berlebihan. Cukup berikan saja sampai si bayi dapat tertidur. Jika sudah tertidur, maka bisa langsung dihentikan.

Sekarang sudah tahu bukan cara menidurkan bayi tanpa harus digendong dengan sangat mudah serta efektif? Orang tua dapat menggunakan metode di atas untuk menidurkan bayi yang tidak mau digendong. Tetapi, harus disesuaikan juga dengan keadaan si bayi.

Leave a Comment