Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Ngompol Usia 9 Tahun yang Efektif

Kebiasan mengompol seharusnya sudah berkurang seiring dengan pertumbuhan anak. Namun, dalam beberapa kasus anak yang sudah besar sekalipun masih memiliki kebiasaan mengompol. Tentunya hal ini harus segera diatasi, supaya tidak keterusan. Cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun bisa dilakukan secara perlahan.

Kebiasan mengompol pada anak yang sudah berusia 9 tahun atau bahkan mendekati remaja memang masih bisa terjadi. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan kebiasaan tersebut.

Untuk mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun, simak penjelasan berikut:

Penyebab Kebiasaan Mengompol

Di dunia medis, ngompol disebut dengan enuresis. Kondisi ini menyebabkan anak tidak bisa mengontrol air kencing sehingga mengeluarkannya di celana. Mengompol merupakan hal yang wajar ketika anak masih kecil atau selambat-lambatnya hingga usia 6 tahun.

Namun, bagaimana jika sampai usia 9 tahun masih sering mengompol? Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu bagi anak. Maka dari itu, ketahui beberapa penyebab anak masih mengompol di usia 9 tahun berikut ini:

  • Kantong urin terlalu kecil. Umumnya di usia 9 tahun ukuran kantung kemih membesar. Namun, jika anak masih mengompol bisa jadi karena ukuran kantung kemih yang kecil dan tidak bisa menampung volume urin.
  • Kebiasaan minum air sebelum tidur.
  • Gangguan psikologis. Gangguan ini bisa berupa kecemasan, rasa takut, gelisah dan sebagainya.
  • Produksi hormone ADH yang kurang pada tubuh.
  • Faktor keturunan. Hal ini bisa saja terjadi apabila terdapat keluarga yang juga mengompol hingga usia 9 tahun maka ada kemungkinan anak juga akan mengalami hal tersebut.
  • Mengalami keterlambatan respon saraf yang berhubungan dengan kantung kemih.
  • Toilet training yang kurang.
  • Anak mengalami sembelit.

Cara Mengatasi Anak Ngompol Usia 9 Tahun

Ketika anak sudah usia 9 tahun masih memiliki kebiasaan mengompol, orang tua bisa melakukan beberapa cara mengatasinya. Untuk mempraktekkannya bukanlah hal yang sulit. Ini dia cara untuk mengatasi anak usia 9 tahun yang masih mengompol.

1. Memberikan Anak Toilet training

Toilet training seharusnya sudah dilakukan oleh orang tua sejak usia dini. Hal tersebut akan mengajarkan anak untuk terbiasa dengan membuang air besar atau kecil di toilet. Kebiasaan anak yang sudah berusia 9 tahun dan masih mengompol bisa jadi karena terbiasa menggunakan popok.

Anak yang berusia 5 tahun ke atas dan masih dipakaikan popok bisa membuat anak terbiasa buang air di tempat. Kebiasaan ini bisa terbawa hingga usia menginjak 9 tahun. Oleh sebab itu, lakukan toilet training kepada anak.

Biasanya toilet training ini dilakukan pada anak usia 1,5 hingga usia 2 tahun. Namun untuk mengatasinya, orang tua juga bisa melatih anak untuk terbiasa ke toilet apabila ingin buang air. Dengan melatih anak melakukan tersebut, maka lama-lama anak akan mulai terbiasa.

2. Membatasi Konsumsi Kafein

Berikutnya, cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun adalah dengan mengurangi minuman yang mengandung kafein kepada anak. Sebab, konsumsi kafein mampu menghambat hormon ADH sehingga membuat produksi urin menjadi lebih banyak.

Dengan demikian, akan lebih sulit bagi anak untuk menahan urin. Kafein tak hanya dari kopi saja. Namun kafein juga terdapat pada teh, kuaci, minuman yang mengandung coklat, dan juga minuman bersoda.

Dengan demikian, cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun bisa dengan menghindarkan atau mengurangi konsumsi kafein pada anak.

3. Mengurangi Konsumsi Air yang Berlebih Sebelum Tidur

Apabila anak memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi cairan berlebih sebelum tidur, hal tersebut dapat berpotensi membuat anak mengompol. Oleh sebab itu, berikan pengertian kepada anak untuk mengurangi konsumsi air sebelum tidur. Sebab, hal tersebut membuat produksi urin jadi lebih banyak.

Diketahui bahwa air memang baik untuk kesehatan. Namun, untuk mengatasi masalah mengompol ini kurangi konsumsi air sebelum tidur. Sebagai gantinya berikan anak lebih banyak konsumsi air di pagi hari.

4. Mengajarkan Anak Untuk Kencing Sebelum Tidur

Apabila anak masih sering mengompol saat tidur, maka untuk mengatasinya bisa juga dengan membiasakan anak untuk kencing sebelum tidur. Kebiasan ini bisa mengurangi potensi mengompol saat tidur. Metode ini juga bisa mengurangi volume urin yang tertampung di kandung kemih.

5. Memberikan Anak Makanan Berserat Apabila Mengalami Konstipasi

Kondisi konstipasi juga bisa menyebabkan anak mengompol. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan apakah anak mengalami konstipasi atau tidak. Cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun karena konstipasi bisa dilakukan dengan memberikan konsumsi sayur dan juga makanan yang berserat agar buang air menjadi lancar.

Ada beberapa penyebab anak masih mengompol bahkan ketika usia 9 tahun. Hal ini tentu mengganggu bagi anak, namun terdapat cara mengatasi anak ngompol usia 9 tahun tersebut. Untuk melakukannya, orang tua perlu sabar dan memberikan pengertian kepada anak dengan cara yang lembut.

Leave a Comment