Ketahui 10 Metode Belajar Menulis Untuk Anak TK yang Efektif

Ketika anak masuk bersekolah TK, pelajaran menulis merupakan salah satu hal yang akan dipelajari oleh anak sehari-hari. Metode belajar menulis untuk anak TK ini tentunya harus dibuat menyenangkan. Sebab, anak-anak TK masih lebih suka bermain daripada belajar.

Oleh karena itu, baik guru maupun orang tua harus menciptakan suasana belajar yang mendukung bagi anak. Mengajarkan anak menulis yang menyenangkan bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Nah, agar lebih paham tentang metode belajar menulis untuk anak TK lebih lanjut simak penjelasannya di bawah ini.

Metode Belajar Menulis Untuk Anak TK yang Efektif

1. Mengajarkan Anak Mengeja Huruf dan Angka

Sebelum mengajarkan anak menulis, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenalkan angka dan juga huruf kepada anak. Ajarkan anak untuk menyebut huruf dan angka dengan benar. Hal ini bisa membuat anak lebih mudah mengenal macam-macam huruf dan juga angka.

Namun, tidak hanya menyebutkan angka dan huruf saja. Setelah anak paham dengan semua huruf dan angka, kemudian cara penyebutannya yang tepat maka anak sudah bisa mulai diajarkan untuk menulis. Mengajarkan anak TK memang lama dan perlu kesabaran yang tinggi. 

2. Mengenal Huruf Dengan Permainan

Selanjutnya, metode belajar menulis untuk anak TK agar bisa cepat menulis adalah dengan belajar macam-macam huruf menggunakan permainan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan puzzle yang memiliki bentuk huruf. Ajarkan anak untuk memasang huruf-huruf sesuai pada tempatnya.

Metode ini dapat membantu anak lebih hafal dengan macam-macam huruf. Anak-anak memang cenderung memiliki ingatan yang kuat, namun anak juga lebih senang bermain. Oleh sebab itu, agar proses belajar menulis tetap bisa berjalan lakukan dengan menyenangkan seperti menggunakan permainan ini.

3. Mulai Mengajarkan Anak Menulis di Tempat yang Luas

Anak-anak TK cenderung lebih aktif. Oleh sebab itu, ketika mengajarkan anak menulis berikan anak tempat yang luas untuk mencoret coret di tempat tersebut. Sangat tidak tepat jika langsung mengajarkan anak untuk menulis di buku tulis bergaris.

Anak-anak mungkin belum bisa menulis dengan benar. Namun, berikan anak kebebasan untuk menuangkan ide-ide yang ada di kepalanya dengan bebas. Oleh sebab itu berikan media yang luas, bisa menggunakan buku gambar, atau menggunakan papan tulis.

4. Mengajarkan Anak Memegang Alat Tulis

Apabila anak sudah mulai tertarik dengan alat-alat tulis, metode belajar menulis untuk anak TK selanjutnya adalah mengajarkan anak cara memegang alat tulis tersebut dengan benar. Arahkan anak-anak untuk memegang alat tulis yang benar. Setelah itu, biarkan anak memegang sendiri alat tulis tersebut.

5. Mengajarkan Anak Menulis Dengan Trace The Dot

Berikutnya, untuk mengajarkan anak TK bisa menulis adalah dengan menggunakan buku belajar yang memiliki panduan menulis. Biasanya, pada buku tersebut akan terdapat kerangka huruf atau angka tertentu yang dibuat dengan titik-titik. Anak-anak hanya perlu menebalkan kerangka dengan mengikuti arahan.

Maka dari itu, ketika mengajarkan anak menggunakan buku ini berikan arahan atau penjelasan yang sederhana agar bisa diterima anak. Setelah itu, biarkan anak menebalkan huruf-huruf yang tersedia. Sehingga anak akan mengetahui bagaimana cara membentuk sebuah huruf.

6. Mengajarkan Anak Menulis huruf tunggal

Setelah terbiasa dengan panduan dari kerangka huruf, metode belajar menulis untuk anak TK berikutnya  adalah mengajarkan langsung anak untuk menulis tanpa kerangka. Minta anak untuk menulis huruf tertentu pada kertas yang disediakan. Lakukan hal tersebut sebanyak-banyaknya.

Ajarkan satu persatu huruf pada anak dengan cara ini, hingga mereka terbiasa menulis huruf tersebut. Cara ini cukup efektif untuk membantu anak mengingat bentuk huruf. Selain itu, anak juga bisa mengingat bagaimana cara menulis huruf tadi.

7. Menggunakan Media Buku Bergambar

Anak-anak TK akan lebih menyukai sesuatu yang menarik. Oleh sebab itu, ketika mengajarkan anak untuk menulis juga bisa dilakukan dengan menggunakan buku bergambar. Ada banyak buku latihan menulis yang dijual ditoko buku dengan harga murah.

8. Menulis Rangkaian Huruf

Setelah anak berhasil menguasai huruf tunggal, hal berikutnya yang perlu diajarkan adalah menulis rangkaian huruf. Hal ini bisa dimulai dengan menulis satu suku kata seperti ba, ca, da, fa dan sebagainya. Cara ini juga secara tak langsung membantu anak untuk bisa membaca.

9. Menulis Kata

Setelah mengajarkan anak menulis suku kata, proses belajar semakin meningkat dengan menulis kata tertentu. Berikan anak kata sederhana dan sekaligus ajarkan cara membacanya. Ajarkan anak untuk menuliskan kata tersebut pada kerta.

10. Menggunakan Buku Bergaris

Anak TK biasanya menulis dengan ukuran yang besar, oleh sebab itu ketika awal belajar jangan gunakan buku bergaris. Namun biarkan anak menulis apa saja yang diinginkan di tempat yang luas. Setelah anak berhasil menguasai huruf, kini mulai saatnya mengajarkannya untuk menulis dengan batasan.

Berikan butu tulis yang bergaris. Ajarkan pada anak untuk menulis agar tetap berada di dalam garis yang ada di buku tulis tersebut. Untuk melakukannya, perlu pendampingan yang intensif dari guru atau orang tua.

Itu tadi adalah metode belajar menulis untuk anak TK. Pada usia TK, anak umumnya sudah bisa menguasai macam-macam huruf dan bisa menuliskannya dengan tepat. Namun, untuk melakukan hal ini baik guru dan orang tua harus selalu mendampingi dengan sabar.

Leave a Comment